Perbedaan IELTS Academic dan General Training

IELTS (International English Language Testing System) adalah salah satu tes kemampuan bahasa Inggris paling populer di dunia. Tes ini digunakan untuk berbagai keperluan, seperti studi di luar negeri, imigrasi, dan pekerjaan di negara-negara berbahasa Inggris. Terdapat dua jenis utama dari tes IELTS: IELTS Academic dan IELTS General Training. Meskipun keduanya menilai kemampuan bahasa Inggris, ada perbedaan signifikan antara keduanya. Artikel ini akan membahas perbedaan komprehensif antara IELTS Academic dan General Training.

Bagi banyak orang, tes IELTS (International English Language Testing System) menjadi gerbang untuk membuka peluang pendidikan dan karir di negara-negara berbahasa Inggris. Namun, sebelum mendaftar tes, penting untuk memahami dua jenis tes IELTS yang tersedia: Academic dan General Training.

Perbedaan IELTS Academic dan General Training

Jika Anda ingin masuk universitas atau mengejar karir profesional di negara-negara berbahasa Inggris, IELTS Academic adalah pilihan yang tepat. Jika Anda ingin bermigrasi atau meningkatkan kemampuan bahasa Inggris untuk keperluan umum, IELTS General Training mungkin lebih sesuai.

Tips Tambahan:

  • Sebelum mendaftar tes, periksa persyaratan bahasa Inggris untuk program atau institusi yang Anda tuju.
  • Ikuti tes persiapan untuk mendapatkan gambaran tentang format dan tingkat kesulitan tes.
  • Gunakan sumber belajar yang terpercaya untuk membantu Anda mempersiapkan diri.

Kedua jenis tes IELTS bertujuan untuk menilai kemampuan bahasa Inggris Anda dalam empat aspek: Listening, Reading, Writing, dan Speaking. Namun, tingkat kesulitan dan fokus tes pada keempat aspek tersebut berbeda untuk masing-masing jenis tes.

1. Tujuan dan Penggunaan

IELTS Academic:

Dirancang untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris Anda untuk berhasil dalam lingkungan akademis. IELTS Academic membutuhkan tingkat kosakata dan tata bahasa yang lebih tinggi. Menekankan pada kemampuan Anda untuk memahami dan menganalisis teks akademik dan menulis dengan gaya yang formal dan akademis.

  • Studi Akademik: IELTS Academic digunakan oleh mereka yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi atau universitas luar negeri.
  • Profesional: Beberapa profesi juga meminta skor IELTS Academic, terutama jika pekerjaan tersebut memerlukan kemampuan bahasa Inggris yang canggih, seperti dokter, perawat, atau akademisi.
Artikel Terkait  Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris untuk Semua Kalangan!

IELTS General Training:

Dirancang untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris Anda untuk berkomunikasi dalam situasi sehari-hari. Jenis General Training membutuhkan tingkat kosakata dan tata bahasa yang lebih praktis. Menekankan pada kemampuan Anda untuk memahami teks umum dan berkomunikasi secara efektif dalam berbagai konteks.

  • Imigrasi: IELTS General Training sering kali dipersyaratkan untuk tujuan imigrasi ke negara-negara berbahasa Inggris, seperti Australia, Kanada, atau Inggris.
  • Pekerjaan: Banyak perusahaan menggunakan IELTS General Training sebagai alat penilaian kemampuan bahasa Inggris calon karyawan yang ingin bekerja di lingkungan berbahasa Inggris.

2. Struktur dan Format

IELTS Academic dan General Training:

  • Listening dan Speaking: Bagian Listening dan Speaking sama untuk kedua jenis tes. Bagian Listening menilai kemampuan Anda dalam mendengarkan dan memahami pidato dalam berbagai konteks, sedangkan Bagian Speaking menilai kemampuan Anda dalam berkomunikasi secara lisan.
  • Reading dan Writing: Meskipun ada perbedaan dalam topik dan jenis materi, kedua jenis tes memiliki Bagian Reading dan Writing. Bagian Reading menilai kemampuan membaca dan memahami teks, sedangkan Bagian Writing menilai kemampuan menulis dalam berbagai gaya dan genre.

Perbedaan Utama

  • Bagian 1 Writing: Dalam IELTS Academic, Bagian 1 Writing berfokus pada deskripsi data, seperti grafik, diagram, atau tabel. Sedangkan dalam IELTS General Training, Bagian 1 Writing menilai kemampuan menulis surat resmi atau nonresmi.
  • Bagian 2 Writing: Baik dalam IELTS Academic maupun General Training, Bagian 2 Writing adalah esai. Namun, topiknya bisa berbeda; dalam Academic, topiknya lebih bersifat akademik, sementara dalam General Training, topiknya lebih berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

3. Kesulitan dan Persiapan

IELTS Academic:

  • Kesulitan: IELTS Academic sering kali dianggap lebih sulit oleh beberapa peserta tes, terutama bagi mereka yang tidak memiliki latar belakang akademik yang kuat atau terbiasa dengan bahasa Inggris formal.
  • Persiapan: Persiapan untuk IELTS Academic mungkin membutuhkan fokus tambahan pada kemampuan membaca dan menulis akademik, serta penguasaan kosakata khusus.
Artikel Terkait  Perbedaan teks eksplanasi dan teks eksposisi: Pengertian, Struktur, Tujuan, dan Contoh

IELTS General Training:

  • Kesulitan: Meskipun kurang intensif secara akademis, IELTS General Training memiliki tantangan tersendiri, terutama dalam menulis surat resmi atau menavigasi materi bacaan yang beragam.
  • Persiapan: Persiapan untuk IELTS General Training mungkin lebih terfokus pada pemahaman konteks-konteks kehidupan sehari-hari dan latihan menulis surat dalam berbagai format.

4. Skor dan Penerimaan

IELTS Academic dan General Training:

  • Skor IELTS dinyatakan dalam rentang 0 hingga 9, dengan peningkatan setengah band. Sebagian besar institusi atau organisasi memiliki persyaratan skor minimum yang berbeda untuk setiap bagian tes.

Perbedaan Utama:

  • Penerimaan: Institusi akademik biasanya meminta skor IELTS Academic, sementara imigrasi atau perusahaan biasanya meminta skor IELTS General Training. Namun, ada beberapa pengecualian tergantung pada kebutuhan spesifik masing-masing.

IELTS Academic dan General Training menilai kemampuan bahasa Inggris dengan fokus yang berbeda, tergantung pada tujuan penggunaannya. Memahami perbedaan antara keduanya sangat penting untuk mempersiapkan diri secara efektif.

Apapun jenis tes yang Anda ambil, persiapan yang baik dan pemahaman mendalam tentang format dan jenis pertanyaan akan meningkatkan peluang Anda untuk meraih skor yang diinginkan. Dengan persiapan dan latihan yang matang, Anda dapat menghadapi tes IELTS dengan percaya diri dan membuka pintu menuju masa depan yang cerah.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar