Apa Sih Arsip Digital BPJS Kesehatan

Arsip Digital BPJS Kesehatan Mobile merupakan Aplikasi surat menyurat berbasis Mobile yang digunakan oleh internal BPJS Kesehatan. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store maupun Apps Store. Arsip Digital Mobile memudahkan pegawai BPJS Kesehatan untuk menyimpan, mencari dan mengorganisir surat masuk dan surat keluar di lingkungan internal mereka.

Pada tahun lalu, tepatnya tahun 2022, BPJS Kesehatan meraih apresiasi yang signifikan atas inovasi aplikasi arsip digital mereka. Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) memberikan penghargaan kepada BPJS Kesehatan sebagai bentuk pengakuan terhadap upaya mereka dalam pengelolaan arsip yang efektif dan sesuai standar.

Arsip Digital BPJS Kesehatan Mendapat Predikat Memuaskan dari ANRI

Dalam Anugerah Pengawasan Kearsipan, BPJS Kesehatan sukses mendapatkan penghargaan “Memuaskan” dalam kategori Lembaga Tinggi Negara, Lembaga Setingkat Kementerian, dan Lembaga Non Struktural. Penghargaan ini langsung diberikan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) kepada BPJS Kesehatan di sebuah acara yang diselenggarakan di Pekanbaru pada tanggal 18 Mei 2022.

Penghargaan tersebut didasarkan pada konsistensi BPJS Kesehatan dalam menerapkan standar kearsipan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan di bidang kearsipan. Dalam gelaran penghargaan yang melibatkan berbagai lembaga pemerintah, BPJS Kesehatan berhasil bersaing dengan 34 Kementerian, 31 Lembaga Tinggi Negara, Lembaga Setingkat Kementerian, Lembaga Non Struktural, dan 26 Lembaga Pemerintah Non Kementerian.

Ghufron Mukti, Direktur Utama BPJS Kesehatan, mengungkapkan kebanggaannya atas penghargaan yang diberikan oleh ANRI. Dia menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan terus berupaya menciptakan iklim dan tata kelola organisasi yang baik dengan menerapkan kebijakan kearsipan yang sesuai standar. Salah satu inovasi yang mereka lakukan adalah melalui penggunaan aplikasi arsip digital yang memudahkan pengelolaan dan pemeliharaan arsip.

Artikel Terkait  Perbedaan Yoga dan Pilates: Mana yang Lebih Cocok?

Penggunaan teknologi informasi dalam pengelolaan arsip di BPJS Kesehatan membawa manfaat yang signifikan. Aplikasi arsip digital memungkinkan BPJS Kesehatan untuk mengelola arsip dengan lebih dinamis dan efisien. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan kemudahan akses untuk mencari dan memanfaatkan arsip secara cepat dan akurat.

Penghargaan ini memberikan dorongan bagi BPJS Kesehatan untuk terus meningkatkan kepatuhan dan kualitas pengelolaan arsip. Mereka berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan perhatian yang serius terhadap pengelolaan dokumen dan arsip demi memberikan layanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, ANRI juga mengapresiasi upaya BPJS Kesehatan dalam menerapkan pengelolaan kearsipan yang baik. Mereka berharap bahwa lembaga-lembaga negara lainnya dapat mengikuti jejak BPJS Kesehatan dalam meningkatkan pengelolaan arsip yang efektif dan sesuai standar, sehingga data dan informasi yang terrekam dapat dimanfaatkan dengan baik di masa depan.

Cara Download dan Menggunakan Aplikasi Arsip Digital BPJS Kesehatan

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mendownload dan menggunakan aplikasi tersebut:

Cara Mendownload Aplikasi:

  1. Buka Google Play Store di perangkat Android Anda.
  2. Cari “Aplikasi Arsip Digital BPJS Kesehatan” di kolom pencarian atau gunakan tautan berikut: Tautan ke Aplikasi Arsip Digital BPJS Kesehatan di Google Play Store.
  3. Pilih aplikasi yang sesuai dari hasil pencarian.
  4. Ketuk tombol “Install” untuk mulai mengunduh dan menginstal aplikasi ke perangkat Anda.

Cara Menggunakan Aplikasi:

  1. Setelah berhasil mengunduh dan menginstal aplikasi, buka aplikasi tersebut di perangkat Anda.
  2. Pada halaman awal, Anda akan diminta untuk melakukan login dengan menggunakan akun atau kredensial yang sesuai.
  3. Setelah berhasil login, Anda akan masuk ke antarmuka aplikasi arsip digital BPJS Kesehatan.
  4. Jelajahi menu dan fitur yang tersedia dalam aplikasi untuk mengakses dan mengelola arsip digital yang relevan.
  5. Terapkan fungsi pencarian, penyortiran, atau filter yang disediakan dalam aplikasi untuk membantu Anda menemukan arsip yang dibutuhkan.
  6. Gunakan fitur lain yang tersedia, seperti membaca, mengunduh, membagikan, atau melakukan tindakan terkait arsip yang dipilih.
  7. Pastikan Anda mengikuti petunjuk atau panduan pengguna yang mungkin disediakan dalam aplikasi untuk memahami fungsi dan fitur yang lebih detail.
Artikel Terkait  Perbedaan Jalan dan Lari, Apa Saja?

Penting untuk diingat bahwa langkah-langkah dan tampilan aplikasi dapat berbeda tergantung pada versi aplikasi dan pembaruan yang dilakukan oleh pengembang. Sebaiknya ikuti petunjuk dan panduan yang disediakan dalam aplikasi itu sendiri untuk menggunakan aplikasi arsip digital BPJS Kesehatan secara efektif.

Secara keseluruhan, aplikasi arsip digital BPJS Kesehatan yang mendapatkan apresiasi dari ANRI pada tahun lalu menunjukkan komitmen dan keberhasilan BPJS Kesehatan dalam menerapkan pengelolaan arsip yang modern dan efisien. Dengan penggunaan teknologi informasi, mereka terus berupaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan memberikan manfaat yang lebih baik bagi masyarakat.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar