Mengenal Perbedaan Miom dan Kista, Mana yang Lebih Berbahaya?

Bagi para perempuan, masalah kesehatan seperti miom dan kista sering menjadi perhatian. Karena kedua masalah kesehatan tersebut dapat mempengaruhi organ reproduksi wanita. Meski demikian, sebenarnya terdapat perbedaan miom dan kista.

Miom dan kista merupakan dua jenis tumor jinak yang menyerang organ reproduksi wanita. Karena merupakan dua kondisi yang berbeda, maka tentunya membutuhkan penanganan yang berbeda pula.

Untuk membedakan miom dan kista pada umumnya bisa terlihat dari bentuk serta letaknya. Agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat, sebaiknya ketahui perbedaan miom dan kista yang telah perbedaan.net rangkum berikut ini.

Perbedaan miom dan kista

Kenali perbedaan miom dan kista berikut ini.

Pengertian

Miom adalah pertumbuhan sel yang bersifat jinak dari otot dinding rahim. Sedangkan kista merupakan kondisi saat kantung yang berisi cairan, udara, atau zat asing lainnya berkembang pada atau dalam ovarium.

Gejala

Miom sering kali tidak menimbulkan gejala hingga akhirnya semakin parah. Apabila sudah masuk tahap yang parah, miom bisa menyebabkan perdarahan pada vagina, sakit perut, nyeri panggul, sering buang air kecil, serta rasa sakit saat berhubungan intim dengan pasangan.

Gejala kista juga bisa sangat beragam, tergantung lokasi tempat munculnya kista. Sama seperti miom, kista biasanya bersifat jinak dan tidak selalu menimbulkan gejala yang khas. Namun, kista terkadang bisa menyebabkan gejala tertentu, seperti nyeri atau benjolan di tempat kista tersebut tumbuh.

Komposisi

Miom atau masalah kesehatan pada dinding rahim ini terdiri dari terdiri dari sel-sel otot dan jaringan ikat. Sedangkan kista merupakan kantung yang berisi cairan, udara, atau zat asing lainnya.

Diagnosis

Untuk mendiagnosis miom biasanya melalui melalui pemeriksaan fisik, ultrasonografi, atau pemeriksaan pencitraan lainnya. Sedangkan untuk mendiagnosis biasanya terdeteksi melalui pemeriksaan ultrasonografi, CT scan, atau MRI.

Artikel Terkait  Perbedaan Jalan dan Lari, Apa Saja?

Penyebab

Beberapa faktor berikut ini dapat menjadi penyebab munculnya miom dalam tubuh:

  1. Faktor genetik atau keturunan. Faktor ini menjadi faktor penyebab munculnya miom dalam tubuh yang paling banyak terjadi.
  2. Wanita yang mengalami menstruasi dini, atau mengalami menstruasi pada usia sebelum 10 tahun. Wanita tersebut berisiko lebih tinggi munculnya miom dalam tubuh.
  3. Hormon estrogen dan progesterone yang berlebih dalam tubuh khususnya ovarium.

Sedangkan faktor penyebab timbulnya kista adalah:

  1. Genetik
  2. Kelainan pada perkembangan embrio
  3. Tumor
  4. Penyumbatan pada saluran dalam tubuh
  5. Cacat pada sel
  6. Kondisi inflamasi kronis
  7. Parasit
  8. Infeksi
  9. Cedera

Pengobatan

Apabila miom sudah menimbulkan gejala, maka biasanya untuk menanganinya diperlukan operasi untuk mengangkatnya. Pada umumnya, miom jarang berubah menjadi kanker. Namun sebelum dokter menyarankan untuk melakukan tindakan operasi, biasanya untuk menghilangkan miom tersebut dokter akan memberikan obat-obatan.

Sementara apabila telah dinyatakan terkena penyakit kista, jangan khawatir dulu apalagi langsung mengambil tindakan operasi, pastikan dulu jenisnya. Jika jenis kista normal, kita tidak perlu khawatir, namun harus waspada terhadap tumor atau kista yang bersifat ganas (kanker) atau tumor jinak yang berpotensi mengganggu fungsi reproduksi.

Itulah beberapa perbedaan  miom dan kista yang sebaiknya Anda ketahui. Akan tetapi untuk mendapatkan diagnosis yang akurat, sebaiknya periksa dengan dokter. Karena tentunya dokter akan melakukan pemeriksaan yang lebih tepat untuk menentukan apakah itu miom atau kista.

Meskipun mion dan kista termasuk dalam kategori jinak, namun kedua penyakit tersebut bisa sangat mengganggu kerja organ hingga menimbulkan gejala seperti pendarahan, bahkan sulit memiliki keturunan. Oleh karena itu, jangan sampai menyepelekan adanya miom dan kista.***

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar