Perbedaan Generasi 80-an dengan 90-an

Hmm, ternyata setiap generasi, memiliki perbedaan masing-masing dalam berpikir, dan lain sebagainya. Masalahnya, setiap generasi yang disatukan, pasti ada saja plus minus yang bisa diambil. Tinggal kita, bagaimana bisa menyesuaikan dari cara berinteraksi. 

Apalagi, di zaman sekarang lebih terkenal dengan era millenial, memungkinkan harus mau tidak mau melakukan yang namanya perubahan dalam beberapa hal, terkhusus era teknologi (digital). Jangan sampai, antar generasi ini tidak mau ada yang kalah atau salah satunya lebih menguasai salah satu hal. 

1. Cara Belanja

Dilihat dari cara belanja, terlihat walaupun sama-sama masih generasi millenial, generasi yang paling banyak belanja di dunia online, adalah generasi 90-an. Untuk generasi 80-an kondisional, lebih suka beli secara offline (langsung), karena lebih dipercaya. 

2. Tipe Millenial

Jadi, 2 generasi ini, memiliki tipe millenial tersendiri, yaitu 90-an (konvergen), dan 80-an (kurator). Jadi, memang berbeda. Untuk generasi 90-an, lebih ke pribadi yang suka memilih-milih dan membanding-bandingkan hal yang ada di internet, maupun kenyataan. 90-an masih berani ambil risiko. 

3. Dalam Menggunakan Media Sosial

Untuk generasi 80-an dalam menggunakan media sosial, lebih cenderung ingin tampil lebih sempurna. Sedangkan kelahiran 90-an, lebih berani dalam mengekspresikan dirinya di media sosial, meskipun hal itu dianggap tabu.

4. Dalam Pemakaian Aplikasi Tambahan di Media Sosial

Jadi, dalam hal pemakaian Filter misalnya, pada media sosial, lebih diutamakan oleh generasi 80-an agar foto atau video unggahannya, terlihat sempurna. Sedangkan, generasi 90-an, keakuratan waktu dalam penguploadan foto maupun video, lebih dipentingkan. 

5. Dalam Mengambil Risiko

Lebih berani generasi 90-an dalam mengambil risiko atau keputusan, sedangkan generasi 80-an memikirkan hal tersebut dengan matang. Dalam melakukan sesuatu, generasi 80-an lebih memikirkan dengan matang efek secara panjang kedepannya, seperti apa. Jadi, memang terbalik sekali!

Artikel Terkait  Ciri dan Harga Tas Dompet Wanita Fossil Original

6. Dilihat dari Fashion

perbedaan generasi 80 an dan 90 an

Untuk generasi ke 80-an, dalam berpakaian lebih suka yang pendek, dibandingkan generasi 90-an yang suka pakaian dengan cenderung lebar. Mungkin bisa kita lihat dalam artis-artis yang mereka gemari, pasti dalam berpakaian hampir sama sesuai eranya. 

7. Pengoperasian Teknologi

Lebih cepat belajar, dari era generasi 90-an, karena dari awal sudah dibekali ilmu teknologi dan sudah lahir teknologi yang termajukan. Sedangkan, era 80-an, lebih lambat dalam menerima masuknya teknologi. Harus belajar dulu. Anak generasi 90-an sudah dibekali terbiasa memakai teknologi.

8. Barang Favorit

Barang-barang favorit era 80-an, lebih identik ke barang-barang lama, seperti vespa lama, dan lain sebagainya. Sedangkan era 90-an, lebih suka barang-barang terkini yang memang diproduksi pada zamannya. Seperti vespa terbaru, dan lain sebagainya. 

9. Genre Musik yang Disukai

Generasi 80-an, lebih suka lagu yang temponya lambat, walaupun Rock, lebih suka yang lantang daripada genre Rock yang sekarang. Generasi 90-an, dalam memberikan aransemen lagunya, memang lebih digubah, dan ada penambahan mix agar lebih berbeda dan rasanya beda dengan lagu 80-an. 

10. Belajar

Dalam hal belajar, memang generasi ke 80-an lebih minim media yang berbasis teknologi, jadi lebih kreatif guru saat itu membuat media dan anak-anak bisa berkreasi dari situ. Sedangkan generasi 90-an, sudah ada basis media dengan teknologi, jadi lebih aktif dan kreatif di dunia online. 

Itulah, 10 perbedaan dari generasi 80-an dengan 90-an, dilihat dari beberapa hal. Semoga kita paham, bahwa setiap zaman, pasti membawa zamannya sendiri. 

 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar