Mengenal Jenis dan Manfaat Pupuk Organik Cair

Pupuk organik cair adalah salah satu jenis pupuk yang banyak digunakan dalam industri pertanian guna mendukung perkembangan tanaman. Jika kita rutin memberikan pupuk pada tanaman, dapat meningkatkan dan mempercepat pertumbuhan serta perkembangan tanaman yang kamu budayakan, Selain itu dapat meningkatkan dan mempercepat hasil produksi tanaman. 

Kesuburan tanaman yang kita budayakan akan meningkat, lebih tahan dengan berbagai hama yang menyerang.

Mengutip dari Wikipedia, Pupuk organik adalah pupuk yang tersusun dari materi makhluk hidup, seperti pelapukan sisa- sisa tanaman, hewan, dan manusia.

Kenapa pupuk sangat dibutuhkan tumbuhan?

Pemberian pupuk yang sesuai dan rutin dapat meningkatkan dan mempercepat hasil produksi tanaman. 

Pemberian pupuk akan meresap pada tanah dan akar tanah, membuat tumbuhan pada media tanam tersebut dapat kembali tumbuh secara subur karena kadar unsur hara yang meningkat.

Dalam memelihara tanaman hunian tidak mudah ya, Kamu harus memiliki informasi terkait metode pemeliharaan serta perawatan dari tanaman tertentu.

Bagaimana asupan terbaiknya, Hingga penempatan tanaman pada ruangan yang tepat. Hal tersebut diharapkan tanaman akan tumbuh sehat dan subur. Manfaat pupuk yaitu bukan hanya sekedar membuat tanaman subur lho!

Kira- kira pupuk apa sih yang baik untuk semua jenis tanaman? Apa sajakah ragam manfaat pupuk tanaman itu sendiri? 

Nutrisi dan zat yang terkandung di dalam pupuk sebenarnya memiliki beberapa fungsi yang tidak kalah penting bagi tanaman.

Manfaat Pupuk Bagi Tanaman

Pupuk tanaman selalu tersedia sebagai salah satu hal yang tidak pernah terlupakan dalam budidaya tanaman maupun pertanian. Nah tidak perlu berlama – lama lagi yuk, simak beberapa manfaat pupuk bagi tanaman di bawah ini!

Merangsang pertumbuhan bagian dalam tanaman

Pupuk sendiri memiliki banyak kandungan unsur hara yang terbukti baik untuk tanah. Mulai dari jenisnya yang beragam hingga bentuknya yang bervariasi mampu membuat tanaman hidup dengan baik.

Jenis pupuk umum diantaranya terbagi atas dua jenis yaitu pupuk organik dan pupuk berbahan kimia dengan bentuk yang bervariasi yaitu cair maupun padat. 

Fungsi pupuk merangsang pertumbuhan bagian dalam tanaman sangat jelas terlihat dalam prosesnya, Mulai dari pertumbuhan tanaman seperti daun, batang, bunga, hingga akar akan terlihat rimbun dengan penggunaan pupuk.

Selain kesehatannya yang sudah terjamin, tentu tanaman akan cepat tumbuh dan menghasilkan produksi yang cepat.

Mempercepat hasil produksi tanaman

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, dengan rangsangan tepat pada penggunaan pupuk, bagian- bagian dalam tanaman akan tumbuh subur dan lebat. Hal ini berdampak pada produktivitas tanaman. 

Apalagi untuk sebagian orang melakukan budidaya tanaman untuk dijual dan dijadikan mata pencaharian. Hal itu tentunya akan berdampak baik.

Salah satunya pupuk organik, sudah terbukti meningkatkan produktivitas tinggi dalam bidang pertanian baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.

Inilah mengapa bahan makanan terbaik bisa sampai ketangan kita dan aman dikonsumsi oleh manusia.

Menyingkirkan hama dan penyakit dalam tanaman

Bila pecinta tanaman sudah melakukan pemupukan secara benar dan rutin maka sudah menerapkan satu langkah membuat kekebalan tubuh pada tanaman meningkat.

Tanaman pun akan terhindar dari berbagai ragam penyakit hingga hama yang akan merusak tanaman. Kandungan Kalium pada pupuk, sebagai peningkat daya tahan tanaman membuatnya menjadi tumbuh segar dan menghasilkan warna yang cerah dan cantik. 

Inilah mengapa sayuran dengan warna yang segar menjadi sangat baik untuk dikonsumsi untuk kesehatan dan kebugaran seseorang.

Artikel Terkait  Perbedaan antara Manusia dengan Hewan. Perlu Kamu Ketahui.

Mengurangi pencemaran lingkungan

Di era sekarang semakin santer isu pencemaran lingkungan, dampaknya pun cukup meluas bagi lingkungan. Itulah mengapa , Penggunaan pupuk organik pada tanaman sangat dianjurkan, selain memberikan asupan yang baik bagi pertumbuhan tanaman juga menjaga kesuburan tanah.

Idealnya pupuk satu ini mengubah gas rumah kaca karbon dioksida menjadi bahan organik. Pupuk organik berasal dari tumbuhan yang sudah mati , limbah organik dan kotoran hewan ini dapat mengurangi tingkat pencemaran lingkungan. 

Untuk memanipulasi tanah

Dengan berbagai aktivitas manusia sering menimbulkan pencemaran yang kian meluas. Inilah faktanya di berbagai tempat, kandungan tanah didalamnya sudah tidak subur lagi, sudah tidak baik dan tidak disarankan untuk ditanami oleh beberapa tumbuhan.

Disinilah fungsi pupuk untuk memanipulasi tanah unsur hara didalamnya bereaksi. 

Contohnya seperti pupuk organik yang terbukti dapat meningkatkan ekosistem tanah dengan memperbaiki nilai retensi dalam tanah sekaligus strukturnya. 

Area disekitar tanaman akan menjadi lebih baik dan membantu pertumbuhannya secara maksimal.

Membantu tanah menyerap air dengan mudah

Kegunaan pupuk selanjutnya adalah membantu tanah untuk menyerap air dengan mudah. 

Pupuk membantu memaksimalkan penyerapan air. Hal ini dikarenakan tanaman memerlukan salah satu unsur hara makro yang dibutuhkan tanah. 

Unsur tersebut merupakan bagian dari Kalium yang ada dalam kandungan pupuk tanaman. 

Penyiraman secara teratur menjadi peran penting, kemudian dimaksimalkan dengan pemberian pupuk menjadi sangat baik bagi kesuburan tanaman.

Pengganti unsur hara yang hilang

Pupuk sudah tidak menjadi rahasia umum lagi menjadi salah satu zat terpenting yang tidak lupa digunakan. Hal ini dikarenakan pupuk mengganti unsur hara pada tanah yang sudah hilang. 

Manfaat unsur hara pada tanah itu memiliki peran penting bagi tanaman yang hidup di atasnya. Sebagai proses oksidasi, membantu mengatur kadar asam hingga pelengkap penyusun jaringan pada tanaman.

Mencegah degradasi Lahan

Apakah yang dimaksud dengan degradasi lahan? Degradasi lahan merupakan suatu kondisi dimana suatu lingkungan mengalami kerusakan akibat aktivitas dari manusia pada suatu lahan tertentu.

Lahan yang sudah rusak gersang dan kering pastinya sudah tidak sehat dan cocok untuk ditanami lagi. 

Faktor penyebab bisa dari tangan manusia dan berdampak cukup besar pada produktivitas dari tanaman. Seperti halnya pekerjaan penambangan, industrial hingga aktivitas lain yang berhubungan dengan komersial.

Diperkirakan sudah hampir 40% lahan di dunia ini sudah terdegradasi lho! Yuk mulai sayangi lingkungan kita dengan melakukan reboisasi dan rutin memberikan pupuk pada tanaman.

Memperbaiki kekurangan nutrisi bagi tanaman

Seperti halnya manusia ya, Tanaman pun memerlukan gizi yang cukup untuk kesehatan dan pertumbuhan. Kegunaan daripada pupuk ini sebagai tambahan nutrisi bagi tumbuhan memang sudah tidak diragukan lagi.

Salah satunya adalah jenis pupuk yang mengandung nitrogen didalamnya yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Pupuk tersebut mampu memperbaiki, menutrisi kekurangan gizi nutrisi tambahan baik pada tumbuhan

Sering melihat tanaman tidak berkembang, daunnya pun cepat menguning? Nah itulah beberapa ciri- ciri tanaman kurang asupan nitrogen.

Mengoptimalkan pertumbuhan tanaman dalam waktu singkat.

Untuk yang senang berkebun, menggeluti bidang pertanian, hobi tanam menanam rasanya kurang lengkap ya kalau belum di pupuk. Mengapa bisa begitu? Karena fungsi pupuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan tanaman dalam waktu singkat.

Artikel Terkait  Perbedaan Kabupaten dan Kota. Apa Saja?

Inilah mengapa pupuk dapat membantu produktivitas tanaman dengan menambah unsur hara didalam tanah. Bisa menggunakan untuk tanaman sayur- mayur maupun buah- buahan. 

Keunikan Pupuk Organik Cair

cara membuat pupuk organik cair

Bentuk pupuk terdiri dari pupuk padat dan pupuk cair. Pupuk Organik Cair (POC) adalah pupuk yang tersedia dalam bentuk cair. 

POC dapat diartikan sebagai pupuk yang dibuat secara alami melalui proses fermentasi, sehingga menghasilkan larutan hasil pembusukan dari sisa tanaman, maupun kotoran hewan atau manusia.

Fungsi Pupuk Organik Cair

  • Dapat merangsang pertumbuhan tunas baru serta sel- sel tanaman 
  • Memperbaiki sistem jaringan sel dan memperbaiki sel- sel yang rusak
  • Memperbaiki sel klorofil pada daun
  • Merangsang pertumbuhan kuncup bunga
  • Memperkuat tangkai serbuk sari pada bunga

Apa saja yang termasuk bahan pupuk organik cair?

  • Kotoran kambing, kotoran sapi, sekam padi dan dedak
  • Limbah buah seperti jambu biji busuk, pepaya busuk, dan lain sebagainnya.

Alat yang dibutuhkan untuk membuat Pupuk Organik Cair

  • Alat Parang
  • Karung atau plastik tebal bekas
  • Ember atau wadah jerigen

Cara membuat Pupuk Organik Cair di Rumah

  • Siapkan Alat dan bahan – bahan terlebih dahulu
  • Bahan utama 1 kg batang pisang, 1 kg kotoran hewan, 1 kg  limbah sayur atau buah, 200 g gula merah, EM4 15- 20 ml, air secukupnya.
  • Iris atau haluskan gula merah, lalu masukkan kedalam ember 
  • Tambahkan Air sebanyak 3 Liter dan tambahkan EM4 15- 20 ml kedalam air. Aduk hingga kedua bahan tersebut larut dan merata. Tunggu hingga 30 menit.
  • Rajang atau potong hingga halus batang pisang dan limbah sayuran dan buah.
  • Campurkan limbah sayur dan kotoran hewan di atas karung. Campurkan bahan- bahan tersebut dimasukan pada jerigen seluruhnya.
  • Masukkan air kedalam jerigen yang sudah berisi bahan baku pupuk hingga bahan baku cukup tergenang. Pastikan bahan dalam jerigen tercampur dengan rata.
  • Memasukkan larutan gula dan EM4 ke dalam jerigen sembari menutup rapat jerigen.
  • Simpan jerigen ditempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung
  • Simpan selama minimal 14 hari. Pastikan membuka jaringan jerigen sekali sehari selama beberapa detik agar gas yang dihasilkan keluar.
  • Jika sudah matang, POC akan berbau seperti bau tape.
  • Pisahkan antara cairan dengan ampasnya dengan cara menyaringnya. Gunakan saringan kain. Ampas adonan bisa digunakan sebagai pupuk organik padat.
  • Masukkan cairan yang telah melewati penyaringan pada botol plastik atau kaca, tutup rapat.Pupuk organik cair telah jadi dan siap digunakan. Apabila dikemas baik, pupuk bisa digunakan sampai 6 bulan.
  •  POC siap digunakan.

Secara sederhana bisa dikatakan, untuk membuat pupuk perangsang daun gunakan sumber bahan organik dari jenis daun-daunan. 

Sedangkan untuk membuat pupuk perangsang buah gunakan bahan organik dari sisa limbah buah seperti sekam padi atau kulit buah-buahan.

Pemberian pupuk Organik cair ini sebaiknya bisa dilakukan dua minggu sekali untuk pupuk tabur. Sedangkan pupuk Organik cair bisa diberikan dalam kurun waktu seminggu sekali.

Jangan terlalu sering memberikan pupuk ya, entah itu cair maupun padat, justru akan membuat tanaman cepat rusak hingga mati.

Meskipun bekerja secara bertahap, kurang efektif dalam pertanian skala besar dan kurang diminati namun pupuk organik cair membuat tanah lebih subur, kaya nutrisi, dan lebih aman untuk lingkungan dalam jangka panjang.

Artikel Terkait  Perbedaan Pegunungan dan Gunung

Kini para pecinta tanaman jangan khawatir selain membuat sendiri dirumah dengan alat dan bahan yang tersedia, agar lebih efektif dan tidak kesulitan membuatnya. Ada banyak produk pupuk organik siap pakai yang tersedia di pasaran, bahkan untuk yang berbentuk cair mudah digunakan.

Rekomendasi Jenis Pupuk Organik Cair untuk Tanaman

Jika Anda tertarik, berikut beberapa rekomendasi produk pupuk organik cair yang terbaik untuk tanaman.

Multitonik Pupuk Organik Cair

Jika ingin tanaman hias bunga tidak mudah layu dan rontok, pupuk organik cair Multitonik ini bisa menjadi pilihan terbaik. Produk ini memiliki kandungan khusus sebagai pupuk tanaman hias berbunga seperti anggrek, mawar, krisan dan adenium.

Secara umum kegunaannya untuk merangsang pertumbuhan tanaman, menyuburkan tanah, dan tanaman hias. Satu botol produk ini berisi 300 ml dengan harga Rp 19.000.

Orient Orchid Fertilizer

Produk ini dapat membantu merangsang salah satunya tunas daun dan bunga, Apalagi khususnya bagi pemilik tanaman hias bunga anggrek.

Merawat tanaman ini memerlukan perhatian khusus ya! Cara menggunakan pupuk ini pun cukup simple, Semprotkan pupuk cair ke bunga anggrek setiap hari sedikit – sedikit. Satu botol produk ini berisi 300 ml dengan harga Rp 19.000.

Songgo langit persada EM4 pertanian

Pupuk cair jenis Songgo langit persada EM4 biasanya digunakan untuk membantu dalam pembuatan kompos, seperti yang sudah dipaparkan tadi. 

songgo langit persada em4

Pupuk ini berfokus untuk Membantu dalam menyuburkan tanah, Pupuk yang lebih dikenal dengan sebutan pupuk bokashi. Isinya mengandung bakteri fermentasi yang dapat memecah bahan- bahan organik di dalam tanah.

Jika unsur hara di tanah sudah terpecah, tanah akan menjadi lebih subur dan bisa menyediakan makanan untuk tanaman. Untuk 1 liter botol EM4 harganya sekitar Rp. 27.600,-  

Nasa pupuk Organik POC

Memelihara tanaman hias sekaligus ikan dalam kolam, sama saja sambil menyelam minum air ya! Hehe 

Nah produk dari Nasa ini cocok digunakan sebagai pupuk cair. Tidak hanya mampu menutrisi tanaman namun juga bisa digunakan untuk perikanan.

Anda bisa mencampurkan pupuk cair jenis ini pada pakan peliharaan. Satu botol ini tersedia ukuran 50 ml dengan harga Rp. 39.000,-

GDM pupuk Organik Cair

Ada banyak ragam POC GDM ini. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan sesuai dengan jenis tanaman yang Anda miliki.

Khasiatnya pun cukup mumpuni yaitu memperkuat akar, mengeluarkan warna asli bunga, dan memberikan daya tahan.

Pupuk jenis ini dilengkapi dengan berbagai bakteri bermanfaat. Kemasannya pun variatif yakni 1 L, 2 L, dan 5 L. Harganya mulai dari Rp. 100.000,- hingga Rp. 350.000,-

Nah itulah beberapa manfaat dan juga jenis pupuk organik cair yang memberikan pengaruh untuk para pembudidaya tanaman. Menggunakan pupuk organik bisa padat maupun cair, pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan efektivitas.

Menggunakan pupuk organik jelas berbahan dasar alami sehingga bagus untuk kesuburan tanah, namun perlu berproses dan bertahap ya untuk jangka panjang.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar