Perbedaan Hak dan Kewajiban

Hak dan kewajiban merupakan pasangan yang berkaitan satu dengan lainnya, namun apa perbedaan hak dan kewajiban? Dalam kehidupan, di segala bidang hak dan kewajiban saling melekat dan beriringan. Dalam rumah tangga terdapat hak dan kewajiban untuk setiap anggota rumah tangga, mulai dari kepala keluarga, ibu, dan anak.

Pengertian Hak dan Kewajiban

Tentunya, meksipun berjalan beriringan, hak dan kewajiban adalah sesuatu yang berbeda. Untuk memahami perbedaan hak dan kewajiban kita perlu menelisik lebih dalam mengenai pengertian masing-masing kata tersebut.

Pengertian Hak adalah segala sesuatu yang seharusnya kita dapatkan. Sementara pengertian kewajiban adalah segala sesuatu yang seharusnya kita kerjakan. Disini ada kata kunci seharusnya, artinya, bisa jadi seseorang mendapatkan haknya, tetapi tidak melaksanakan kewajibannya. Atau berlaku sebaliknya. Idealnya, hak dan kewajiban dapat terpenuhi seutuhnya.

Pengertian Hak

Hak merupakan segala sesuatu yang dapat dimiliki, hak ini dapat bersifat universal. Sebagai contoh adalah hak asasi manusia. Dalam hak asasi manusia, setiap manusia berhak untuk memiliki

  • Hak untuk hidup
  • Hak untuk mendapat pengakuan
  • Hak tidak diperbudak
  • Hak untuk meraih kebebasan
  • Hak mendapatkan kesamaan perlakuan
  • Hak bebas dari diskriminasi segala bentuk penindasan
  • Hak untuk mengembangkan diri
  • Hak untuk memilih agama dan kepercayaan
  • Hak untuk memutuskan masa depan
  • Hak mendapatkan sandang, pangan dan papan
  • Hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak
  • Hak mendapatkan perlindungan hukum

Dan masih banyak lagi hak dasar manusia, selain hak asasi di atas, manusia juga memiliki hak bergantung pada status yang kita miliki. Sebagai seorang anak, kita mendapatkan hak untuk memperoleh sandang, pangan, papan dan pendidikan dari orang tua kita. Sebagai seorang pekerja kita memiliki hak untuk mendapatkan gaji.

Artikel Terkait  Pengertian Financial Planning

Kategori Hak

Berdasarkan sumbernya, manusia memiliki dua kategori jenis Hak. Yang pertama adalah hak legal dan yang kedua adalah hak moral

Hak Legal

Hak legal merupakan hak yang diatur dalam undang-undang maupun payung hukum yang diakui dalam suatu wilayah, misalnya negara. Hak ini diatur dalam undang-undang seperti hak tidak mendapatkan diskriminasi, hak mendapatkan pendidikan, dan hak mempertahankan kemerdekaan.

Hak Moral

Hak moral adalah hak yang didasarkan pada prinsip budaya, etika maupun norma yang berlaku dalam masyarakat. Setiap anak berhak mendapatkan perlakuan yang sama dengan saudara-saudaranya dalam lingkungan keluarga. Setiap anak berhak mendapatkan perlindungan dari anggota masyarakat lain jika mendapat kekerasan di lingkungan tempat tinggalnya.

Pengertian kewajiban

Sebagaimana hak, kewajiban adalah sesuatu yang juga melekat dalam diri manusia. Manusia memiliki kewajiban sebagai seorang individu, anggota keluarga, masyarakat, warga negara, pelajar, pekerja maupun sebagai pemeluk agama.

Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dikerjakan dan dituntaskan manusia dalam kehidupannya, sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap atribut yang dimilikinya. Seorang pelajar berkewajiban untuk belajar dan mengikuti pembelajaran dengan baik. Seorang pekerja wajib untuk bekerja dengan penuh dedikasi dan sesuai peraturan yang berlaku.

Kategori Kewajiban

Sebagaimana hak, kewajiban juga dibagi menjadi dua yakni kewajiban hukum serta kewajiban moral

Kewajiban Hukum

Merupakan bentuk tanggung jawab manusia sebagai subyek hukum suatu negara. Kewajiban tersebut umumnya diatur dalam peraturan perundang-undangan yang memuat tata cara pelaksanaan kewajiban dan sanksi bagi yang melanggar. Misalnya, kewajiban untuk mentaati peraturan lalu lintas.

Pelanggaran terhadap kewajiban hukum biasanya dikenakan sanksi baik denda maupun pidana.

Kewajiban Moral

Kewajiban moral merupakan bentuk tanggung jawab pribadi kepada masyarakat akan pemenuhan norma yang berlaku. Kewajiban normal ini biasanya tidak memiliki bentuk baku dalam bentuk peraturan seperti kewajiban hukum, meski demikian kewajiban ini bersifat mengikat dan berlaku sebagai kesepakatan bersama masyarakat.

Artikel Terkait  Perbedaan EYD dan PUEBI yang Wajib Anda Pahami

Sanksi bagi pelanggaran moral, biasanya dilakukan sebagaimana aturan adat istiadat atau kebiasaan yang berlaku pada komunitas masyarakat tersebut. Seorang warga yang enggan ikut bergotong royong biasanya akan mendapatkan sanksi pengucilan oleh anggota masyarakat lainnya.

Persamaan antara hak dan kewajiban adalah keduanya melekat pada manusia sepanjang hidupnya.

Perbedaan Hak dan Kewajiban

perbedaan hak dan kewajiban

Dari uraian di atas kita bisa memahami perbedaan antara hak dan kewajiban. Selain itu perbedaan hak dan kewajiban juga bisa diuraikan berdasarkan beberapa poin berikut

Perbedaan Hak dan Kewajiban Berdasarkan Fungsi

  • Hak berfungsi untuk didapatkan atau dimiliki oleh individu
  • Kewajiban berfungsi sebagai tanggung jawab individu untuk memenuhinya

Perbedaan Obyek Hak dan Kewajiban

  • Hak adalah segala sesuatu yang kita dapatkan dari pihak lain
  • Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus kita berikan kepada pihak lain

Perbedaan Hak & Kewajiban dari Segi Hukum

  • Hak dapat berpotensi untuk dipertahankan dan ditentang dalam pengadilan, misalnya dalam kasus persidangan perdata dan pidana
  • Kewajiban kita sebagai individu, warga negara, tidak dapat ditentang oleh pengadilan

Perbedaan Hak dan Kewajiban Sebagai Sebab Akibat

  • Hak dapat merupakan implikasi dari kewajiban yang kita tunaikan (gaji, penghargaan), atau merupakan sesuatu yang kita dapatkan secara langsung sebagai manusia (hak hidup, hak bebas dari diskriminasi).
  • Kewajiban yang tidak dilaksanakan dengan baik dapat menyebabkan menurunnya hak yang kita terima (pemotongan gaji).
  • Setiap pemenuhan kewajiban akan menghasilkan pemenuhan hak, sementara tidak semua pemenuhan hak berasal dari pemenuhan kewajiban

Semoga uraian di atas dapat menjelaskan perbedaan hak dan kewajiban agar lebih mudah untuk dipahami.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar