Perbedaan Pengusaha dan Wirausahawan, Lebih Pilih Mana?

Dalam dunia perekonomian, terdapat dua pelaku ekonomi yang sering dianggap sama padahal berbeda. Dua pelaku ekonomi tersebut adalah pengusaha dan wirausahawan. Meskipun dalam praktiknya keduanya tidak jauh berbeda, akan tetapi terdapat beberapa hal yang membedakan pengusaha dan wirausahawan.

Baik pengusaha maupun wirausahawan tentunya memiliki karakteristik dan kemampuan masing-masing. Untuk mengetahui perbedaan antara pengusaha dan wirausahawan, pada artikel kali ini akan memberikan ulasan tentang perbedaan keduanya.

Perbedaan pengusaha dan wirausahawan

Inilah perbedaan pengusaha dan wirausahawan yang sebaiknya Anda ketahui.

Pengertian

Pengusaha merupakan orang yang menjalankan sebuah bisnis seperti aktivitas jual-beli, termasuk produksi barang dan lain sebagainya.

Sedangkan wirausahawan adalah seseorang yang super kreatif dengan memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak berguna, untuk dimanfaatkan kembali untuk suatu hal yang berguna dan memiliki nilai jual tertentu.

Ide bisnis

Biasanya para pengusaha cenderung melakukan bisnis dengan konsep yang sudah matang dan dipraktikkan oleh pengusaha lain. Sementara wirausahawan memilih untuk menjalankan ide bisnis yang unik dan berbeda dengan orang lain.

Tujuan bisnis

Tujuan dari seorang pengusaha dalam menjalankan usahanya adalah untuk memperoleh keuntungan. Berbeda dengan pengusaha, wirausahawan tidak terlalu mementingkan keuntungan, tetapi lebih memperhatikan kondisi karyawan, pelanggan, serta masyarakat umum.

Pengambilan keputusan

Karena melakukan bisnis dengan konsep yang sudah matang dan dipraktikkan oleh pengusaha lain, biasanya pengusaha memiliki perhitungan yang matang dalam setiap pengambilan keputusannya. Di sisi lain, wirausahawan kerap memilih proses pengambilan keputusan berdasarkan intuisi.

Pangsa pasar

Pengusaha menjalankan usahanya dengan mengikuti apa yang diinginkan oleh pasar. Sementara seorang wirausahawan melakukan upaya agar ia bisa membentuk pangsa pasarnya sendiri.

Manajemen risiko

Seorang pengusaha akan berusaha agar bisnis yang ia jalankan minim risiko. Sedangkan seorang wirausahawan akan berusaha memanajemen risiko dan mengubahnya menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Artikel Terkait  Manfaat Penting Jasa Pendaftaran Merek di Indonesia

Apabila menjadi pengusaha ataupun wirausahawan, tentunya memiliki risiko bisnis yang mungkin akan mereka hadapi. Berikut ini beberapa risiko bisnis yang mungkin akan pengusaha dan wirausahawan hadapi.

  • Persaingan yang ketat: Dalam dunia bisnis tentunya akan menemui banyak bisnis-bisnis lain yang serupa dengan bisnis yang Anda jalani. Hal inilah yang bisa menimbulkan persaingan antar pebisnis. Namun dalam bersaing, sebaiknya bersaing secara sehat dan fair.
  • Rugi: Saat menjalankan bisnis, tidak semuanya akan selalu berjalan lancar tanpa hambatan. Ketika sedang menghadapi hambatan bisnis, bisa jadi akan menimbulkan kerugian. Kerugian tersebut bisa besar maupun kecil.
  • Pasar tidak stabil: Ketika memproduksi barang, terkadang harga bahan baku mengalami kenaikan. Karena bahan baku untuk memproduksi barang mengalami kenaikan, maka perlu memiliki siasat strategi pemasaran untuk meminimalisir kerugian atau gejolak harga yang terjadi.

Tingkat kompetisi

Karena menjalankan bisnis dengan konsep yang sudah matang dan dipraktikkan oleh pengusaha lain, maka tentunya seorang pengusaha akan menghadapi tingkat persaingan yang tinggi. Sebaliknya, wirausahawan bisa menjalankan usahanya dengan tingkat persaingan yang rendah karena memiliki  ide bisnis yang unik dan kemampuannya menciptakan pangsa pasar.

Prosedur

Dalam menjalankan usahanya, seorang pengusaha biasanya akan menggunakan prosedur yang tradisional atau biasa. Sementara para wirausahawan biasanya akan menggunakan prosedur yang inkonvensional.

Itulah informasi terkait perbedaan pengusaha dan wirausahawan yang sebaiknya Anda ketahui. Informasi tersebut juga bisa menjadi referensi dan bahan pertimbangan, apabila Anda sedang memilih akan menjadi pengusaha atau wirausahawan. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. ***

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar