Contoh Karya Inovatif

Karya inovatif, menjadi karya yang selalu dicari oleh mahasiswa. Karya ini, merupakan produk pengembangan, modifikasi, hingga penemuan baru. Karya inovatif, menjadi salah satu unsur dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) untuk guru.
Hal ini berlaku bagi guru yang ingin naik pangkat. Terdapat 4 jenis karya inovatif yang bisa dilakukan oleh guru, diantaranya menemukan atau menciptakan karya seni, membuat teknologi tepat guna, dan membuat maupun memodifikasi alat pelajaran.

4 Jenis Karya Inovatif

Karya inovatif lainnya, ada alat peraga, praktikum, serta mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal, hingga sejenisnya. Dengan adanya pengembangan profesi, maka akan muncul terobosan baru dalam hal pengajaran.

Hal ini, memberikan manfaat bagi siswa agar paham akan materi dan mendapatkan pengalaman belajar baru. Esensi karya ini, lebih membantu siswa dalam meningkatkan minat belajar siswa, kemudian melatih siswa untuk berinovasi dan berimajinasi, selain di atas.

Secara umum, pembuatan karya inovatif tidak perlu modal besar, hanya perlu memanfaatkan kertas, stik es krim, kardus, dan bahan lainnya. Untuk materi SD seperti matematika, dan materi-materi tertentu, maka kita bisa memakai pohon matematika.

Contoh Karya Inovatif

Karya inovatif lainnya, bisa kita lihat dalam materi seni, yang mana bisa membuat vas dan bahan bekas lainnya, kemudian lukisan bisa dari barang bekas, dan miniatur terbuat dari anyaman kertas koran, jadi bisa.

Bisa kita lihat dalam pop-up book, yang mana karyanya berupa buku tiga dimensi dan bisa dimainkan. Karya ini, mampu menarik minat siswa untuk belajar. Cara membuatnya juga gampang.

Karya ini mampu menarik minat siswa SD dan bahannya hanya membutuhkan kardus, kertas, dan lem dalam pembuatannya. Untuk proses pembuatannya, membutuhkan ketelitian yang cukup tinggi, jadi memang harus hati-hati.

Artikel Terkait  Perbedaan Literasi dan Numerasi. Apa Saja?

Contoh Karya Inovatif Lanjutan

Contoh karya inovatif, bisa kita lihat dalam Pop Up Book, yang mana dianggap fleksibel bisa dibawa kemana-mana. Bisa berisikan beberapa materi, jadi dibuat tebal maupun tipis bisa jadi. Untuk karya inovatif di bidang teknologi, dapat berupa pengembangan metodologi pengajaran.

Pengajaran tersebut, menggunakan sistem yang diambil dari bidang teknologi. Dari situ, dapat mempermudah pelaksanaan pendidikan. Contoh, video pembelajaran, dalam suatu materi. Dalam penyajiannya, menggunakan teknologi.

Contoh lain, kamu bisa menemukan sebuah alat yang dapat meringankan pekerjaan petani atau rumah tangga, jika dilihat dari ranah luas. Misal, ditemukan mesin cuci, dan penanam bibit otomatis (alat). Jadi, memang seperti itu karya inovatif.

Bentuk Karya Inovatif

Bentuk karya inovatif, diantaranya:

1. Menemukan teknologi tepat guna

Maksudnya, adalah membuat contoh teknologi tepat guna, untuk pendidikan maupun untuk kepentingan masyarakat, secara luas. Karya inovatif di bidang teknologi bisa dilihat dalam pengembangan metodologi pengajaran, menggunakan sistem teknologi.

2. Menemukan karya seni

Maksudnya, adalah menciptakan sebuah karya seni yang memiliki nilai tinggi, belum pernah dibuat sebelumnya. Karya seni sendiri, adalah merupakan keindahan dalam berbagai bentuk. Karya seni sendiri, tercipta dari sebuah gagasan yang disampaikan dengan cara estetik.

3. Membuat alat peraga

Jadi disini, bisa membuat atau memodifikasi alat peraga atau pelajaran, yang bisa menunjang pembelajaran agar lebih inovatif, praktis, dan mudah digunakan. Dari situ, guru bisa mudah menjelaskan materi ke siswanya dengan alat bantu yang ada.

4. Mengikuti pengembangan standar, pedoman, dan lain-lain

Dari sini, dianggap sebagai suatu keberlanjutan pembelajaran, yang tak lepas dari target atau capaian yang ada. Semua itu berpedoman pada standar yang ada. Terdapat target pengetahuan dan pencapaian siswa. Dai sini diperlukan karya inovatif untuk membantu.

Artikel Terkait  Festival Lupercalia, Berikut Sejarah Kelamnya,

Itulah, contoh karya inovatif. Semoga berhasil!

 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar