Pengertian Listicle dan Jenisnya

Listing article (Listicle) adalah jenis artikel yang memuat informasi dalam bentuk daftar atau list. Listicle merupakan salah satu jenis artikel populer yang banyak ditemukan di berbagai situs web dan media sosial. Artikel ini biasanya berisi informasi dalam bentuk daftar atau list, dengan masing-masing poin atau item yang disajikan secara singkat dan jelas.

Pengertian Listicle Menurut Para Ahli

Beberapa ahli dan sumber juga telah memberikan pengertian dan pendapat mereka mengenai listicle, seperti yang akan dibahas dalam artikel ini.

Ben Zimmer, penulis dan pakar bahasa Inggris

Menurut Ben Zimmer, listicle adalah sebuah artikel atau tulisan yang terdiri dari beberapa item dalam bentuk daftar. Artikel ini sering kali ditemukan di media sosial dan situs web, dan memiliki karakteristik ringkas, mudah dipahami, dan mudah diingat.

Jeff Goins, penulis dan ahli pemasaran konten

Jeff Goins menjelaskan bahwa listicle adalah jenis artikel yang terdiri dari beberapa poin atau item, yang disajikan dalam urutan yang logis dan menarik. Tujuannya adalah untuk menyajikan informasi secara singkat dan mudah diingat, serta menghasilkan efek visual yang menarik bagi pembaca.

Copyblogger, situs web tentang pemasaran dan penulisan konten

Menurut Copyblogger, listicle adalah jenis artikel yang terdiri dari beberapa poin atau item, yang disajikan dalam bentuk daftar atau urutan tertentu. Artikel ini biasanya dibuat dengan tujuan untuk menghasilkan traffic atau kunjungan ke situs web, serta memberikan informasi yang relevan dan mudah diingat bagi pembaca.

Kelsey Libert, peneliti dan ahli pemasaran konten

Kelsey Libert menjelaskan bahwa listicle adalah jenis artikel yang menarik bagi pembaca karena informasinya disajikan dalam bentuk daftar atau urutan, yang membuatnya mudah dipahami dan mudah diingat. Listicle juga dapat membantu meningkatkan interaksi dan engagement antara pembaca dan konten yang disajikan.

Artikel Terkait  Metode Penentuan Awal Ramadhan, Mengapa Berbeda?

Dari pengertian dan pendapat para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa listicle adalah jenis artikel yang terdiri dari beberapa poin atau item, yang disajikan dalam bentuk daftar atau urutan tertentu. Artikel ini memiliki karakteristik ringkas, mudah dipahami, dan mudah diingat, serta sering kali digunakan untuk meningkatkan traffic atau kunjungan ke situs web, serta meningkatkan interaksi dan engagement antara pembaca dan konten yang disajikan.

Jenis Jenis Listicle

Berikut ini adalah beberapa jenis listicle yang umum ditemukan di dunia jurnalistik dan media online.

Listicle berdasarkan waktu

Jenis listicle ini biasanya disajikan dalam bentuk daftar yang berisi beberapa peristiwa atau kejadian dalam rentang waktu tertentu. Contohnya, “10 Peristiwa Politik Dunia yang Mengguncang Tahun 2021”. Listicle ini memberikan informasi tentang peristiwa penting yang terjadi dalam waktu tertentu, yang dapat membantu pembaca memahami perkembangan terbaru di dunia politik, bisnis, atau kehidupan sosial.

Listicle berdasarkan kategori

pengertian listicle dan jenisnya

Seringkali listicle disajikan dalam bentuk daftar yang memuat beberapa item yang terkait dengan kategori tertentu. Contohnya, “7 Alat Makeup untuk Kulit Kering”. Listicle ini memberikan informasi tentang alat makeup yang cocok untuk digunakan pada kulit kering, dan memberikan pilihan-pilihan yang dapat membantu pembaca dalam memilih produk yang tepat.

Listicle berdasarkan tempat

Jenis listicle ini biasanya disajikan dalam bentuk daftar yang memuat beberapa tempat atau lokasi yang terkait dengan topik tertentu. Contohnya, “10 Tempat Wisata Terpopuler di Bali”. Listicle ini memberikan informasi tentang tempat wisata yang populer di Bali, serta memberikan panduan dan rekomendasi bagi pembaca yang ingin berkunjung ke tempat tersebut.

Listicle berdasarkan urutan

Jenis listicle ini disajikan dalam bentuk daftar yang mengikuti urutan tertentu, seperti nomor atau abjad. Contohnya, “5 Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis Online”. Listicle ini memberikan informasi tentang hal-hal penting yang harus diketahui sebelum memulai bisnis online, dan disajikan dalam urutan yang logis dan mudah diikuti.

Artikel Terkait  Perbedaan Beserta Struktur Teks Artikel dan Teks Editorial

Listicle berdasarkan penulis

Listicle berikutnya disajikan dalam bentuk daftar yang memuat beberapa tulisan atau artikel yang ditulis oleh penulis tertentu. Contohnya, “10 Tulisan Terbaik Ernest Hemingway”. Listicle ini memberikan informasi tentang tulisan-tulisan terbaik dari seorang penulis terkenal, dan dapat membantu pembaca untuk memilih tulisan yang tepat untuk dibaca.

Listicle berdasarkan produk atau layanan

Jenis listicle berdasarkan produk biasanya disajikan dalam bentuk daftar yang memuat beberapa produk atau layanan yang terkait dengan topik tertentu. Contohnya, “7 Merek Baju Renang Terbaik untuk Wanita”. Listicle ini memberikan informasi tentang merek-merek baju renang yang populer dan berkualitas, serta memberikan panduan dan rekomendasi bagi pembaca yang ingin membeli baju renang yang tepat.

Keuntungan Membuat Artikel Listicle

Membuat artikel listicle memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

  1. Artikel listicle disajikan dalam bentuk daftar atau list, sehingga lebih mudah dipahami dan diikuti oleh pembaca.
  2. Dengan menyajikan informasi dalam bentuk daftar, pembaca dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka butuhkan tanpa harus membaca seluruh artikel.
  3. Artikel listicle biasanya memiliki judul yang menarik dan kreatif, serta penggunaan gambar dan video yang dapat membuat artikel lebih menarik dan mengundang pembaca untuk membacanya.
  4. Karena artikel listicle mudah dipahami dan menarik, pembaca lebih cenderung untuk membagikan artikel tersebut ke media sosial atau kepada teman-teman mereka.
  5. Artikel listicle yang menarik dan bermanfaat dapat meningkatkan traffic ke situs web atau blog Anda, karena lebih mudah ditemukan dan dibagikan oleh pembaca.

Tantangan Membuat Listicle

Meskipun membuat listicle memiliki keuntungan, namun terdapat beberapa tantangan dan kesulitan yang harus dihadapi dalam proses pembuatan artikel tersebut, di antaranya:

Memilih topik yang tepat

Memilih topik yang menarik dan relevan bagi pembaca adalah tantangan pertama dalam membuat listicle. Anda perlu melakukan riset dan analisis pasar untuk mengetahui topik yang sedang trend atau menjadi perhatian masyarakat.

Artikel Terkait  Literasi dan Kajiannya menurut Linguistik

Menemukan informasi yang akurat

Sebagai penulis, Anda harus memastikan bahwa informasi yang disajikan dalam listicle adalah akurat dan terpercaya. Hal ini memerlukan waktu dan usaha dalam melakukan riset dan verifikasi informasi.

Membuat daftar yang komprehensif

Membuat daftar yang komprehensif dan bermanfaat bagi pembaca adalah tantangan selanjutnya dalam membuat listicle. Anda harus memilih informasi yang relevan dan menarik, serta mengatur informasi tersebut secara logis dan mudah dipahami.

Menghindari pengulangan

Saat membuat listicle, Anda harus berhati-hati agar tidak mengulang informasi yang sama di setiap poin atau item dalam daftar. Hal ini dapat membuat pembaca bosan dan kehilangan minat untuk membaca artikel Anda.

Menjaga keseimbangan antara informasi dan gaya penulisan

Terkadang, penulis fokus terlalu banyak pada informasi dan mengabaikan gaya penulisan atau keaslian konten. Sebagai penulis, Anda harus memastikan bahwa artikel listicle Anda memiliki informasi yang bermanfaat dan disajikan dengan gaya penulisan yang menarik dan unik.

Mengoptimalkan SEO

Agar artikel listicle Anda dapat ditemukan oleh pembaca, Anda perlu mengoptimalkan SEO atau search engine optimization. Hal ini memerlukan pemahaman tentang keyword research dan teknik penulisan yang disukai oleh mesin pencari.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar