Perbedaan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan: Persiapkan Dana Pendidikan dari Sekarang

Merencanakan dan mempersiapkan kehidupan masa depan keluarga memang sangat penting. Salah satunya adalah mempersiapkan dana pendidikan untuk anak seperti asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan. Sama-sama untuk mempersiapkan pendidikan, namun terdapat perbedaan antara asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan.

Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi masa depan. Namun untuk menempuh pendidikan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka agar tidak terasa berat saat membayar biaya pendidikan, bisa dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

Untuk mempersiapkan biaya pendidikan tersebut, bisa menggunakan produk keuangan seperti asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan. Secara sekilas memang asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan terlihat sama saja, padahal keduanya merupakan produk keuangan yang berbeda.

Perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan

Agar tidak bingung saat memilih produk keuangan mana yang akan Anda gunakan untuk mempersiapkan biaya pendidikan, simak perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan berikut.

Pengertian

Asuransi pendidikan merupakan memberikan perlindungan jiwa orang tua atau pembayar resmi asuransi. Sehingga proteksi dana pendidikan dapat digunakan sebagai dana pendidikan apabila individu yang membayar premi meninggal dunia, mengalami kondisi tertentu sesuai kesepakatan, atau telah jatuh tempo.

Sedangkan tabungan pendidikan adalah simpanan bank yang khusus untuk mempersiapkan dana pendidikan anak.

Fungsi utama

Fungsi utama dari asuransi pendidikan adalah proteksi dana pendidikan. Sedangkan fungsi utama tabungan pendidikan adalah simpanan dana pendidikan.

Lembaga yang mengeluarkan

Apabila ingin menggunakan asuransi pendidikan, maka lembaga yang mengeluarkan adalah perusahaan asuransi. Apabila membeli produk asuransi pendidikan di bank, maka bank hanya berperan sebagai agen penjual produk asuransi. Sedangkan jika ingin menggunakan tabungan pendidikan, lembaga yang mengeluarkan produk tersebut tentunya adalah bank.

Artikel Terkait  Pakai Zenwel, Tingkatkan Engagement Pelanggan

Setoran

Pada asuransi pendidikan, setoran atau premi terdiri dari biaya asuransi, dana investasi, dll. Nilai premi tersebut akan menyesuaikan dengan polis atau surat perjanjian antara orang yang ikut asuransi dan perusahaan asuransi.

Sementara untuk tabungan pendidikan, setoran atau premi terdiri dari tabungan beserta biaya administrasi bank. Untuk nilai setorannya sesuai dengan kemampuan menabung masing-masing.

Mekanisme pencairan

Uang Pertanggungan (UP) pada asuransi pendidikan dapat dicairkan secara bertahap ketika memasuki jenjang pendidikan sesuai dengan ketentuan masing-masing polis atau surat perjanjian.

Untuk dana tabungan pendidikan, dapat dicairkan sesuai dengan jangka waktu tabungan yang telah dipilih nasabah pada awal pembukaan tabungan.

Manfaat dan resiko

Manfaat dari asuransi pendidikan adalah orang tersebut akan mendapatkan jaminan apabila orang tua tidak lagi dapat memberikan nafkah karena meninggal dunia atau cacat total. Apabila asuransi pendidikan terdapat unit link / PAYDI, maka bisa beresiko investasi sesuai kinerja pasar, sehingga nilai investasi bisa naik maupun turun.

Jika menggunakan tabungan pendidikan, nasabah akan mendapatkan manfaat berupa bunga dan simpanan yang terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Sehingga resikonya relatif lebih kecil dan lebih aman.

Jangka waktu

Asuransi pendidikan lebih cocok untuk tujuan jangka panjang atau lebih dari 5 tahun. Sedangkan tabungan pendidikan lebih cocok untuk tujuan jangka pendek maupun menengah.

Dengan mengetahui perbedaan asuransi pendidikan  dan tabungan pendidikan tersebut, bisa menjadi bahan pertimbangan produk keuangan mana yang lebih cocok untuk Anda. Karena sebelum menggunakan produk keuangan, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu karakteristik produk keuangan tersebut dan memanfaatkan produk dari lembaga jasa keuangan yang terdaftar dan berizin di OJK agar lebih aman dan terpercaya. ***

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar