Perbedaan Tanggal Best Before dan Expired Date pada Makanan dan Minuman

Pada saat membeli makanan atau minuman, biasanya pada kemasan terdapat tanggal best before atau expired date-nya. Tanggal tersebut sebaiknya diperhatikan sebelum membeli makanan atau minuman, jangan sampai membeli yang sudah expired. Tahukah Anda perbedaan tanggal best before dan expired date?

Karena masih banyak orang yang menganggap bahwa tanggal best before dan expired date itu sama. Padahal sebenarnya terdapat perbedaan antara tanggal best before dan expired date.

Perbedaan antara tanggal best before dan expired date

Agar tidak salah dalam mengartikan tanggal yang tercantum, sebaiknya ketahui perbedaan antara tanggal best before dan expired date berikut ini.

Pengertian

Best before merupakan tanggal sebaiknya makanan atau minuman tersebut dikonsumsi sebelum waktu yang tercantum.

Sedangkan expired date merupakan tanggal batas maksimal makanan atau minuman aman untuk dikonsumsi.

Jika melewati tanggal yang tertera

Jika makanan dan minuman telah melewati tanggal best before, maka makanan atau minuman tersebut masih bisa dikonsumsi selama tidak rusak atau tidak basi. Best before tidak ada hubungannya dengan keamanan makanan, yang terpengaruh adalah rasa makanannya.

Penilaian makanan yang sudah melewati tanggal best before memerlukan pemahaman mengenai kualitas makanan yang dapat dilakukan melalui mencium, mencicipi, dan menyentuh untuk mengetahui tekstur makanan.

Namun apabila makanan atau minuman telah melewati expired date, makanan atau minuman tersebut sudah tidak baik untuk dikonsumsi. Apabila tetap memakan atau meminumnya bisa jadi malah menimbulkan masalah bagi kesehatan.

Digunakan untuk

Biasanya produk yang menggunakan tanggal best before seperti biskuit, kue, dan makanan kaleng.

Penggunaan expired date biasanya untuk produk makanan bayi, vitamin, dan bahan kue.

Setelah makanan terbuka

Apabila kemasan makanan telah terbuka, maka tanggal best before sudah tidak berlaku. Hal tersebut karena ketika kemasan makanan sudah terbuka dan tempat penyimpanannya tidak sesuai standar saat masih di toko, maka makanan sudah bersentuhan dengan udara yang berisi berbagai zat. Kondisi tersebut dapat merubah rasa, kandungan gizi, atau warna makanan.

Artikel Terkait  Perbedaan Keju Edam dan Keju Cheddar, Cocok untuk Bikin Kue Lebaran Kastengel

Sedangkan untuk expired date masih terus berlaku walaupun kemasan makanan telah terbuka.

Itulah beberapa perbedaan antara tanggal best before dan expired date. Namun walaupun memiliki arti yang berbeda, kedua tanggal-tanggal tersebut sebaiknya selalu diperhatikan.

Karena dengan tanggal best before dan expired date kita bisa mengetahui apakan makanan dan minuman tersebut masih baik untuk mengkonsumsinya atau tidak.

Selain memperhatikan tanggal best before dan expired date, sebelum membeli makanan dan minuman pastikan cek juga beberapa hal berikut ini:

– Kemasan produk pastikan dalam kondisi baik dan tidak rusak.

– Pastikan produk makanan dan minuman tersebut memiliki izin edar yang terdaftar.

– Pastikan membaca label dengan cermat dan teliti.

Untuk menjaga kualitas makanan, sebaiknya tidak menyimpan makanan lebih dari dua hingga empat jam di suhu ruang untuk menghindari kontaminasi. Simpan sebagian makanan di kulkas atau membekukan makanan lain untuk memperpanjang umur simpannya.

Selain tempat penyimpanannya, perhatikan pula cara menyimpannya. Contohnya menyimpan pada wadah tertutup, membungkus sayuran dengan tisu sebelum memasukkannya ke dalam wadah tertutup yang kemudian menyimpannya di kulkas.

Dengan memperhatikan cara dan tempat penyimpanan, dapat membuat makanan lebih tahan lama dan tidak rusak.

Ada pula beberapa jenis makanan yang harus cepat habis setelah kemasannya terbuka. Contoh makanan yang harus cepat habis setelah kemasannya seperti keju, daging, ayam, susu, serta telur.

Makanan tersebut sebaiknya harus cepat habis karena jika terlalu lama menyimpannya kandungan nutrisi pada makanan tersebut bisa hilang. ***

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar