Jenis Tanaman Rambat untuk Rumah

Tanaman rambat adalah tanaman yang dapat digunakan untuk mempercantik rumah, taman dan pekarangan. Tanaman jenis ini dapat merambat atau menjalar sehingga dapat mengisi ruang vertikal seperti dinding rumah dan pagar.

Tanaman hias rambat ini selain memberikan suasana asri dan rindang juga mengurangi kebutuhan kita untuk melakukan pengecatan pagar, selain itu tanaman ini bisa menjadi pengganti pagar agar nampak lebih segar.

Perbedaan Tanaman Rambat dan Menjalar

Orang terkadang bingung membedakan tumbuhan rambat dan tumbuhan menjalar, perbedaan utamanya adalah arah tumbuhnya. Pada tanaman menjalar, rambatannya horizontal misalnya untuk tanaman ubi yang akan menutupi area tanah di sekitarnya, sementara merambat cenderung bergerak vertikal.

Mengapa tanaman ini bisa merambat? karena tanaman ini berusaha mencari posisi cahaya matahari terbaik, sehingga ia menggunakan akar yang menancap pada dinding, pagar atau tanaman lain seperti pohon untuk menemukan cahaya matahari.

Jenis Tanaman Rambat untuk Mempercantik Rumah

tanaman rambat hias untuk rumah, pergola dan taman

Ada beberapa jenis tanaman rambat yang cocok digunakan sebagai penghias rumah, taman, dinding, atau sebagai pagar halaman.

Daun Dollar

Daun Dollar atau Ficus Pumilla adalah salah satu jenis tanaman rambat yang cocok untuk dinding dan pagar rumah. Memiliki akar yang kuat, daun dollar dapat menjadi alternatif dinding bagian luar rumah sehingga kita tidak perlu mengecat dinding tersebut sama sekali.

tanaman rambat daun dolar

Kemampuan regenerasinya yang baik membuat dinding rumah kita tetap terlihat segar sepanjang tahun. Meski demikian, akarnya yang kuat akan merusak tembok lgo

Alamanda

Memiliki bunga besar berbentuk terompet berwarna kuning terang membuat Alamanda cocok digunakan sebagai tanaman rambat untuk kanopi, pergola atau gerbang taman yang cantik.

tumbuhan rambat alamanda untuk hiasan rumah

Tumbuhan bernama latin allamanda carthartica ini juga bisa ditempatkan di dinding rumah dengan memadukannya dengan jenis tanaman lain seperti Petra Volubilis yang berwarna ungu, Blue Bird Vine berwarna biru sehingga taman akan nampak lebih semarak.

Artikel Terkait  Ide Desain Interior Rumah Minimalis

Morning Glory

Untuk kebutuhan tanaman rambat yang menempel di dinding, bisa memilih morning glory jika menginginkan tanaman yang tidak terlalu merusak dinding sekaligus memiliki bunga yang indah.

keunggulan tanaman rambat morning glory

Meski demikian, tanaman merambat pagar yang satu ini memiliki umur yang cukup singkat yaitu kurang dari 1 tahun. Bunga ini hanya mekar di pagi hari, dan itulah mengapa disebut morning glory

Flame of Irian

Bunga yang berasal dari pulau terbesar di Indonesia ini dikenal karena memiliki bunga berwarna oranye yang cerah seperti api. Tanaman ini cocok digunakan di taman outdoor sebagai perindang pergola dan kanopi.

Dischidia Geri

Jika tanaman lain umumnya merambat ke atas melalui media dinding, Dischidia Geri memiliki perilaku berbeda. Ia bergerak ke bawah sehingga memberikan kesan tirai alami pada dinding rumah.

dischidia geri tanaman rambat gantung

Dischidia geri dapat diletakan di bagian atas dan membiarkannya tumbuh menjuntai ke bawah.

Daun Ivy

Daun yang bernama latin Hedera Helix ini termasuk golongan perennial yang mudah dirawat dan tumbuh dengan cepat. Kemampuannya untuk tumbuh fleksibel di dalam dan luar ruang menjadikannya salah satu favorit untuk jenis tanaman rambat.

tanaman rambat gantung daun ivy

Daun ivy dapat merambat pada berbagai jenis media mulai dari dinding, pergola, pagar besi, pohon atau sekedar diletakan dalam pot.

Daun Sirih

Jika kebutuhan kita adalah tanaman hias yang memiliki manfaat kesehatan, maka pilihannya bisa jatuh pada daun sirih, tumbuhan dengan daun berbentuk hati ini banyak bermanfaat bagi kesehatan, seperti digunakan untuk menghentikan pendarahan saat anak mimisan, mengatasi batuk pilek, mengobati luka, memar dan ruam serta sebagai tumbuhan herbal. Oh ya ada jenis daun sirih yang berbunga seperti Nona Makan Sirih seperti di bawah ini

Artikel Terkait  Ide Desain Interior Rumah Minimalis

Tentu saja masih ada berbagai jenis tanaman rambat lain seperti Bugenvil, Petrea, Clematis dan lainnya yang bisa rekan-rekan gunakan untuk menghias dinding dan pekarangan kalian. Selamat mencoba

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar