Contoh Paragraf Campuran

Paragraf campuran, adalah salah satu materi yang ada di pelajaran Bahasa Indonesia, dan hal yang paling dasar kita pelajari, adalah paragraf. Tahu tidak? paragraf adalah satu di antara aspek yang dipelajari, dengan banyak jenis-jenis paragraf yang diajarkan.

Salah satu jenis paragraf yang perlu diketahui, adalah paragraf campuran. Paragraf ini, sering disebut sebagai paragraf deduktif-induktif. Paragraf deduktif-induktif, adalah paragraf yang topik kalimatnya terdapat di awal dan akhir.

Berikut, adalah contoh dari paragraf campuran:

1. Contoh Paragraf Campuran 1

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tingginya kolesterol merupakan faktor risiko yang paling besar yang menyebabkan seseorang terserang penyakit jantung koroner. Hampir 80 persen penderita jantung koroner di Eropa disebabkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Bahkan, di Amerika, hampir 90 persen penderita jantung koroner disebabkan penderita makan makanan yang berkadar kolesterol tinggi. Begitu juga di Asia, sebagian besar penderita jantung koroner disebabkan oleh pola makan yang banyak mengandung kolesterol. Dengan demikian, kolesterol merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner.

2. Contoh Paragraf Campuran 2

Permainan sepak bola menuntut seorang pemain memiliki kemampuan teknik dasar yang baik. Teknik dasar ini merupakan dasar yang harus dimiliki pemain agar dapat mengembangkan kemampuan dan keahliannya lebih lanjut. Penguasaan teknik dasar yang baik akan memberikan suguhan permainan sepak bola yang menarik. Jadi, teknik dasar yang baik perlu dikuasai dan diterapkan seorang pemain dalam permainan sepak bola.

3. Contoh Paragraf Campuran 3

Hutan memiliki manfaat yang luar biasa bagi kita. Di hutan tumbuh bermacam-macam tumbuhan yang dapat mencegah banjir, erosi, dan tanah longsor. Hewan-hewan juga dapat hidup bebas di hutan, kita juga dapat memanfaatkan hutan sebagai tempat wisata. Hutan memang seharusnya dijaga karena bermanfaat bagi kehidupan kita.

Artikel Terkait  Perbedaan Tahun Jawa dan Tahun Hijriah

4. Contoh Paragraf Campuran 4

Gangguan pada telinga yang disebut microtia ternyata dapat terjadi sejak dalam kandungan. Microtia adalah keadaan atau bentuk daun telinga yang lebih kecil dari bentuk normal. Kasus ini biasanya terjadi karena adanya faktor genetik. Microtia dapat disebabkan oleh obat-obatan atau faktor rubella yang terjadi pada sang ibu. Hal ini pun mengakibatkan pembentukan telinga pada janin tidak sempurna. Dengan demikian, kemungkinan seseorang mengalami microtia dapat terjadi sejak di dalam kandungan.

5. Contoh Paragraf Campuran 5

Jeruk nipis ternyata memiliki beragam manfaat. Jeruk nipis dapat digunakan untuk mengobati batuk secara alami. Jeruk nipis juga dapat dijadikan minuman untuk menyegarkan tenggorokan. Selain itu, dapat juga dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Jadi, ternyata jeruk nipis memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia.

6. Contoh Paragraf Campuran 6

Para ibu di Indonesia memanfaatkan tanaman herbal untuk meningkatkan produksi ASI. Adapun istilah dalam pemanfaatan tanaman herbal untuk menyusui disebut laktagogue. Di Indonesia banyak sekali tanaman herbal yang memiliki manfaat untuk meningkatkan volume ASI, di antaranya daun kelor, kacang-kacangan, daun katuk, dan berbagai jenis tanaman lainnya. Tanaman-tanaman herbal tersebut juga sudah terbukti oleh para ahli dapat meningkatkan kadar prolaktin, oksitosin, dan juga bisa mendorong bertambahnya berat badan pada bayi. Oleh karena itu, banyak dari ibu di Indonesia yang lebih memanfaatkan tanaman herbal untuk memperbanyak volume ASI mereka.

7. Contoh Paragraf Campuran 7

Kegiatan belajar kini tidak hanya dilakukan di dalam kelas. Proses pembelajaran kini bisa dilakukan secara online. Sejumlah situs menyediakan program pembelajaran online, mulai dari yang berbayar hingga ada yang gratis. Kebebasan memilih mata pelajaran, serta kegiatan belajar yang bisa dilakukan kapan pun adalah kelebihan dari sistem pembelajaran online ini. Kini, kegiatan belajar pun bisa dilakukan secara online.

Artikel Terkait  Sejarah Teori atau Konsep Bumi Datar

8. Contoh Paragraf Campuran 8

Membuang sampah sembarangan bisa menyebabkan pencemaran lingkungan. Lingkungan yang tercemar bisa menimbulkan berbagai bibit penyakit yang membahayakan. Selain itu, sampah bisa menyumbat aliran sungai yang menyebabkan banjir saat musim hujan tiba. Banjir yang melanda hingga pemukiman menjadikan lingkungan semakin kotor. Oleh karena itu, agar kebersihan lingkungan tetap terjaga perlu membuang sampah di tempat yang sudah disediakan.

9. Contoh Paragraf Campuran 9

Ada banyak tips yang bisa dilakukan untuk lulus SBMPTN. Pertama, cari tahu materi-materi yang sering keluar di SBMPTN. Kedua, sering-seringlah latihan soal SBMPTN dari tahun sebelumnya. Ketiga, jangan malas untuk ikut les atau penambahan materi. Tips-tips lulus SBMPTN tersebut harus dilakukan dengan niat dan kemauan yang kuat supaya bisa lulus.

10. Contoh Paragraf Campuran 10

Menerapkan pola hidup sehat sangat penting bagi setiap orang. Banyak cara untuk mewujudkan pola hidup sehat seperti makan tepat waktu, tidur yang cukup, mandi teratur, rajin cuci tangan, dan sebagainya. Dengan menjaga perilaku kita untuk tetap hidup sehat akan membuat hidup kita makin teratur dan tertata. Dengan demikian agar keteraturan dan produktivitas hidup terjaga, sangat penting menjaga pola hidup sehat.

Itulah, contoh paragraf campuran yang bisa dipelajari. Semoga bermanfaat.

 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar