Pengertian Artikel: Tujuan dan Ciri-ciri

Artikel, adalah hal yang biasa kita temui dalam dunia akademisi. Artikel, menjadi kepenulisan ilmiah bagi para pendidik maupun yang diajar. Kemudian, artikel bisa bersifat non formal, jika kita membahas jenis artikel di luar akademisi. Tapi di artikel ini, akan dibahas secara ilmiah.

Artikel, bisa dijadikan sebagai tugas kuliah maupun tugas sekolah. Adapun tugas yang lain, terpenting lebih ke pendidikan. Artikel ilmiah, selalu sama dari zaman ke zaman jika dilihat dalam format atau struktur, tetapi ilmu yang dibahas selalu berkembang.

Pengertian Artikel

Artikel adalah rangkaian, karangan, yang dibuat didasarkan pada fakta, dan opini untuk dipublikasikan di media. Media yang dimaksud, bisa media cetak, online, dan media sosial. Tujuan mengupload artikel, untuk menyampaikan gagasan, yang mana memuat fakta dan data.

Gagasan tersebut, bisa untuk mendidik, meyakinkan, dan menjadi sarana hiburan bagi pembaca. Gagasan dalam artikel, bisa dipengaruhi atau memakai opini pribadi yang didasarkan pada fakta. Opini, untuk menanggapi suatu permasalahan yang ada akan kasus yang dikaji.

Opini tersebut, bisa menjadi solusi dari masalah yang ada. Data yang akurat dan sudah diuji merupakan goal dari suatu opini yang jadi gagasan. Jadi, dalam memberi gagasan tidak asal-asalan. Terpenting, data valid dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Tujuan Artikel

Tujuan artikel sendiri, macam-macam tergantung pada apa yang sedang dikaji atau ingin dicapai. Pastinya, artikel memiliki tujuan untuk memberikan petunjuk kepada pembaca akan suatu hal. Tujuan dari teks eksplanasi, adalah untuk menjelaskan dan mendeskripsikan sesuatu.

Tujuan artikel, bisa dilihat dengan menggunakan 2 sudut pandang, dimulai dari tujuan penulis artikel dan tujuan dari pembaca. Berikut ini adalah maksudnya:

1. Tujuan dari penulis artikel, yaitu:

  1. Sebagai sarana dalam menyampaikan gagasan,
  2. Sebagai sarana dalam berpikir secara sistematis,
  3. Sebagai sarana publikasi hasil pemikiran secara ilmiah,
  4. Sebagai sarana dalam menguraikan atau membahas tentang pokok masalah yang telah ditentukan oleh peneliti,
  5. Sebagai sarana dalam menjelaskan atau membahas suatu masalah sesuai bidang ilmu tertentu.
Artikel Terkait  Perbedaan Penaksiran Titik dan Interval

2. Tujuan dari sisi pembaca, yaitu:

  1. Sebagai sarana dalam mendapatkan pengetahuan dan informasi
  2. Sebagai sarana dalam mengedukasi
  3. Sebagai sarana hiburan untuk pembaca

Ciri-Ciri Artikel

Ciri-ciri artikel secara ilmiah:

1. Artikel harus ditulis secara ringkas, padat, dan jelas

Jadi, adanya artikel untuk memudahkan pembaca dalam mencerna isi artikel yang ada. Jadi tidak bertele-tele, tapi to the point, dan cakupannya menyeluruh. Bahasa ringkas, padat, dan jelas ada disini. Anggap saja, artikel memang untuk bisa jadi karya ilmiah yang populer.

2. Isi tulisan lebih mengandung fakta dan opini

Jadi, dalam suatu artikel harus mengandung fakta dan opini yang sudah didukung oleh fakta. Opini, berarti lebih ke sudut pandang yang objektif, dan tidak menyudutkan salah satu pihak yang ada dalam pembahasan artikel. Semua itu, tidak terlepas dari sudah diuji kebenarannya.

3. Ditulis menggunakan bahasa formal, lugas, dan efektif

Pastinya, karena ilmiah maka formal dan dalam penggunaan katanya haruslah baku, lugas, dan efektif. Sehingga artikel bisa padat dan berisi dalam hal kata-kata. Penulisan artikel, juga dilakukan secara sistematis dengan beberapa bagian tertentu. Hal ini memudahkan pembaca dalam memahami teks.

4. Sifatnya faktual dan informatif

Jadi, artikel ilmiah ini, harus bersifat faktual, dan informatif. Disini, faktual artinya lebih ke bisa dipahami dan ditulis sesuai kenyataan. Memuat kebenaran, pasti harus ada. Artikel, haruslah bersifat informatif, dengan maksud memberikan informasi yang berangkat dari hasil penelitian, jadi dapat dipertanggungjawabkan.

Jadi, sudah paham artikel secara umum?

 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar