Tips Lebih Siap UTBK SNBT

Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) adalah bentuk ujian yang dilaksanakan untuk siswa pendidikan menengah (SMA, MA, SMK sederajat) serta lulusan paket C sebagai syarat utama mengikuti seleksi masuk mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri.

Apakah ini semacam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)? Kurang lebihnya sama namun terdapat beberapa perbedaan antara UTBK SNBT dengan SBMPTN.

Perbedaan UTBK SNBT dengan SBMPTN

Siap Lulus UTBK SNBT

Berikut adalah beberapa perbedaan UTBK SNBT dengan SBMPTN

Penyelenggara

SBMPTN dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPTN) sedangkan UTBK SNBT dilaksanakan oleh BP3 atau Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan.

Model Seleksi

SBMPTN menggunakan basis nilai raport siswa saat bersekolah serta ujian tes tertulis, sementara itu dalam SNBT, proses seleksi hanya melalui mekanisme UTBK SNBT.

Peserta Seleksi

Peserta seleksi SBMPTN adalah siswa lulusan SMA sederajat yang memiliki ijazah kelulusan dan dilaksanakan pada bulan Juni atau Juli. Sedangkan peserta seleksi SNBT adalah siswa SMA sederajat pada 3 tahun terakhir proses ujian dilaksanakan. Jadi untuk UTBK SNBT hanya dapat diikuti lulusan SMA sederajat yang lulus pada tahun ajaran 2022, 2023 dan 2024 saja.

Cakupan Perguruan Tinggi

SBMPTN merupakan seleksi yang berlaku di seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia, SNBT hanya dilakukan untuk beberapa perguruan tinggi negeri antara lain PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN)

Syarat Peserta UTBK SNBT

Untuk mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer SNBT, calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan sebagai berikut

  1. Merupakan siswa kelas 12 SMA/SMK/MA/Paket C sederajat yang akan lulus tahun 2024
  2. Siswa lulusan SMA/SMK/MA/Paket C sederajat tahun 2022 dan 2023
  3. Siswa lulusan SMA/SMK/MA/Paket C sederajat dari luar negeri dalam kurun tiga tahun terakhir pada saat pelaksanaan UTBK (2022, 2023, 2024)
  4. Memiliki usia maksimal 25 tahun per 1 Juli 2024
  5. Tidak lulus dalam seleksi perguruan tinggi negeri sebelumnya (khusus untuk lulusan 2022 dan 2023
Artikel Terkait  Tips Menentukan Metodologi Penelitian Ilmiah

Materi Tes UTBK SNBK

Tipe Soal UTBK SNBT

Sebagai jenis tes masuk perguruan tinggi yang memiliki standar tinggi, UTBK SNBK memiliki 3 jenis materi tes yang akan diujikan untuk calon peserta seleksi yaitu

  1. Penalaran Matematika
  2. Literasi Indonesia dan Inggris
  3. Tes Potensi Skolastik

Nah buat kalian yang bermaksud mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Komputer 2024, tentunya ketiga jenis materi tersebut perlu dipersiapkan sebaik-baiknya. Jika kalian kesulitan mencari les privat matematika khusus UTBK SNBT, kalian tentu tidak perlu khawatir, karena saat ini Ruang Guru punya solusinya.

Lebih Siap UTBK SNBT dengan RuangGuru

Kiat Sukses Hadapi UTBK SNBT

RuangGuru sebagai platform e-learning terbesar di Indonesia tentu memahami kebutuhan siswa lulusan dan calon lulusan SMA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri dengan mengikuti seleksi UTBK SNBT.

Oleh karena itu RuangGuru menyediakan program baru yang fokus untuk calon peserta seleksi UTBK SNBT agar dapat memperoleh hasil maksimal dalam ujian nantinya yaitu dengan menyediakan bimbel khusus UTBK SNBT.

Kelebihan Les UTBK SNBT di RuangGuru

Mengapa memilih RuangGuru sebagai mitra belajar mempersiapkan diri mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer SNBK?

Pengajar Berkualitas

Pengajar Les UTBK SNBT RuangGuru terdiri dari tentor terbaik dan berpengalaman yang berasal dari universitas terbaik dari dalam dan luar negeri. Memiliki pengalaman mengajar di atas 4 tahun serta memiliki background pendidikan dan profesionalisme yang mumpuni.

Tidak cocok dengan tentor saat belajar mempersiapkan UTBK SNBT di RuangGuru? Jangan khawatir bisa pilih opsi ganti tentor yang lebih sesuai dengan gaya belajar kalian.

Bebas Mengatur Kebutuhan Belajar

RuangGuru memberikan fleksibilitas pada para peserta les privat matematika UTBK SNBT dengan menyediakan kebebasan untuk mengatur jadwal, memprioritaskan materi hingga memilih kriteria mentor yang kamu inginkan.

Artikel Terkait  Mendalami Arti Kata "Able" dan Mengeksplorasi Kalimat yang Berakhiran "an" dengan EF Adults

Misal kalian lebih ingin memperdalam tes skolastik, atau ingin memperdalam penalaran matematika lewat les privat matematika khusus UTBK SNBT, bisa banget!

Tidak hanya itu, jika kalian lebih mudah belajar secara offline/online, kalian bisa melakukannya dengan mudah.

Memiliki Materi Fleksibel untuk SMA dan Gap Year

Beberapa tahun terakhir, kita sering mendapati perubahan kurikulum pendidikan, maupun perbedaan materi pembelajaran untuk setiap jenis sekolah yang diikuti oleh siswa. Misalnya siswa SMK mungkin memiliki gap dengan siswa SMA di bidang matematika, nah tentunya perbedaan ini bisa menjadi hal yang signifikan dalam proses seleksi.

Karenanya, dengan adanya gap year dan penyesuaian materi, kalian bisa tetap mendapatkan kisi-kisi yang sama terlepas dari jenis jenjang pendidikan yang kalian pilih di sekolah menengah.

Harga Lebih Murah dan Lebih Lengkap

RuangGuru menyediakan fasilitas lengkap mulai dari materi pembelajaran, metode belajar, video pembelajaran, try out, serta laporan belajar, dan tentunya dengan harga yang lebih hemat 40% dibanding kalian menggunakan jasa bimbingan belajar lain

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan RuangGuru untuk kalian yang memerlukan bimbingan belajar khusus UTBK SNBT, inilah saatnya menentukan masa depan kalian di perguruan tinggi negeri favorit.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar