Perbedaan Kepribadian Introvert dan Ekstrovert dalam Perilaku Sosial

Introvert dan ekstrovert merupakan dua tipe kepribadian yang berbeda. Beberapa tipe kepribadian yang ada menunjukkan bahwa memang setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda.

Kepribadian sendiri menurut KBBI merupakan sifat hakiki yang tercermin pada sikap seseorang atau suatu bangsa yang membedakannya dari orang atau bangsa lain.

Kepribadian yang orang miliki dapat menentukan bagaimana ia berinteraksi dengan lingkungan sosial yang ada di sekitar. Dengan lebih mengenal kepribadian kita sendiri, juga dapat membantu untuk mengenali situasi yang membuat diri sendiri nyaman.

Diantara banyak kepribadian, tipe kepribadian introvert dan ekstrovert mungkin sudah tidak asing lagi. Pencetus dari kepribadian introvert dan ekstrovert ini adalah Swiss Carl G. Jung yang merupakan seorang psikiater.

Meskipun kedua tipe ini bisa sama-sama memiliki kemampuan sosial yang baik, namun perbedaan dalam perilaku sosial keduanya tetap terlihat jelas.

Perbedaan kepribadian introvert dan ekstrovert

Untuk mengetahui perbedaan kepribadian introvert dan ekstrovert, simak terus informasi dalam artikel berikut ini.

Definisi kepribadian introvert dan ekstrovert

Introvert merupakan sifat kepribadian dimana seseorang yang merasa lebih nyaman untuk berfokus pada pemikiran dan hati sendiri dari pada yang terjadi di lingkungannya.

Sedangkan extrovert adalah kepribadian yang terkenal aktif dan terbuka dengan segala hal yang dirasakannya.

Cara mengisi energi

Perbedaan antara kepribadian introvert dan ekstrovert yang paling mendasar adalah cara orang tersebut mengisi energi. Untuk orang yang memiliki kepribadian introvert biasanya mereka membutuhkan waktu untuk sendiri dan meresapi kesunyian untuk mengisi ulang energi. Mereka justru cenderung merasa kelelahan setelah berinteraksi dengan banyak orang atau situasi sosial yang intens.

Berbanding terbalik dengan introvert, orang yang memiliki kepribadian ekstrovert justru mendapatkan energi dengan berinteraksi dengan orang lain dan situasi sosial. Mereka cenderung merasa lebih bersemangat dan terstimulasi ketika berada di sekitar orang banyak.

Artikel Terkait  Bukan Cuma Umat Islam, Ini Puasa di Berbagai Agama

Cara berkomunikasi

Ketika berkomunikasi introvert cenderung lebih pendiam dan cenderung lebih suka mendengarkan daripada berbicara. Mereka lebih suka berbicara dengan orang yang dekat dan akrab, serta memperhatikan lebih banyak detail dalam percakapan.

Untuk ekstrovert biasanya mereka lebih ekspresif dalam berkomunikasi dan cenderung berbicara banyak. Mereka senang berbicara dan mendapatkan respons dari orang lain.

Cara bersosialisasi

Dalam bersosialisasi, orang dengan kepribadian introvert cenderung lebih memilih berinteraksi dengan beberapa orang yang dekat dan akrab. Mereka juga lebih menyukai lingkungan yang tenang dan damai.

Sementara orang dengan kepribadian ekstrovert cenderung bersosialisasi dengan banyak orang dan mencari kesempatan untuk bergabung dengan kelompok atau organisasi. Mereka lebih suka berada dalam lingkungan yang ramai dan dinamis.

Cara menyelesaikan masalah

Orang yang berkepribadian introvert cenderung lebih suka menyelesaikan masalah secara mandiri dan melalui pemikiran yang mendalam. Mereka akan cenderung memikirkan semua kemungkinan sebelum mengambil keputusan dan cenderung lebih hati-hati dalam mengambil risiko.

Sedangkan orang dengan kepribadian ekstrovert cenderung lebih suka menyelesaikan masalah dengan cara berdiskusi dengan orang lain dan meminta bantuan. Mereka cenderung lebih berani mengambil risiko dan mencoba hal-hal baru.

Kepedulian pada lingkungan

Biasanya orang yang introvert cenderung lebih sensitif terhadap lingkungan dan orang-orang di sekitar mereka. Mereka akan memperhatikan lebih banyak detail dan cenderung mengamati sekitarnya dengan lebih hati-hati.

Bagi orang yang ekstrovert mereka akan lebih fokus pada interaksi sosial dan kegiatan yang dilakukan bersama-sama. Oleh karena itu, mereka cenderung tidak terlalu memperhatikan detail dan lingkungan sekitarnya.

Itulah informasi beberapa perbedaan kepribadian introvert dan ekstrovert. Walaupun kedua tipe kepribadian ini bisa sama-sama memiliki kemampuan sosial yang baik, namun mereka memiliki cara yang berbeda. ***

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar