9 Hal Estetik di Kebun Raya Cibodas

Puncak Bogor menjadi salah satu lokasi andalan untuk warga ibukota yang ingin liburan singkat di akhir pekan. Nuansa puncak yang sejuk dan lebih tenang jika dibanding Jakarta tentu akan memberikan nuansa yang berbeda dan cocok untuk recharge setelah sepekan berkutat dengan pekerjaan.

kebun raya cibodas
Sumber:https://www.pinhome.id/info-area/kebun-raya-cibodas/

 

Jika belum menemukan destinasi yang tepat, maka Kebun Raya Cibodas bisa dijadikan pilihan. Menurut Wikipedia, Kebun Cibodas sudah ada sejak tahun 1852 dan nama perintis sekaligus pendirinya adalah ahli botani asal Belanda bernama Johannes Ellias Teijsmann.

Hal-hal Menarik di Cibodas Botanical Garden

1.     Sejuk

Masih dari Wikipedia, kebun ini bernama Bergtuin te Tjibodas saat awal didirikan, yang dalam bahasa Indonesia berarti Kebun Pegunungan Cibodas. Lokasinya memang ada di pegunungan dengan ketinggian 1.300-1.425 mdpl. Suhunya sejuk dengan temperatur 17-20,06 °C.

2.     Taman Sakura

Taman sakura cibodas
Sumber:sikidang.com

Lokasi taman ini dekat dengan gate utama dan banyak menjadi incaran para wisatawan. Angle foto yang tepat akan membuat kamu seperti terlihat di negeri Jepang karena ada banyak bunga sakura di taman ini.

3.     Rumah Kaca

Tempat ini menjadi ‘gudang’ untuk berbagai jenis tanaman seperti 350 jenis kaktus, 360 spesies Anggrek, berbagai tanaman langka, dan bunga bangkai raksasa.

4.     Araucaria Avenue

Araucaria Avenue adalah area outdoor berupa jalan batu yang menghubungkan wisma tamu dengan sebuah kolam besar. Sisi kiri dan kanan jalan adalah barisan pohon Araucaria yang konon usianya sudah 150 tahun.

5.     Air Terjun

Bukan hanya koleksi bunga dan tanaman, tapi kebun Cibodas juga memiliki air terjun dengan ketinggian 50 meter yang bisa kamu datangi dengan mendaki jalur yang agak terjal.

6.     Taman Lumut

Rancangan taman ini dibuat mirip dengan habitat lumut di alam, dan ada juga berbagai tanaman asli Indonesia lain yang ditanam di sekitar lumut untuk memberikan keindahan sekaligus membantu menjaga kelembaban.

Artikel Terkait  Perbedaan Tumbuhan dan Jamur
kebun raya cibodas
Sumber: Kebunrayacibodas.com

Koleksi lumutnya sendiri lebih dari 200 jenis, seperti lumut tanduk, lumut hati, dan lumut sejati. Taman ini memiliki tanah serba hijau karena lumut yang tumbuh subur.

7.     Taman Paku-pakuan

Ada 101 jenis tanaman paku-pakuan di area ini, yang semuanya berasal di Indonesia. Selain menjadi tanaman hias, paku-pakuan juga bisa dijadikan bahan kerajinan tangan, bahan pangan, dan bahan obat tradisional.

8.     Taman Rhododendron

Inilah taman yang menjadi area tumbuhnya berbagai tanaman Rhododendron dari dalam dan luar negeri, seperti Rhododendron macgregoriae dari Papua, Rhododendron javanicum dari Jawa, dan Rhododendron mucronatum dari Jepang.

9.     Kolam Besar dan Wahana Air

Aliran sungai di sekitar Kebun Cibodas dimanfaatkan menjadi wahana air seru untuk anak-anak. Ada juga kolam air besar yang menjadi rumah untuk berbagai tumbuhan air di Cibodas Garden.

Buat kamu yang membutuhkan penginapan murah saat liburan di puncak, bisa klik di sini untuk memesan. Pesan hotel di Pegipegi lewat aplikasi bisa dapat harga diskon lho! Ada promo setiap hari dan banyak hotel menarik yang menanti. Yuk, buat liburan jadi gampang dan murah dengan Pegipegi.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar