Cara Membuat Curriculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup

Kemampuan membuat riwayat hidup merupakan hal yang sangat penting dalam proses melamar pekerjaan. Tanpa memiliki kemampuan untuk membuat curriculum vitae atau riwayat hidup yang baik, bias dipastikan perusahaan yang kita lamar akan kesulitan untuk mengerti apa sih sebenarnya keunggulan kita.

Kamu dapat menggunakan Microsoft Word untuk menyelesaikan proses pembuatan riwayat hidup dan melamar pekerjaan. Walaupun nemang proses melengkapi dan cara membuat resume atau riwayat hidup untuk melamar pekerjaan memang lebih praktis, jika dilakukan secara online. Melalui situs resume.com, resume.io, resumonk, connectCV, visualCV, canva, resume genius.

Poin yang Harus Ada Dalam Riwayat Hidup

Tahu gak poin apa saja yang harus ada dalam sebuah lembar riwayat hidup atau Curriculum Vitae? Berikut ini adalah poin riwayat hidup yang harus kamu pastikan ada untuk melamar kerja, yaitu sebagai berikut:

Identitas Diri

Riwayat hidup yang kamu buat harus menyertakan nama, alamat, nomor telepon atau nomor ponsel, dan alamat email kamu. Pastikan nomor ponsel yang kamu sertakan adalah nomor valid yang digunakan saat ini.

Pastikan saat membuat riwayat hidup untuk melamar pekerjaan menggunakan alamat email yang baik. Kamu harus menggunakan nama asli dan bukan nama yang aneh-aneh. Kamu juga dapat membuat riwayat hidup lebih menarik, dengan memasukkan pas foto.

Pendidikan

Cara kedua untuk membuat riwayat hidup untuk melamar pekerjaan adalah dengan menuliskan pendidikan. Catat pendidikan terakhir dan jurusan kamu, jangan lupa untuk memasukkan IPK jika mau. Kesalahan saat menulis pendidikan di riwayat hidup kamu adalah menuliskan semua jenjang pendidikan yang telah kamu jalani, maka itulah lebih baik kamu hanya perlu menuliskan jenjang terakhir yang kamu jalani saja.

Artikel Terkait  Perbedaan Hak dan Kewajiban

Keterampilan yang Kamu Miliki

Meningkatnya persaingan di dunia kerja dan mendapatkan IPK yang tinggi tidak serta merta menjamin kamu akan lulus kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan kamu lamar. Oleh karena itu, keterampilan yang perlu dimiliki dapat berupa soft skill maupun hard skill.

Dalam proses pembuatan riwayat hidup untuk melamar pekerjaan, kamu perlu mencantumkan keahlian hard skill yang kamu miliki, misalnya saat melamar menjadi desainer grafis kamu bisa menuliskan program yang bisa kamu gunakan, seperti Adobe Illustrator, CorelDraw, dll.

Saat ini, perusahaan tidak hanya mempertimbangkan hard skill, tetapi juga soft skill seperti kepemimpinan, kepemimpinan, kreativitas, dan manajemen waktu yang baik. Cara membuat riwayat hidup untuk melamar pekerjaan yang baik adalah kamu perlu menuliskan keahlian soft skill yang kamu miliki. Ingatlah bahwa kamu harus menulisnya sejujur mungkin dan tidak mengarang atau melebih-lebihkannya.

Pengalaman Kerja dan Penjelasannya

Cara membuat riwayat hidup untuk melamar pekerjaan selanjutnya adalah dengan menuliskan pengalaman dan kemampuan kerjamu.

Sebagai lulusan baru yang belum memiliki pengalaman kerja, jika kamu memiliki pengalaman magang di sebuah perusahaan, pastikan untuk menulis pengalaman magang di riwayat hidup kamu. Namun, jika tidak ada, kamu dapat menuliskan pengalaman organisasi yang pernah kamu ikuti.

Misalnya, pengalaman jurnalistik di Pers Mahasiswa (Persma) yang diperlukan saat melamar pekerjaan sebagai penulis konten.

Cara Membuat Curriculum Vitae/ Daftar Riwayat Hidup yang Benar untuk Melamar Kerja

cara membuat curriculum vitae daftar riwayat hidup

Pastikan bahwa informasi dalam riwayat hidup yang kamu buat harus relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Selain itu, juga jika kamu sudah menggunakan template, kamu dapat dengan mudah membuat riwayat hidup pekerjaan di Word. Berikut cara membuat riwayat hidup lamaran kerja di Word:

Artikel Terkait  Perbedaan Data Kualitatif dan Kuantitatif

Pilih Template yang Tersedia

Membuat riwayat hidup dan melamar pekerjaan sangat mudah. Cukup klik pada menu FILE dan pilih NEW. Saat itu juga, kamu akan melihat banyak template yang sudah tersedia. Pilihlah model template yang diperlukan.

Unduh template secara online

Kamu dapat mengunduh dan memilih template secara online untuk membuat riwayat hidup yang menarik di Word. Cara membuat riwayat hidup bisa dimulai dengan membuka dokumen baru dan cari “resumes” di bagian “Microsoft Office Online”.

Selain itu, kamu dapat mengunduh template secara online tanpa terlebih dahulu membuka Microsoft Word, yaitu dengan menggunakan Office Online saja.

Selesaikan Riwayat Hidup

Selanjutnya, kamu perlu mengisi template yang sudah diunduh sebagai cara membuat riwayat hidup untuk melamar pekerjaan. Setelah kamu memilih template yang terlihat profesional dan sesuai dengan jenis pekerjaan yang kamu inginkan.

Langkah selanjutnya yaitu dengan menghapus teks bawaan dan menambahkan informasi pribadi kamu. Selain itu, pemformatan, tata letak, dan presentasi adalah aspek penting dalam membuat riwayat hidup pekerjaan yang baik, namun tetap tidak bisa menutupi kesalahan kalimat, ejaan, atau tata bahasa yang buruk.

Cek Riwayat Hidup

Cara membuat riwayat hidup untuk melamar pekerjaan terbaru adalah dengan mengecek ulang riwayat hidup kamu. Pastikan tidak ada kesalahan ketik, kesalahan typo atau kesalahan lainnya yang tidak sempat kamu perbaiki. Lihat kembali informasi yang kamu tulis di riwayat hidup yang telah di buat.

Jika semua step sudah kamu lakukan, maka tinggal mencetak riwayat hidup kamu dan melampirkannya dalam surat lamaran kerja.

Tinggalkan komentar