Cefadroxil Monohydrate: Arti, Dosis, dan Efek Samping

Obat cefadroxil monohydrate, adalah obat untuk menangani pasien yang mengalami infeksi pada saluran tenggorokan, masalah pada saluran kemih, dan infeksi kulit, sehingga nama obat tersebut tidak asing lagi bagi penggunanya.

Obat ini, sering digunakan untuk mengatasi masalah infeksi pada tubuh. Obat ini, tidak boleh sembarangan dikonsumsi karena harus adanya resep dokter yang jelas. Obat ini mengandung beberapa zat yang apabila dikonsumsi dengan salah, bisa berakibat fatal bagi tubuh.

Cefadroxil Monohydrate

Obat cefadroxil monohydrate, lebih ke antibiotik yang digunakan untuk mengatasi berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Obat ini, biasa digunakan untuk mengatasi:

  1. Infeksi bakteri
  2. Cystitis
  3. Pyelonephritis
  4. Infeksi pada saluran kemih
  5. Tuberkulosis
  6. Osteomyelitis
  7. Infeksi kulit
  8. Tonsilitis
  9. Impetigo

Obat ini, tidak boleh dikonsumsi saat memiliki alergi akan antibiotik cephalosporin. Mulai dari cefdinir, cefalexin, omnicef, keflex, dan lain-lain. Di beberapa kondisi berikut, juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi cefadroxil monohydrate, diantaranya:

  1. Masalah pada usus
  2. Penyakit ginjal
  3. Diabetes
  4. Sedang mengandung atau menyusui

Dosis Cefadroxil Monohydrate

Dikutip dari situs Under Medication, dosis cefadroxil monohydrate, berbeda-beda berdasarkan kondisi dan jenis tubuh. Biasanya cefadroxil monohydrate, dikonsumsi 1-2 kali setiap hari. Untuk anak-anak, dosis obat ini disesuaikan dengan berat badan. Selalu ikuti petunjuk yang ada.

Usahakan, tidak melenceng dari resep dokter. Jangan kurang atau melebihi batas dosis yang diberikan. Agar efek dari obat ini bekerja, maka ada beberapa tips yang bisa diperhatikan sebelum memulai:

1. Tidak Perlu Makan

Sebelum meminum obat ini, jangan makan dulu. Jika setelah mengonsumsi perut terasa tak enak, maka bisa makan terlebih dahulu. Obat ini, dapat bekerja dengan baik di dalam perut kosong.

2. Minum dengan Teratur

Konsumsi cefadroxil monohydrate, dengan jeda waktu yang sama. Untuk lebih mudah, usahakan mengkonsumsi obat di jam yang sama setiap harinya. Agar obat dapat bekerja dengan lebih baik.

Artikel Terkait  Apa itu DNA dan RNA? Inilah Perbedaan Keduanya

3. Konsultasi ke Dokter

Konsultasikan ke dokter, jika kamu mau berhenti mengkonsumsi obat ini. Usahakan, menghabiskan seluruh dosis yang diberikan, meski kamu merasa infeksi yang kamu rasakan sudah sembuh.

4. Cara Penyimpanan

Cefadroxil monohydrate, tidak bisa disimpan sembarangan. Jenis obat ini, berbentuk tablet, simpan di suhu ruangan. Jauhkan dari panas dan udara yang terlalu lembab. Untuk jenis cair, simpan dalam kulkas.

5. Cara Mengkonsumsi

Cara mengkonsumsi cefadroxil monohydrate jenis cair, adalah:

  1. Kocok botol obat terlebih dahulu sebelum diminum.
  2. Gunakan sendok khusus yang telah disediakan di kemasan obat sebagai penunjuk takaran.
  3. Jangan gunakan sendok sendiri, karena dosisnya bisa saja salah.

Efek Samping dari Cefadroxil Monohydrate

Efek samping, dari obat ini, adalah:

  1. Sakit perut yang hebat
  2. BAB cair dan berdarah, meskipun baru terjadi beberapa bulan setelah mulai mengkonsumsi ini.
  3. Demam dan sering merasa menggigil.
  4. Gejala flu
  5. Kulit pucat
  6. Mudah memar
  7. Kejang-kejang
  8. Tubuh sering merasa lemah.
  9. Warna urin gelap.
  10. Mata atau kulit terlihat lebih kuning
  11. Masalah pada ginjal
  12. Tidak bisa buang air kecil dengan baik.
  13. Pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki.
  14. Napas terasa pendek
  15. Rasa gatal di area kemaluan
  16. Mual dan muntah
  17. Otot terasa kaku dan sakit
  18. Ada rasa aneh di lidah

Jika kamu merasakan beberapa gejala di atas, baik langsung maupun setelah beberapa saat mengkonsumsi obat ini, maka segera konsultasi ke dokter. Jangan dibiarkan begitu saja karena terdapat efek samping yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Itulah, penjelasan mengenai obat Cefadroxil Monohydrate, mulai dari dosis, penggunaan, jenis, dan risiko dari penggunaan obat. Semoga bermanfaat.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar