Perbedaan Hosting dan Domain, Apa Perannya dalam Website?

Bagi orang yang mengerti IT tentu istilah hosting dan domain sudah tidak asing lagi. Namun bagi masyarakat awam masih banyak yang belum mengetahui istilah dan perbedaan hosting dan domain tersebut.

Ketika seseorang akan membuat web atau blog, diperlukan hosting dan domain yang akan mewadahi web tersebut sehingga bisa diakses oleh pengguna internet. Untuk mendapatkan hosting dan domain tersebut pun kita harus membelinya.

Sehingga sebelum membuat web, harus mempersiapkan hosting dan domain terlebih dahulu, karena hosting dan domain tersebut merupakan komponen penting dan berkesinambungan dalam membuat web.

Perbedaan hosting dan domain

Untuk lebih mengenal apa itu hosting dan domain, maka simak perbedaan hosting dan domain berikut ini.

Pengertian

Hosting merupakan tempat untuk meletakkan file website. Sedangkan domain merupakan alamat yang pengguna tulis ketika mereka akan mengakses suatu situs web.

Jenis

Hosting memiliki beberapa jenis antara lain:

  1. E-mail hosting

E-mail hosting merupakan layanan yang menyediakan server untuk keperluan dalam mengelola dan mengoperasikan layanan e-mail dengan domain khusus. Dengan menggunakan e-mail hosting, Anda akan bisa membuat alamat e-mail sesuai dengan keinginan Anda.

  1. WordPress hosting

Untuk wordPress hosting akan menawarkan sumber daya dan server yang dioptimalkan secara khusus untuk CMS WordPress. Instalasi wordPress hosting akan memiliki fitur tambahan, seperti alat pembuat situs, alat desain premium, dan lainnya.

  1. Shared hosting

Shared hosting adalah layanan web hosting yang menyimpan banyak situs web di setiap server. 

  1. Hosting VPS (Virtual Private Server)

VPS merupakan salah satu jenis layanan hosting yang terbagi menjadi beberapa server virtual yang beroperasi secara independen. Pada setiap partisi tersebut menyediakan RAM khusus dan daya pemrosesan pada setiap situs web.

  1. Cloud hosting
Artikel Terkait  Perbedaan Grid dan Cloud Computing

Pada cloud hosting ini menggunakan teknologi virtualisasi untuk mengumpulkan sumber daya dari kumpulan server yang tersedia di cloud. Saat menggunakan hosting ini, pemilik web bisa mengontrol skala sumber daya secara manual, sesuai dengan kebutuhan.

  1. Dedicated hosting

Hosting ini menawarkan kontrol penuh pada pemilik situs web dan dilengkapi dengan akses admin dan root ke server web.

Berikut beberapa jenis domain:

  1. Top Level Domain (TLD) merupakan ekstensi domain yang berada di akhir dalam susunan alamat domain website. Contohnya “.ac.id”, “.co.id”, “.com”, dll.
  2. Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang terletak di antara subdomain dan ekstensi domain.
  3. Third Level Domain (TLDO) adalah subdomain yang berada di paling depan sebelum nama domain. Contohnya “www”.

Fungsi

Hosting berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan file dan data website, dapat memungkinkan situs web untuk bisa diakses secara online,. Kemudian hosting juga berfungsi sebagai keamanan situs untuk melindungi situs web dari serangan malware atau kejahatan siber lainnya.

Sedangkan fungsi domain adalah sebagai alamat unik untuk mengidentifikasi situs web tertentu di internet sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses alamat situs tanpa harus  menghafal rangkaian susunan angka yang sulit dihafal.

Itulah beberapa perbedaan antara hosting dan domain yang sering terdapat dalam web. Perbedaan mendasar pada hosting dan domain adalah hosting merupakan layanan yang menyediakan tempat penyimpanan untuk menjalankan situs web. Sedangkan domain merupakan alamat web untuk mengakses web tersebut.

Hosting dan domain masing-masing memiliki fungsi yang mendukung terciptanya web yang baik dan unik. ***

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar