Inilah Perbedaan Domain .com dan .net: Lebih Cocok yang Mana?

Ketika kita akan membuka suatu situs web, kita akan memasukkan alamat domain web tersebut. Pada alamat domain tersebut mungkin kita sering menemui “.com” dan “.net”. Lalu apakah perbedaan domain “.com” dan “.net” tersebut?

Domain sendiri merupakan alamat yang digunakan untuk mengakses suatu website. Pada domain terdiri dari dua bagian yaitu second-level domain (SLD) dan top level domain (TLD).

Pada domain terdapat bagian atau jenis sebagai berikut:

  1. Top Level Domain (TLD) merupakan ekstensi domain yang berada di akhir dalam susunan alamat domain website. Contohnya “.ac.id”, “.co.id”, “.com”, dll.
  2. Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang terletak di antara subdomain dan ekstensi domain.
  3. Third Level Domain (TLDO) adalah subdomain yang berada di paling depan sebelum nama domain. Contohnya “www”.

Contohnya apabila suatu web memiliki domain perbedaan.net maka ‘perbedaan’ merupakan second-level domain (SLD), sedangkan ‘.net’ merupakan top level domain (TLD).

Bagi orang awam, pasti banyak yang bertanya-tanya apa bedanya domain “.com” dan “.net”. Serta domain manakah yang sebaiknya dipilih.

Perbedaan domain ‘.com’ dan ‘.net’

Untuk mengetahui perbedaan antara domain “.com” dan “.net”, simak perbedaan keduanya berikut ini.

Pengertian

Domain ‘.com’ adalah kependekan dari “commercial”. Domain ini termasuk domain yang sering digunakan. Sedangkan domain ‘.net’ merupakan kependekan dari “network

Popularitas

Dari segi popularitas, saat ini domain ‘.com’ lebih populer daripada domain ‘.net’. Karena orang lebih banyak menggunakan domain ‘.com’ yang lebih mudah untuk mengingatnya. Berdasarkan survei, web yang menggunakan domain ‘.com’ sebanyak 52,8 %. Sedangkan yang menggunakan domain ‘.net’ hanya 3,1 %.

Karena pengguna domain’.net’ masih sedikit, maka penggunanya harus lebih berusaha keras dalam upaya pemasaran situsnya serta membangun kredibilitas merek.

Artikel Terkait  Perbedaan Dataran Tinggi dan Dataran Rendah

Kegunaan

Penggunaan top level domain (TLD) sebaiknya menyesuaikan dengan isi dan fungsi web. TLD ‘.com’ seperti kepanjangannya yaitu commercial”, biasanya berguna untuk web dengan kepentingan komersial seperti toko online, perusahaan, dan blog.

Sedangkan untuk top level domain (TLD) ‘.net’ biasanya lebih spesifik karena diperuntukkan situs perusahaan teknologi, platform networking, dan sejenisnya.

Ketersediaan nama

Karena domain ‘.com’ sudah banyak penggunanya bahkan hampir setengah dari total website yang ada di dunia, maka sudah banyak nama yang telah terpakai. Sehingga untuk mendapatkan domain sesuai yang Anda inginkan sedikit sulit.

Berbeda dengan domain ‘.com’ yang sulit dalam mendapatkan nama yang diinginkan, pada domain ‘.net’ pengguna masih memiliki banyak pilihan nama. Hal tersebut lantaran domain ‘.net’ penggunanya belum sebanyak domain ‘.com’.

Harga

Untuk mendapatkan domain ‘.com’ dan ‘.net’, harganya pun berbeda. Untuk membeli domain ‘.com’ harganya sekitar Rp 115.000. Sedangkan untuk domain ‘.net’, harga yang harus Anda bayarkan adalah sekitar Rp 155.000.

Harga domain ‘.net’ lebih mahal daripada domain ‘.com’ lantaran penggunaannya yang lebih spesifik. Sedangkan domain ‘.com’ lebih umum atau general.

Demikian informasi terkait perbedaan domain “.com” dan “.net”. Untuk memilih domain mana yang lebih cocok, pilihlah domain tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Apabila ingin membuat website dengan tujuan komersial, maka sebaiknya gunakan domain ‘.com’. Sedangkan apabila ingin membuat website perusahaan teknologi atau platform networking maka domain yang sebaiknya Anda pilih adalah domain ‘.net’.

Dari segi SEO, kedua domain tersebut tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Karena yang mempengaruhi optimasi pada mesin pencarian adalah konten pada web dan beberapa teknik lainnya. ***

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar