Ini Alasan Wajib Cek Mesin Pada Mobil Bekas, Apa Saja?

Membeli mobil bekas tidak semudah membeli mobil baru yang ada di dealer karena ada banyak hal yang mesti dilakukan yang akan menghabiskan waktu dan tenaga. Calon pembeli harus melihat spesifikasi dengan jelas mulai dari tahun produksi hingga minus yang ada di kendaraan. Dengan adanya spesifikasi ini maka akan membuat calon pembeli bisa menilai berdasarkan kondisi yang ada sebenarnya.

Kemudian jangan hanya fokus dengan satu unit saja tetapi bandingkan beberapa kendaraan sekaligus karena bisa jadi mobil lain lebih murah atau lebih bagus kualitasnya. Setelah proses membandingkan selesai dan dipilih satu unit terbaik, maka selanjutnya bisa bertemu dengan penjual untuk mengecek langsung sekaligus test drive.

Lalu apa yang mesti dilakukan ketika saat mengecek langsung mobil? tentunya harus mengecek semua bagian atau komponen. Tetapi yang paling pertama harus dicek adalah mesin, karena mesin menjadi komponen paling utama yang sangat penting fungsinya.

Tanpa adanya mesin yang menyala, maka tidak mungkin mobil bisa melaju dengan cepat. Ada berbagai alasan mengapa wajib untuk cek mesin secara langsung pada mobil bekas, apa saja alasannya?

Mengalami kebocoran

Alasan pertama harus cek mesin karena setiap mesin berisiko mengalami kebocoran sehingga wajib dicek satu-persatu bagian yang ada di mesin. Pastikan juga semua baut dan mur sudah terpasang dengan benar dan kencang sehingga menghindari terjadinya kebocoran yang lebih parah.

Jika kebocoran sudah parah, maka kemungkinan oli akan cepat habis dan mesin menjadi tidak bekerja, dampaknya tentu mobil jadi mogok. Jadi patut dicurigai jika di garasi rumah terdapat tetesan oli yang berasal dari mobil, sebaiknya langsung dicek agar masalah bisa segera teratasi.

Artikel Terkait  Pembagian Jenis Bank di Indonesia Berdasarkan Fungsinya

Sulit dinyalakan

Cara berikutnya untuk mengecek mesin yaitu dengan menyalakan mesin dan perhatikan apakah proses ini dapat dilakukan dengan sekali starter atau bahkan harus berkali-kali. Perbedaan antara keduanya tentu jelas karena jika bisa dilakukan dalam sekali tekan maka kondisi mesin bagus.

Tetapi jika harus lebih dari dua kali bahkan berkali-kali maka patut dicurigai ada masalah di bagian mesin atau pada sistem pengapian. Jika memang terdapat masalah tersebut, ada baiknya langsung ditanyakan kepada penjual.

Suara kasar dan bergetar

jual mobil bekas online

Saat mesin sudah menyala, maka akan terdengar suara dan juga akan timbul getaran. Jika suara terdengar halus dan getaran masih dalam level normal maka mesin dalam performa yang bagus. Tetapi jika suara yang dihasilkan kasar dan juga getaran mesin berlebihan maka ada masalah yang mengganggu kerja mesin sehingga mesti dicek.

Ketiga alasan tersebut bisa menjadi pedoman untuk calon pembeli ketika bertemu langsung dengan penjual kendaraan. Jika tidak ingin repot dan menghabiskan waktu untuk cari mobil bekas online maka bisa langsung install aplikasi mobbi yang di dalamnya terdapat banyak sekali daftar mobil second.

Proses pembeliannya juga mudah, aman, dan transparan serta ada banyak pilihan pembayaran di platform yang dulunya terkenal sebagai mo88i ini. Jadi langsung saja install aplikasinya, cari kendaraan, bandingkan, dan ajukan pembelian di mobbi sekarang.

 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar