Tips Membuat Proposal Sponsorship Kegiatan

Proposal kegiatan, biasanya untuk sponsorship, dan identik akan hal itu. Untuk mendapatkan dana secara gratis atau cuma-cuma, kita perlu proposal acara untuk diajukan ke pihak terkait yang dianggap memiliki peluang dalam mendanai acara kita.

Dari sini, biasanya pihak yang mendanai memberikan syarat-syarat tertentu, seperti jualan produk, dan lain sebagainya. Pencantuman logo pada setiap print out acara juga perlu agar tahu siapa saja yang mensupport acara ini.

Proposal Sponsorship

Proposal, yuang berisikan rincian acara, mulai dari tujuan, hingga dana acara, dan dari sini, calon pihak yang mendanai akan tahu dana yang dibutuhkan secara transparan. Dan tawaran promosi dari pihak acara akan terbuka lebar untuk pihak tersebut.

Dengan kata lain, proposal ini sebagai penawaran sponsor dengan sama-sama mendapatkan keuntungan antara dua pihak. Transparansi dana, akan membuat pihak yang mendanai jadi percaya, mau dikemanakan dana tersebut.

Kita bisa ajukan dana dari pihak lain yang bersifat individu (perorangan), instansi pemerintah, maupun perusahaan swasta. Mereka inilah yang disebuat sebagai pihak sponsor atau donator, jadi perlu dipersiapkan secara matang dalam mempromosikan proposal.

Cara Membuat Proposal Sponsorship yang Baik

Berikut ini, adalah langkah-langkah, atau cara dalam membuat proposal sponsorship yang baik dan benar, diantaranya:

1. Menggunkan bahasa yang sopan, lugas, dan jelas

Disini, maksudnya adalah, dalam membuat proposal sponsor, harus bisa mengunakan bahasa yang jelas, lugas, dan sopan. Pilihlah kosakata yang tepat agar tidak ada kesalahan makna. Kalimat yang disajikanpun mudah dipahami dan jangan bertele-tele dalam menyampaikan tujuan proposal.

2. Proposal harus berbeda dengan proposal pihak lain atau biasanya

Pihak perusahaan, pasti hafal dengan isi proposal sponsorship, karena banyak yang mengirim proposal ke pihak mereka. Buatlah proposal yang menarik beda dengan proposal yang lain (biasanya), agar pembaca tertarik sampai akhir, dan bisa dipertimbangkan.

Artikel Terkait  Mengenal Strategi Growth Hacking

3. Berikan kolom khusus pada apa yang diinginkan oleh pihak sponsor

Ini perlu, sebelum mengajukan proposal sponsorship kepada pihak sponsorship. Sudah banyak pihak sponsorship yang sudah ditentukan oleh pihak acara dalam mendapatkan A, B,C, dan D. kamu, bisa membuat beda dengan mengisi kolom secara kosong. Dari situ, siapa tahu permintaan semakin ringan.

4. Profesionalitas dan totalitas pada pihak sponsor

Ini perlu, agar acara berjalan sampai akhir. Tanpa profesional, maka kerja sama terasa sia-sia dan berakhir bermasalah atau tidak berujung. Sebagai EO atau yang membuat acara, perlu mematangkan konsep dari dalam. Agar acara bisa berjalan dengan maksimal.

Format Pembuatan Proposal Sponsorship

Terdapat, format dalam pembuatan proposal sponsorship, diantaranya:

1. Halaman Judul/Cover

Halaman judul atau cover, lebih baik memakai background warna putih, dengan font yang menarik dan sesuai branding pihak acara. Jika ingin menonjol, alangkah lebih baik pakai warna orange. Warna ini bisa dipelajari terlebih dahulu dan pilih yang sesuai dengan konsep acara.

2. Latar Belakang

Seperti karya tulis lainnya, proposal sponsorship perlu latar belakang, agar pihak sponsorship tahu tujuan acaramu. Latar belakang, terdiri dari pendahuluan, isi, dan penutup. Dari situ, setidaknya menggambarkan sketsa mini acara yang akan diselenggarakan.

3. Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan perlu dijabarkan secara khusus, dan lebih spesifik. Agar semakin jelas dan market yang akan dicapai bisa semakin membuka peluang pihak sponsor dalam menyetui proposal acara. Tujuan kegiatan yang jelas dan terperinci, mampu membuat pihak sponsor yakin mau mendanai.

Terdapat juga:

  1. Nama dan Tema Kegiatan
  2. Bentuk Kegiatan
  3. Peserta
  4. Penyelenggara
  5. Jadwal dan lokasi kegiatan
  6. Susunan Kegiatan
  7. Susunan Panitia
  8. Rencana Anggaran
Artikel Terkait  Fungsi Jasa Pendaftaran Merek

Itulah, penjelasan mengenai apa sih proposal sponsorship itu? dan bagaimna tips dalam membuat proposal sponsorship yang benar. Semoga bermanfaat.

 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar