Mitra BPS, Seperti Apa Sih?

Mitra BPS, merupakan anggota BPS yang sudah melakukan registrasi dan lain sebagainya. Registrasi untuk membuat akun, bisa melalui aplikasi yang bernama SOBAT BPS. Hal ini untuk mendaftar sebagai mitra sensus/survei.

Petunjuk registrasi, bisa dilihat dalam halaman registrasi. Disana, kita bisa mendaftar sebagai petugas sensus/survei jika ada kegiatan yang membuka pendaftaran. Petunjuk untuk mendaftar jadi petugas, bisa dilihat dalam halaman Mendaftar Survei.

Tentang Registrasi Mitra BPS

mitra BPS

Setelah melakukan pendaftaran, untuk mengetahui hasil tes dan staus penerimaan, bisa menghubungi BPS Kab/Kota tempat kita mendaftar. Mitra BPS, memiliki peran penting dalam pengumpulan data. Kita ketahui, bahwa BPS, adalah Badan Pusat Statistik.

Lembaga pemerintah non departemen ini, berperan dalam penyedia data dan informasi statistik berkualitas. BPS, dilindungi oleh peraturan UU No. 16 Tahun 1997 tentang statistik. Banyak survei dan sensus yang sudah dilakukan oleh lembaga ini.
BPS, sangat strategis dengan beragam kebutuhan data yang digunakan oleh berbagai lembaga pemerintahan serta masyarakat luas. BPS, dituntut untuk bekerja secara cepat, dan akurat dalam memberikan data.

Eksistensi BPS

Eksistensi BPS, cukup dikenal masyarakat sehingga beberapa kegiatan survei, diharapkan membutuhkan tenaga mitra yang cukup banyak. Pengumpulan data, akan mudah dengan BPS. Banyak sampel yang harus dikumpulkan, membuat tenaga di luar BPS dibutuhkan.

Adanya perekrutan anggota BPS, untuk memilih mitra yang benar untuk menyelesaikan di atas. Jadi, anggap saja anggota rekruter ini, membantu pegawai BPS. Tenaga yang direkrut, perlu dilatih terlebih dahulu.
Adanya training atau pelatihan dulu, adalah untuk mengenalkan hal-hal yang berkaitan dengan SOP lembaga. Berkaitan dengan kegiatan, konsep, dan definisi dari setiap pertanyaan yang ada dalam kuesioner survei atau sensus.

Artikel Terkait  Bibliografi; Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya Otomatis

Tantangan di Lapangan

Banyak tantangan, yang perlu dijalani ketika menjadi seorang anggota (mitra) BPS. Hal ini karena berkaitan dengan mengemban tugas negara. Bisa kita lihat dalam medan untuk survei atau sensus tidak mudah untuk dilewati atau ditempuh. Kadang responden, ada yang tidak mendukung atau tidak memberikan info dengan valid maupun tidak mau memberikan respon.

Pendaftaran Mitra BPS

Data yang ada, dibutuhkan sinergi dan kolaborasi dari semua pihak dalam mewujudkannya. Semua itu, untuk Indonesia maju. Setiap provinsi, memiliki akun medsos atau web BPS masing-masing. Sehingga tahu wilayahnya.

Berikut, adalah langkah-langkah dalam pendaftaran BPS:

1. Buka Aplikasi SIMITRA, lebih baik melalui browser agar lancar dan lebih enak.
2. Di halaman beranda, klik tombol “Registrasi Sekarang”, kemudian isi form yang ada (meliputi NIK, nama lengkap, alamat email, username, dan password).
3. Klik tombol “Register” setelah semua data terisi dan pastikan benar, agar tidak salah di kemudian hari.
4. Saat registrasi berhasil, kita akan mendapatkan notif di akun yang ada.
5. Cek email, untuk mengetahui email dari BPS, dan biasanya berjudul “[BPS – Rekruitmen Mitra] Email Verifikasi”. Nah, dari sini klik tombol “Aktivasi” yang ada pada email.
6. Jika aktivasi berhasil, maka kita akan diarahkan ke halaman akun. Nah, disini kita akan melengkapi biodata untuk diisi sebagai petugas.

Honor Petugas Lapangan BPS

Jadi, petugas lapangan BPS, akan dikontrak selama 1-2 bulan, dengan lamanya kerja didasarkan pada beban kerja yang diberikan. Gaji yang diberikan, sekitar 3-4 juta. Gaji disesuaikan dengan UMR atau UMK masing-masing daerah.

Struktur Anggota BPS

Keanggotaan BPS terdiri atas :
1. Kepala;
2. Sekretariat Utama;
3. Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik;
4. Deputi Bidang Statistik Sosial;
5. Deputi Bidang Statistik Produksi;
6. Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa;
7. Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik;
8. Inspektorat Utama;
9. Pusat Pendidikan dan Pelatihan;
10. Instansi Vertikal

Artikel Terkait  Alasan Seseorang Melakukan Tes DNA. Simak Yuk, Penjelasannya!

Nah itulah sekilas tentang Badan Pusat Statistik

 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar