Pengertian Financial Planning

Kita pasti pernah mendengar istilah financial planning saat di dunia kerja maupun ketika menghasilkan uang sendiri. Meskipun begitu, masih banyak orang yang belum begitu paham sehingga banyak yang tidak menerapkannya. Padahal dengan financial planning ini, Anda bisa mencapai tujuan yang di impikan.

Melalui financial planning ini, Anda juga akan bisa membedakan kebutuhan yang harus didahulukan dan yang harus ditunda. Tentunya antara orang yang satu dengan yang lain memiliki financial planning yang berbeda. Lalu apa sebenarnya financial planning itu? Simak ulasannya dibawah ini.

Apa Itu Financial Planning?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai financial planing ini,ada baiknya Anda juga harus memahami arti dari financial planning tersebut.

Pengertian Financial planing adalah sebuah proses dari seseorang yang berusaha untuk memenuhi tujuan finansialnya lewat implementasi serta rencana keuangan yang sudah di buat.

Jadi dengan kata lain financial planning yaitu rencana yang dipakai dalam mengatur keuangan seseorang untuk memenuhi tujuan keuangannya. Itulah sebabnya financial planning sangat penting bagi kita.

pengertian financial planning adalah

Financial planning adalah rencana keuangan dalam jangka pendek maupun panjang yang dilakukan oleh setiap orang tanpa terkecuali. Jadi sepanjang manusia tersebut masih hidup maka rencana keuangan juga harus diatur sehingga antara pemasukan dan pengeluaran akan stabil.

Dan rencana keuangan ini juga tak hanya pada pemilik usaha saja. Manajemen keuangan yang baik ini juga harus dikuasai oleh pribadi khususnya bagi ibu rumah tangga yang bertugas mengelola keuangan keluarga.

Dalam penyusunan rencana keuangan tersebut sebaiknya disediakan dana darurat agar bisa menghadapi berbagai situasi.

Manfaat Financial Planning

Setelah mengetahui arti dari financial planning itu sendiri, Anda juga harus tahu mengenai manfaat dari financial planning yaitu :

Artikel Terkait  Perbedaan Hak dan Kewajiban

Memantau Kondisi Keuangan

Dengan menerapkan financial planning maka Anda juga akan terbantu dalam memantau keuangan. Anda jadi tahu apakah kondisi keuangan dalam keadaan sehat atau tidak.

Sehingga Anda juga jadi lebih mudah dalam melihat kondisi keuangan serta memantaunya dengan mudah. Untuk mengetahui kondisi keuangan Anda sedang buruk atau sehat maka bisa dilihat melalui kriteria berikut ini :

  • Setiap bulannya menabung minimal 20% pendapatan perbulan
  • Apabila memiliki hutang bulanan maka tak lebih dari 30% dari pendapatan bulanan
  • Memiliki dana darurat 6-12 kali pengeluaran bulanan
  • Menyisihkan sebesar 10% yang digunakan untuk perlindungan finansial, misalnya asuransi.

Membuat Anggaran

Selain manfaat diatas, manfaat lainnya yaitu dalam pembuatan anggaran. Melalui budgeting ini maka Anda bisa :

  • Anda akan lebih mengetahui selama ini uang mengalir kemana
  • Membatasi pengeluaran
  • Agar bisa mencapai tujuan keuangan maka Anda juga jadi lebih fokus dalam menabung
  • Mencatat keuangan, ini agar Anda bisa melacak baik pengeluaran maupun pemasukan.

Mencegah Utang

Saat Anda sudah membuat anggaran dan memantau kondisi keuangannya maka risiko utang kemungkinan akan lebih kecil. Karena Anda akan tahu bahwa kondisi keuangan yang Anda miliki sedang tidak sehat.

Dengan adanya pembuatan anggaran diatas, maka Anda juga bisa mengatasi ketidakseimbangan yang bisa saja disebabkan karena adanya hutang.

Membantu Menetapkan Asuransi yang Diperlukan

Jika finansial dasar yang Anda miliki sudah kokoh maka langkah berikutnya adalah mempunyai asuransi. Asuransi ini penting karena saat kondisi keuangan Anda sedang carut marut karena kondisi yang tak terduga maka diperlukan perlindungan finansial dari asuransi.

Perlunya asuransi tersebut untuk membantu Anda dalam membangun ulang kondisi finansial. Untuk perlindungan asuransi tersebut, biasanya yang dibutuhkan adalah 5-10 persen dari pengeluaran bulanan.

Artikel Terkait  Pengertian dan Contoh Perubahan Sosial Budaya Pada Kehidupan Sehari-hari

Itu dia pengertian dari financial planning dan beberapa manfaatnya dalam kehidupan kita. Semoga bermanfaat.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar