Perbedaan Gas Oksigen Medis dan Industri

Saat puncak gelombang kedua pandemi Covid 19 tahun lalu, kebutuhan akan gas oksigen medis menjadi sangat penting. Banyak pasien Covid-19 tidak tertolong karena kurangnya pasokan oksigen medis kala itu.

Yang paling memprihatinkan tentu meninggalnya sekitar 64 pasien Covid-19 dalam waktu satu malam di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. Nah apa sih sebenarnya perbedaan gas oksigen medis dengan gas oksigen industri?

Perbedaan Gas Oksigen Medis dan Industri

Ada beberapa hal yang membuat kebutuhan oksigen medis saat pandemi meningkat pesat dan tidak dapat dipenuhi dengan oksigen industri. Hal tersebut terjadi karena adanya perbedaan mencolok, meski sama-sama menggunakan metode kompresi oksigen yang dimampatkan.

Apa itu oksigen medis? oksigen medis adalah oksigen dari udara yang dimampatkan untuk keperluan pengobatan pasien. Utamanya pasien yang mengalami gangguan pernafasan.

Manfaat

perbedaan gas oksigen medis dan industri

Oksigen medis digunakan untuk keperluan pengobatan medis bagi pasien di rumah sakit, baik yang menjalani perawatan Covid-19, operasi besar atau bahkan pasien biasa yang mengalami gangguan pernafasan.

Oksigen industri digunakan untuk keperluan industri, seperti pembakaran, oksidasi, pemotongan dan pembuatan reaksi kimia, misalnya pada industri serat sintesis vinyl asetat dalam proses pengoksidasi dan sebagai bahan baku.

Bentuk Oksigen

perbedaan oksigen dan industri

Oksigen medis disebut sebagai LONA  (Liquid Oxygen Nitrogen Argon) bentuk oksigen ini adalah liquid atau oksigen cair, sementara untuk oksigen industri berbentuk senyawa gas.

Tingkat Kemurnian Oksigen

Perbedaan oksigen medis dan oksigen industri adalah tingkat kemurniannya. Menurut salah satu pengusaha oksigen, tingkat kepekatan oksigen industri adalah 99.7% sedangkan oksigen medis di angkat 99.5%

Standar Resep Oksigen

Di Amerika, oksigen medis wajib menggunakan resep dari Food and Drug Administration Amerika Serikat. Hal ini guna menyesuaikan kadar oksigen medis sesuai kebutuhan spesifik antar pasien.

Artikel Terkait  Perbedaan Grid dan Cloud Computing

Standar oksigen untuk Industri juga berbeda namun tidak ada resep FDA seperti di Amerika

Warna Tabung

Jika kalian melihat warna tabung oksigen, sebenarnya perbedaan oksigen medis dan industri paling mudah dilihat adalah dari warnanya.

Warna putih dengan lambang palang merah merupakan tabung untuk oksigen medis, sedangkan warna biru untuk oksigen industri.

Selain itu, kedua jenis oksigen tidak boleh dicampur penggunaannya, oksigen medis untuk industri dan sebaliknya. Tabung oksigen industri bisa saja terpapar logam berat dan berbahaya jika dipasang sebagai instalasi gas medis di rumah sakit.

Nodemedic adalah perusahaan gas medis yang fokus pada penyediaan jasa instalasi gas medis rumah sakit, klink dan laboratorium serta pengadaan generator oksigen untuk keperluan medis. Harga generator oksigen medis ini bermacam-macam mulai dari angka puluhan juta hingga milyaran tergantung spesifikasi.

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


2 pemikiran pada “Perbedaan Gas Oksigen Medis dan Industri”

Tinggalkan komentar