Jenis Olahraga Atletik yang bisa Dicoba

Atletik, adalah salah satu jenis olahraga yang disukai oleh para cowok kebanyakan, cewek juga ada. Olahraga ini, dilakukan dalam berbagai cara tergantung dari olahraga apa yang dijalankan. Mulai dari olahraga jalan, lempar lembing, dan lain sebagainya.

Olahraga atletik, menjadi olahraga tertua yang mana masih populer hingga zaman sekarang. Olahraga ini, juga sering dilombakan dalam acara-acara dunia atau bergengsi seputar olahraga. Untuk lebih tahu jelasnya, mengenai jenis-jenis olahraga atletik, bisa dilihat berikut ini!

1. Olahraga Jalan Cepat

Olahraga Jalan Cepat ini, merupakan salah satu jenis olahraga atletik, yang mana diartikan sebagai gerakan dengan cara melangkah ke arah depan secara terus menerus, tanpa ada hubungan yang terputus di area tanah.

Saat melakukan gerakan jalan cepat, maka posisi dari salah satu kaki atlet, harus menyentuh tanah, dimana posisi kaki harus  menjadi tumpuan dari kaki harus lurus. Di cabang olahraga ini, tidak diperbolehkan langkah yang dilakukan secara melayang maupun melompat seperti berlari.

2. Olahraga Berlari

Olahraga berlari, sering kita jumpai, hampir setiap hari, entah di jalan, maupun tempat pribadi. Lari, dapat didefinisikan sebagai gerakan maju ke depan dengan cepat, dimana pada saat-saat tertentu posisi kaki akan berada di udara dan tidak menyentuh ke tanah.

Gerakan berlari ini, membutuhkan kekuatan otot, kecepatan, serta koordinasi dari anggota tubuh yang baik. dari sini, atlet, akan mampu mencapai garis finish, dan dalam olahaga ini, setiap pesertanya untuk lomba dibedakan berdasarkan nomor dan kategori lari.

3. Olahraga Melompat

Olahraga melompat, identik dengan gerakan hewan atau binatang. Olahraga ini, dibedakan dalam beberapa jenis, mulai dari lompat jauh, lompat tinggi, dan lompat galah. Semua ada porsi masing-masing dalam memainkannya. Mulai dari aturan hingga syarat permainan.

Artikel Terkait  Perbedaan Kebijakan dan Kebijaksanaan. Simak Berikut Ini

Olahraga ini, sering dipraktekkan di sekolah maupun akademisi yang berkaitan dengan hal tersebut. pastinya dengan melompat, mampu membuat ketangkasan kakimu semakin kuat. Lihai dalam melompat secara cepat, dan lain sebagainya. Yang sering dipakai adalah lompat jauh.

4. Tolak Peluru

Tolak peluru, menjadi salah satu cabang olahraga yang bisa dibilang susah-susah gampang. Karena dengan pemanasan yang salah dan tidak niat, membuat gampang keseleo di tangan dan membuat patah. Hati-hati, jangan sepelekan olahraga ini, karena berkaitan dengan membawa beban.

Cara melakukan olahraga ini adalah dengan meletakkan peluru berupa bola besi yang berbentuk bulat,  dilakukan di antara leher serta bahu atlet. Atlet tolak peluru akan melemparkan peluru tersebut dengan mendorong di satu tangan sejauh mungkin.

5. Lempar Lembing

Lempar lembing, menjadi cabang olahraga selanjutnya. Lempar lembing, kerap diperlombakan secara internasional di acara-acara olahraga dunia. Lempar Lembing sendiri, menjadi salah satu olahraga yang populer. Cara mainnya, atlet akan melempar sebuah tombang yang memiliki ujung runcing.

Dari situ, akan dilemparkan sejauh mungkin, dan saat melempar ada teknik dasar yang harus dipelajari. Dalam cara memegangnya, juga ada teknik awalan yang harus dipelajari. Lembing, terdiri dari dua bagian, yaitu memiliki ujung yang terbuat dari logam dengan badan lembing dari kayu atau metal.

6. Lempar Cakram

Lempar cakram, menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa dipilih. Caranya, cukup melempar dengan menggunakan benda dari kayu yang berbentuk piring serta bersabuk besi atau bahan lainnya yang pipih. Atlet, harus mampu melemparkan cakram setidaknya sebanyak maksimal tiga kali di setiap lomba.

Sebelum atlet melakukan lemparan cakram, atlet harus melakukan putaran setidaknya sebanyak dua kali, sebelum ia melempar cakram sejauh mungkin. Lalu, untuk memperoleh jarak lempar yang paling jauh, maka ada beberapa peraturan yang bisa ditaati.

Artikel Terkait  Perbedaan Manusia dengan Monyet, Apa Saja?

Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis olahraga yang bisa dipilih berdasarkan kesukaan hati, dan kiranya cocok untuk aktivitasmu.

 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar