Perbedaan Kabel UTP dan STP, Ketahui Agar Tak Salah Pilih

Ketika membahas jaringan komputer, memilih jenis kabel menjadi sangat penting untuk menjamin kinerja dan keamanan sinyal data. Dua opsi umum yang sering dipertimbangkan dalam konteks ini adalah UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair). Meskipun keduanya menggunakan prinsip pasangan kawat yang dililit bersama, terdapat perbedaan penting dalam hal konstruksi dan aplikasi. Mari kita bahas perbedaan mendasar antara kabel UTP dan STP.

Perbedaan kabel UTP dan STP

Simak kabel UTP dan STP berikut ini agar tidak salah dalam membedakan dan memilih kabel. Karena bagi orang awam tentu akan kesulitan untuk membedakan kedua jenis kabel tersebut.

Perlindungan (Shielding):

  • UTP (Unshielded Twisted Pair): Sesuai dengan namanya, UTP tidak dilengkapi dengan lapisan pelindung ekstra di sekitar pasangan kawat. Keamanan sinyal pada kabel ini sepenuhnya bergantung pada pemisahan dan perlilitan pasangan kawat yang saling terkait.
  • STP (Shielded Twisted Pair): Berbeda dengan UTP, STP memiliki lapisan pelindung tambahan, biasanya berupa foli atau anyaman tembaga. Lapisan ini berfungsi untuk melindungi sinyal dari gangguan elektromagnetik eksternal dan membantu mencegah kebocoran sinyal.

Keberlanjutan Kinerja:

  • UTP: Kabel UTP umumnya memadai untuk penggunaan di rumah atau kantor yang tidak terlalu terpapar interferensi elektromagnetik. Meskipun tidak dilengkapi perlindungan tambahan, kabel UTP mampu memberikan kinerja baik dalam kondisi lingkungan yang terkendali.
  • STP: Dengan perlindungan tambahan, kabel STP dapat menangani lebih baik kondisi di lingkungan yang padat dengan peralatan listrik atau sumber interferensi elektromagnetik lainnya. Oleh karena itu, STP lebih sering digunakan dalam lingkungan industri atau proyek-proyek yang menuntut tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Biaya:

  • UTP: Secara umum, kabel UTP lebih ekonomis dan mudah ditemukan. Ketersediaan yang melimpah membuatnya menjadi pilihan populer untuk instalasi jaringan yang lebih kecil atau di lingkungan yang relatif minim interferensi.
  • STP: Kabel STP biasanya lebih mahal karena tambahan lapisan pelindung. Namun, biaya ekstra ini sebanding dengan keamanan yang lebih tinggi yang ditawarkannya.
Artikel Terkait  Misteri Peta Piri Reis: Gambar Dataran Antartika

Fleksibilitas dan Pemasangan:

  • UTP: Kabel UTP lebih fleksibel dan mudah dipasang. Pasangan kawat yang tidak dilapisi pelindung membuatnya mudah dibengkokkan dan disesuaikan dengan berbagai kondisi pemasangan.
  • STP: Meskipun kurang fleksibel dibandingkan UTP, kabel STP tetap dapat dipasang dengan relatif mudah. Namun, lapisan pelindung tambahan membuatnya sedikit lebih kaku.

Aplikasi Umum:

  • UTP: Dengan kelebihannya dalam hal biaya dan fleksibilitas, kabel UTP umumnya digunakan dalam jaringan lokal di kantor, rumah, dan sebagian besar instalasi jaringan kecil hingga menengah.
  • STP: Kabel STP lebih umum digunakan di lingkungan industri atau bisnis di mana interferensi elektromagnetik dapat menjadi masalah serius, terutama di sekitar peralatan berat atau dalam instalasi jaringan yang lebih besar.

Itulah beberapa perbedaanĀ  antara kabel UTP dan STP yang sebaiknya Anda pahami agar tidak salah pilih. Karena dalam memilih jenis kabel menjadi bagian yang sangat penting untuk menjamin kinerja dan keamanan sinyal data. Apabila salah memilih, bisa jadi justru bisa menimbulkan permasalahan.

Penjelasan terkait perbedaan antara kabel UTP dan STP di atas, juga bisa Anda jadikan referensi apabila kebingungan untuk memilih kabel mana yang sebaiknya dipilih.

Dengan memahami perbedaan antara kabel UTP dan STP, pengguna dapat membuat keputusan yang lebih informatif saat memilih jenis kabel yang sesuai untuk kebutuhan jaringan mereka. Keputusan ini dapat mempengaruhi kinerja, keamanan, dan biaya instalasi jaringan secara keseluruhan. ***

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar