Fungsi Fakta dalam Teks Eksplanasi

Fakta, sangat penting dalam teks eksplanasi. Kemudian, teks eksplanasi sendiri, adalah teks yang berisi penjelasan tentang bagaimana hal itu terjadi. Fungsi fakta, dalam teks eksplanasi menjadi unsur utama dalam penulisan teks.

Teks tersebut, nantinya menjelaskan sesuatu yang terjadi. Fungsi fakta, dalam teks eksplanasi, adalah teks yang berisi tentang kebenaran dari sesuatu yang dijelaskan. Adanya fakta, dalam teks eksplanasi juga membangun kepercayaan pada pembaca.

Arti Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah teks yang bersifat menerangkan atau menjelaskan, pernyataan atau fakta yang menjelaskan. Teks eksplanasi menceritakan bagaimana atau mengapa sesuatu itu terjadi, dan eksplanasi adalah bentuk dari teks yang menyajikan serangkaian peristiwa.

Dari teks eksplanasi, pembaca akan diberitahu bagaimana sesuatu bekerja atau mengapa sesuatu terjadi. Teks ini berisi penjelasan yang rinci dan logis menggambarkan tahapan dalam suatu proses. Teks ini, lebih ke teks yang berisi proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam.

Selain itu, juga fenomena sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lain-lain. Tujuan dari teks eksplanasi, adalah untuk memberitahu setiap langkah proses (bagaimana) dan memberi alasan (mengapa). Tujuan dari teks ini menjelaskan fenomena yang terjadi di dunia.

Tujuan Teks Eksplanasi

Tujuan laim dari teks ini, adalah membantu pembaca dalam memahami dunia, dan memungkinkan mendapat atau menyimpan pengetahuan akan hal ini untuk masa depan. Teks eksplanasi, banyak ditemukan dalam sebuah penelitian, dimana penulis menggunakan informasi sebagai penjelas masalah.

Fakta sendiri, adalah pernyataan yang dibuktikan, ditunjukkan dengan benar, atau salah tanpa keraguan, dibuktikan dengan beberapa bukti yang tak terbantahkan, mulai dari pengukuran atau pengamatan. Fakta, lebih ke pengamatan yang tak terbantahkan dari fenomena alam atau sosial.

Artikel Terkait  Pengertian dan Contoh Perubahan Sosial Budaya Pada Kehidupan Sehari-hari

Pada dasarnya, fakta adalah sesuatu yang ada, atau hadir dalam kenyataan. Fakta sendiri, adalah informasi yang tidak bisa didebat lagi (valid/fix). Terbukti fagta atau tidak, bisa dilihat dari pengalaman yang ada.

Fungsi Fakta

Fungsi fakta, dalam teks eksplanasi bisa dibilang sangat penting, karena setiap peristiwa diceritakan dalam teks eksplanasi harus dilengkapi dengan fakta. Fungsi fakta dalam teks eksplanasi, lebih membantu pembaca agar mengerti apa yang dijelaskan dalam teks.

Teks eksplanasi, bisa dibilang sebagai serangkaian fakta yang menjelaskan penyebab, konteks, dan konsekuensi dari fakta-fakta tersebut. Teks eksplanasi, jika tidak dilengkapi fakta akan menurunkan kualitas.

Fungsi fakta dalam teks eksplanasi adalah penguat dari keaslian atau kebenaran pesan yang disampaikan pada teks. Fakta menjadi penjelas tentang sebab akibat dalam teks eksplanasi. Ada tiga struktur utama dalam teks eksplanasi, meliputi pernyataan umum, deretan penjelasan, dan kesimpulan.

Fungsi Fakta yang Lain

Fungsi fakta yang lain, adalah:

1. Menguatkan kebenaran

Adanya fakta dalam teks eksplanasi, lebih ke menguatkan atau memperjelas kebenaran yang disampaikan dalam teks. Keberadaan fakta, meyakinkan para pembaca, akan kebenaran informasi yang ada, lebih ke fakta kebenaran.

2. Menjelaskan akibat terjadinya suatu peristiwa

Fakta, menjadi penjelas dari sebab-akibat peristiwa atau kejadian yang dijelaskan dalam teks eksplanasi. Hal ini, sesuai dengan tujuan dibuatnya teks eksplanasi. Lebih ke menjelaskan proses terjadinya suatu peristiwa dengan rinci, dan menunjukkan fakta-fakta terkait peristiwa tersebut.

Ciri-Ciri dan Contoh Teks Eksplanasi

Ciri-ciri, dari adanya teks eksplanasi, adalah:

1. Informasi yang dimuat berdasarkan fakta

Informasi yang ada dalam teks eksplanasi, lebih ke sifat benar adanya, sesuai dengan kenyataan yang ada (faktual). Hal ini, bukan berdasarkan opini penulis semata.

Artikel Terkait  Bernalar Kritis, Salah Satu Dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila

2. Bersifat ilmiah

Karena teks eksplanasi ada unsur faktanya, maka yang dibahas pasti suatu fenomena yang bersifat keilmuan, dan berhubungan dengan ilmu pengetahuan.

3. Bersifat informatif

Teks eksplanasi, lebih ke informasi mengenai objek atau fenomena yang diberikan kepada orang lain atau pembaca. Sehingga, bersifat informatif.

4. Menggunakan kata penanda urutan

Jadi, menggunakan kata penanda urutan atau sequence markers, lebih ke kata pertama, kedua, ketiga, selanjutnya, terakhir, dan sebagainya.

 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar