Fungsi Jasa Pendaftaran Merek

Pendaftaran merek penting dilaksanakan untuk melindungi merek usaha Anda. Ini dilaksanakan untuk mencegah merek supaya tidak dapat digunakan oleh sembarangan orang. Anda tentu tidak ingin merek yang telah dibuat lama dan susah payah, mendadak diambil oleh seseorang begitu saja. Maka dari itu, perlu pahami apa faedah pendaftaran merek untuk usaha.

Sebagai pebisnis pemula, cara awal yang perlu dikerjakan ialah mengembangkan merek. Peranan merek dagang yang paling penting sebagai tanda pengenal dan alat promo. Merek yang dibranding mempunyai kualitas bagus tentu lebih gampang dipercayai oleh customer.

Keuntungan Menggunakan Jasa Pendaftaran Merek

Berikut sejumlah Keuntungan pendaftaran merek lewat jasa pendaftaran merek:

Memperoleh Pelindungan

Sebuah merek baru dapat mendapatkan pelindungan secara hukum setelah didaftarkan dan mendapat sertifikat dari Menteri Hukum dan HAM. Itu berarti, selama merek belum didaftarkan maka berstatus umum dan tidak mendapatkan pelindungan.

Semuanya orang dapat bebas memakainya dan pemilik asli tidak dapat menuntut secara hukum jika terjadi pencurian. Mekanisme semacam ini dikenali dengan istilah konstitutif. Situasinya berbeda saat Anda telah mendaftar sebuah merek.

Negara akan memberikan hak khusus ke pemilik dan membuat perlindungan secara penuh untuk sepuluh tahun ke depan semenjak tanggal penerimaan. Kemudian, pendaftaran merek perlu diperpanjang.

Ini telah diputuskan oleh UU No. 19 Tahun 1992, UU No. 14 Tahun 1998 dan UU No. 15 Tahun 2001.

Pada prosedur pendaftaran konstitutif, konsep yang berjalan untuk penerimaan merek adalah siapa cepat ia dapat (first to file). Siapa saja pihak yang mendaftarkan terlebih dulu maka diterima registrasinya. Maksudnya ialah menghindari pendomplengan, pemalsuan dan kemiripan dengan punya pihak lain.

Mempunyai Identitas Produk

Faedah daftar merek selanjutnya adalah membuat usaha Anda mempunyai identitas. Sama seperti yang telah diterangkan pada UU Nomor 20 Tahun 2016 berkenaan Merek dan Tanda-tanda Geografis.

Artikel Terkait  Mau Jadi importir Barang dari China? Tenang ada YOYBUY

Menurut UU itu, merek adalah tanda yang dapat diperlihatkan secara grafis berbentuk simbol, gambar, angka, nama, huruf, formasi warna dan kata. Baik berbentuk suara, 2 atau 3 dimensi, hologram atau gabungan dua elemen ataupun lebih sebagai pembanding sebuah produk dan jasa.

fungsi jasa pendaftaran merek dagang

Saat ini, tiap produk atau layanan baru yang Anda luncurkan mempunyai identitas. Identitas itu tergantung pada siasat branding dalam masyarakat. Apa Anda mengenalkan merek sebagai produsen yang harganya murah, memprioritaskan kualitas atau banyak memberi bonus.

Pembanding dengan Produk Lain

Saat ini coba Anda pikirkan apa yang terbesit di pikiran saat lihat merek Xiaomi, Apple, ROG dan Samsung? Tiap merek tentu mempunyai daya magnet tertentu di pikiran pembeli. Tidakkah Anda pun ingin mempunyai merek usaha yang terkenal oleh warga dengan karakter tertentu. Oleh karena itu, semenjak awalnya menekuni usaha penting pikirkan untuk mendaftarkan merek.

Mendapat Hak Khusus

Sesudah sukses mendaftar merek, saat ini merek usaha Anda diproteksi seutuhnya oleh UU Merek dan Indikasi Geografis. Tidak ada pihak yang dapat memakai nama merek secara asal-asalan dan Anda dapat menuntut secara hukum jika terjadi pencurian. Jika Anda memperbolehkan merek usaha dipakai oleh pihak lain, maka dilakukan dengan memberikan izin resmi.

Rasakan Nilai Ekonomis

Merek yang sukses melaksanakan branding secara baik umumnya mempunyai basis customer besar serta lebih gampang diterima orang setiap melaunching produk baru. Pada umumnya, produk yang tidak mempunyai merek atau identitas umumnya kurang dipercayai oleh calon pembeli.

Pembahasan berkenaan faedah pendaftaran merek di atas dapat memperlihatkan beragam keuntungan yang akan didapat dengan mendaftar merek yang pada akhirnya berpengaruh positif pada usaha yang dilakukan. Supaya merek anda terlindung segera hubungi jasa pendaftaran merek https://daftarmerekdagang.com/

Tinggalkan komentar