Ini Perbedaan Cloud Hosting dan Shared Hosting

Untuk pengguna yang awam, perbedaan cloud hosting dan shared hosting memang tidak akan terlihat secara gamblang. Namun untuk mereka yang telah memahami karakteristik dari kedua jenis hosting ini, pasti akan dengan mudah menjelaskan mana jenis hosting yang lebih baik? Pilih cloud hosting atau shared hosting.

Namun sebelum kita lebih lanjut membahas mengenai perbedaan cloud hosting dan shared hosting, kita akan membahas terlebih dahulu definisi hosting dan jenis-jenis hosting itu sendiri.

Definisi Hosting

Hosting adalah sebuah lokasi tempat penyimpanan file dan data sebuah website di internet. Semua file data yang terkait dengan sebuah website baik tampilan, struktur, database semuanya disimpan dalam sebuah hosting.

Perbedaan Hosting dan Domain

Banyak orang sering bingung membedakan apa perbedaan hosting dan domain? Domain adalah alamat sebuah website, sementara hosting adalah bangunan yang digunakan untuk menampung isi website. Jika diibaratkan domain dan hosting adalah informasi mengenai sebuah rumah, maka domain menunjukkan alamat rumah, dan hosting adalah seperti apa tampilan rumah tersebut, apa saja fitur dan isinya.

Perbedaan Hosting dengan Cloud Storage

Hosting berbeda dengan fasilitas penyimpanan file berbasis cloud seperti Google Drive dan DropBox. Perbedaan hosting dan media penyimpanan file seperti Google Drive adalah, hosting diperuntukkan untuk file pendukung website yang nantinya dapat diakses secara publik, sementara layanan cloud storage berbasis internet seperti Google One, Dropbox, GDrive tidak ditujukan agar dapat diakses secara publik.

Jenis-jenis Hosting

perbedaan cloud hosting, shared hosting dan jenis web hosting

Sebuah hosting juga dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, sesuai dengan fungsi, karakter serta infrastruktur yang digunakan.

Free Hosting

Free hosting merupakan satu-satunya layanan hosting yang bersifat gratis dan bisa dipakai siapa saja. Meski demikian, penggunaan layanan gratis ini tidak cukup reliable untuk mendukung sebuah bisnis atau branding. Free hosting lebih cocok digunakan oleh pelajar yang sedang belajar membuat website

Artikel Terkait  Perbedaan Grid dan Cloud Computing

Shared Hosting

Shared hosting adalah layanan hosting yang mengharuskan para penggunanya berbagi resource dari sebuah server yang sama. Semakin banyak jumlah server dalam sebuah shared hosting semakin tinggi juga kemungkinan untuk mengalami downtime akibat keterbatasan resource. Shared hosting merupakan layanan hosting yang paling disarankan diambil oleh para pengguna awam. Mengingat harganya yang paling terjangkau

VPS

Virtual Private Server adalah jenis hosting yang mengijinkan penggunanya untuk menentukan sendiri manfaat VPS, bisa digunakan sebagai website server, e-learning server, maupun tujuan lainnya. VPS dibuat menggunakan virtualisasi sehingga sebuah VPS memiliki resource yang digunakan sendiri berbeda dengan shared hosting.

Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah jenis hosting yang memang didedikasikan pada satu klien saja. Berbeda dengan shared dan VPS yang masih berbagi pakai dengan pengguna lain, dedicated hosting merupakan server yang memang disiapkan untuk keperluan satu klien saja. Perbedaan dedicated hosting dan VPS adalah, VPS menggunakan satu server fisik yang dibuat virtualisasi menjadi beberapa server virtual, dan setiap server virtual ini disewakan kepada pelanggan hosting. Dedicated hosting tidak membagi sebuah server fisik untuk pengguna lain, baik dengan metode virtualisasi maupun metode lainnya. Inilah yang membuat dedicated hosting mahal

Co-Location Server

Co-location server adalah sebuah server yang dimiliki klien dan dititipkan kepada hosting untuk dimanajemen. Pertimbangkan menitipkan di hosting adalah agar mampu memberikan availability dan reliability melalui infrastruktur jaringan maupun energi yang dimiliki hosting. Perbedaan co-location server dan dedicated hosting adalah dari kepemilikan unit servernya. Dimana dedicated hosting merupakan server hosting yang disewakan secara penuh kepada klien sementara co-location server, server yang digunakan adalah milik klien sendiri.

Artikel Terkait  Perbedaan Grid dan Cloud Computing

Cloud Hosting

Sekarang kita berkenalan dengan cloud hosting. Cloud hosting adalah sebuah hosting yang menggunakan sistem cloud sebagai basis hostingnya. Berbeda dengan berbagai jenis hosting di atas yang merupakan jenis server tradisional. Cloud hosting tidak menempatkan data klien pada sebuah server saja, melainkan pada jejaring server yang membentuk cloud untuk menjamin reliabilitas dan availabilitas website.

Perbedaan Cloud Hosting dan Shared Hosting

perbedaan cloud hosting dan shared hosting

Dari berbagai jenis server hosting di atas, yang paling banyak ditanyakan adalah apa perbedaan cloud hosting dan shared hosting? Perbedaan cloud hosting dan shared hosting terletak pada teknologinya.

Lokasi dan Availabilitas

Shared hosting merupakan hosting yang berada dalam sebuah data center, saat terjadi masalah dalam data center tersebut, misalnya pada saat kebakaran gedung Cyber beberapa waktu lalu. Availabilitas website yang menggunakan shared hosting terganggu karena terjadi force majeur di lokasi. Sementara pengguna cloud hosting menggunakan mekanisme cloud, pada saat sebuah server mengalami gangguan, sistem cloud akan secara otomatis memindahkan layanan ke server lain dalam cloud tersebut yang masih berjalan.

Baca Juga Perbedaan Grid dan Cloud Computing

Durabilitas

Perbedaan berikutnya terkait durabilitas, atau kemampuan hosting dalam melayani trafik pengunjung. Cloud hosting memiliki keunggulan dari sisi durabilitas karena terdapat pembagian resource antar server. Sehingga beban server menjadi lebih ringan. Hal ini mungkin tidak akan terasa perbedaannya untuk website yang masih memiliki traffik sedikit. Tetapi jika pengunjung harian telah mencapai 10 ribu lebih, akan terasa sekali penurunan kualitas website yang menggunakan layanan shared hosting.

Resource

Meski sama-sama menggunakan resource yang terbatas dan berbagi pakai dengan pengguna lain, namun dari sisi pengalokasian resource cloud hosting lebih baik dari shared hosting. Lagi-lagi hal ini karena penggunaan arsitektur cloud dalam teknologinya.

Artikel Terkait  Perbedaan Grid dan Cloud Computing

Dari pengertian dan perbedaan berbagai jenis server di atas, maka lebih disarankan untuk calon pemilik website menyewa cloud hosting dibanding menyewa shared hosting atau VPS

Rekomendasi Layanan Cloud Hosting

Rekomendasi untuk layanan Cloud hosting yang cocok untuk pemilik website adalah Qwords.com. Qwords memiliki Value Hybrid Performance yang cocok untuk personal dan Bussiness Cloud Hosting untuk segmen corporate. Selain itu berikut adalah keunggulan menggunakan layanan cloud hosting VHP di Qwords.

  1. Harga Ekonomis
  2. Fitur Boost Power untuk tingkatkan kecepatan hosting 2x lipat saat dibutuhkan
  3. Upgradable sampai 25 GB
  4. Menggunakan HybridSSD
  5. Gratis Migrasi dari provider manapun
  6. Free domain, SSL dan spam filter (untuk VHP3 dan 4)
  7. Unlimited email (VHP 3& 4)
  8. Support LMS seperti moodle (Bussiness Cloud Hosting)
  9. Bebas pilih PHP version
  10. Tersedia Qwords web builder dan template premium (VHP 2, 3 dan 4)
  11. Gratis fitur SEO & marketing tools

Nah buat temen-temen yang mau menggunakan hosting, dan bingung memilih shared hosting atau cloud hosting, semoga artikel perbedaan cloud hosting dan shared hosting ini bisa memberikan gambaran. Info lebih lanjut bisa kunjungi website Qwords ya!

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


2 pemikiran pada “Ini Perbedaan Cloud Hosting dan Shared Hosting”

Tinggalkan komentar