Jenis Kertas Karton: Kenali Fungsi dan Artinya Dulu!

Masih banyak orang yang tidak tahu, akan kebutuhan kertas kartonnya sendiri. Sampai ada yang sampai keliru, dengan jenis karton yang diambil atau dipesan. Setidaknya, sebelum kita membeli kertas, pastikan sesuai kebutuhan, dan cari di internet dulu jika tidak paham dengan kertas yang akan diambil.

Banyak jenis karton yang ada di pasaran, dan kita bisa mempertimbangkannya dengan kualitas yang bagus. Bisa kita lihat dari karakteristik, kelebihan, dan kekurangan dari kertas itu sendiri. Kertas karton, tidak hanya untuk kepentingan bisnis, tapi perorangan juga.

Fungsi Karton

Karton, bisa digunakan untuk kepentingan individu, baik untuk kepentingan sekolah, maupun lain-lain. Sedangkan untuk usaha maupun bisnis, lebih ke percetakan dan packaging yang berkaitan dengan kertas karton. Sampul makalah, buku, dan lain sebagainya ada dari sini.

Karakter karton juga disesuaikan dari kebutuhan yang ada, dengan bahan utama menggunakan kayu. Ukuran, tinggi, tebal, dan panjang, sangat berpengaruh pada kebutuhan kita. Kertas karton atau paper board, adalah jenis kertas yang berukuran lebih tebal dari kertas lainnya.

Hal ini didasarkan, karena kertas karton terbuat dari bubur kertas yang dibuat menjadi papan kertas. Hasilnya, berupa papan yang kuat (berasal dari kertas). Gramasi dari karton sendiri, sekitar 210 sampai 350 gsm pada umumnya. Tekstur kertas cukup keras dan transparansi rendah.

Jenis-jenis Kertas Karton

Berikut, adalah jenis-jenis kartonnya:

1. Duplex

Duplex, merupakan kertas karton yang paling umum ditemukan dan dipesan. Dalam kehidupan sehari-hari, jenis karton ini mudah ditemui. Duplex, digunakan untuk mengemas barang dengan memiliki karakteristik yang kuat.

Tampilan dari Duplex, ada 2 warna yang berbeda. Di sisi pertama, ada warna putih, dan di sisi kedua ada warna abu-abu. Lapisan Duplex warna putih dalam kertas ini, adalah coated, yakni lapisan tambahan pada karton. Harga karton Duplex, lebih murah dibandingkan kertas lainnya yang serupa.

Artikel Terkait  Tips Membeli Rumah Cilegon Murah Berkualitas

2. Kraft

Jenis karton Kraft, bisa digunakan untuk undangan dalam suatu acara. Bahan dari kertas ini, adalah daur ulang berupa bubur kertas (pulp), berasal dari kayu pinus dengan serat panjang. Identik dengan warna cokelat, di sisi lain, jika kertas melalui proses bleaching (pemutihan), maka akan menjadi warna putih.

Kertas ini, tidak terlalu tebal, dan beberapa jenis Kraft, cukup transparan dengan daua tahan yang tak kalah dengan Duplex (bagus dan kuat). Kita bisa lihat, dalam kantong belanja, pembungkus benda, hingga karung semen. Masih banyak, produk lainnya yang dari kertas Kraft.

3. Ivory

Jenis karton ini, memiliki 2 tekstur permukaan, dimana setiap sisinya ada yang kasar, dan ada yang licin. Ada juga yang tampak berkilau. Tekstur saat memegang kertas ini, adalah halus dan kesat. Kertas Ivony, bisa dibilang perpaduan, antara matte paper dan art carton.

Hal ini, didasarkan pada sisi glossy dan doff dalam satu kertas. Menjadikan karton ivory, sebagai kertas yang eksklusif dan elegan. Karton ini, juga cocok sebagai wadah, dalam makanan. Tergolong, kertas ramah lingkungan (food grade). Contoh, dilihat dalam pembungkus obat, makanan, hingga kosmetik.

4. Yellow Board dan Gray Board (Karton Board)

Yellow Board carton, memiliki ketebalan yang cukup, dan sering digunakan untuk bahan membuat undangan. Bisa juga, digunakan sebagai sampul hardcover. Terdapat juga, gray board, yang mempunyai warna abu-abu. Dalam hal tekstur, keduanya sama, yang membedakan hanya pada warna.

Penampilan dari jenis karton ini, terbilang sederhana, dengan bahan dari pulp dan serat kayu. Contoh nyata, bisa dijadikan sampul buku atau undangan, dengan catatan perlu memberikan lapisan kertas lainnya atau hiasan agar lebih cantik dan kokoh.

Artikel Terkait  Jenis Tanaman Rambat untuk Rumah

5. Corrugated Paperboard

Corrugated Paperboard (Kardus), bisa dijadikan sebagai bahan dasar dari pembuatan kardus. Bentuk dari kertas ini, adalah berlapis dan bergelombang. Cocok untuk menahan benda yang berat, dengan tekstur kertas cenderung keras, kaku, tetap ringan.

Struktur karton ini, terdiri dari beberapa lembaran kertas dengan ukuran medium, sehingga bisa bergelombang di bagian dalamnya, dan ada juga kertas Kraft yang menjadi lapisan kertas. Jadi, komposisi yang pas.

Itulah, jenis karton yang bisa kita cari, terima kasih!

 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar