Perbedaan Yoga dan Pilates: Mana yang Lebih Cocok?

Olahraga merupakan kegiatan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga mental. Jenis olahraga yang bisa kita lakukan pun bermacam-macam contohnya yoga dan pilates. Namun kadang orang susah membedakan antara yoga dan pilates.

Yoga dan pilates merupakan dua olahraga yang serupa apabila dilihat dari jenis gerakannya. Namun sebenarnya kedua olahraga tersebut memiliki beberapa perbedaan.

Mungkin bagi orang yang belum pernah melakukan olahraga yoga dan pilates tersebut merasa bingung untuk memilih olahraga mana yang akan ia coba. Untuk itu, sebelum mencoba olahraga yoga dan pilates tersebut, simak terlebih dahulu perbedaan keduanya.

Perbedaan yoga dan pilates

Untuk mengetahui perbedaan antara yoga dan pilates, simak beberapa perbedaanya berikut ini.

Pengertian

Menurut KBBI, yoga merupakan senam gerak badan dengan latihan pernapasan, pikiran, dan sebagainya untuk kesehatan rohani dan jasmani.

Sedangkan pengertian pilates menurut KBBI adalah metode senam ringan untuk memperkuat otot perut, memperbaiki postur tubuh, dan meningkatkan keseimbangan.

Sejarah

Olahraga yoga mulai berkembang sekitar 5.000 tahun yang lalu di India. Kemudian olahraga inipun terus berkembang selama berabad-abad dan dipengaruhi oleh beragam budaya.

Sementara itu, pilates adalah versi kontemporer atau modern dari latihan yoga. Joseph Pilates, seorang atlet dari Jerman mulai mengembangkan olahraga pilates sekitar abad 20-an.

Tujuan latihan

Orang yang melakukan olahraga yoga biasanya bertujuan untuk rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari, dan untuk mengembalikan fokus. 

Sedangkan orang yang memilih untuk melakukan olahraga pilates biasanya bertujuan untuk pemulihan tubuh setelah cedera atau menguatkan persendian yang lemah.

Metode latihan

Baik olahraga yoga maupun pilates membawa pemahaman bahwa tubuh dan pikiran adalah dua hal yang saling berkaitan satu sama lainnya. Namun pada yoga menambahkan satu elemen yaitu jiwa. Pada olahraga yoga, lebih menekankan menjelajahi jiwa dan spiritual terutama melalui meditasi.

Artikel Terkait  Perbedaan Jalan dan Lari, Apa Saja?

Sementara itu, olahraga pilates berprinsip menciptakan hubungan antara tubuh dan pikiran, dan mencari cara bagaimana kedua hal tersebut dapat membantu beraktivitas sehari-hari.

Pernafasan

Yoga berfokus pada pengaturan nafas perut yang dikeluarkan melalui hidung. Dalam mengambil nafas dan mengeluarkan nafas saat melakukan yoga terdapat cara dan pose yang dilakukan.

Untuk pilates, banyak menggunakan cara bernapas melalui hidung dan dikeluarkan lewat mulut.

Alat bantu

Pada saat melakukan yoga, biasanya orang menggunakan matras. Sementara ketika melakukan pilates alat bantunya selain menggunakan matras, juga menggunakan alat pendukung  lainnya seperti tali, pilates ring, pilates ball, block, atau resistance band yang bisa dipakai berlatih di rumah atau gym..

Manfaat

Manfaat melakukan yoga melalui gerakan-gerakan peregangan bisa membantu mengelola otot-otot yang aus setelah Anda gunakan terus-menerus untuk beraktivitas. Selain itu yoga juga memberikan manfaat spiritual dengan terfokus pada ketenangan batin melalui meditasi.

Sementara manfaat melakukan pilates adalah bisa menguatkan punggung dan tulang belakang, lengan, pinggul, paha dalam, dan perut sambil menantang inti tubuh Anda. Pilates juga bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh yang tidak seimbang dan melatih pergerakan tubuh agar lebih efisien, sehingga mengurangi risiko cedera.

Itulah beberapa perbedaan yoga dan pilates yang sebaiknya Anda ketahui sebelum memilih olahraga tersebut. Sebenarnya untuk memilih antara olahraga yoga atau pilates tergantung pada tujuan yang ingin Anda capai.

Apabila ingin melepas penat dari rutinitas sehari-hari, olahraga yoga merupakan pilihan yang tepat. Namun apabila ingin mencari olahraga untuk pemulihan tubuh pasca cedera, mengurangi nyeri pada tubuh, serta mendapatkan sendi yang lebih kuat, pilates bisa pilihan terbaik. ***

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar