Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan pada Makhluk Hidup, Apa Saja?

Pertumbuhan dan perkembangan menjadi satu hal yang klop, selalu beriringan setiap waktu. Saling melengkapi dan mempunyai fungsi masing-masing. Mulai dari pengertian hingga sistem kerja berbeda. Jadi, jika ditanya perbedaan, pasti banyak, tinggal kita lihat bagian mananya.

Perbedaan tersebut, nantinya bisa membantu makhluk hidup dalam melakukan kehidupan sehari-hari atau beraktivitas dan ditunjang dengan kesehatan tubuh yang ada, normal. Jadi, adanya pertumbuhan dan perkembangan yang baik, sangat diharapkan dengan baik karena berkaitan dengan peradaban.

Pengertian

Pertumbuhan

Secara pengertian, pertumbuhan adalah suatu proses bertambahnya tinggi, volume, atau massa tubuh pada makhluk hidup. Proses ini bersifat kuantitatif atau dapat diukur dan dihitung dengan nyata (angka). Pertumbuhan bisa dilihat melalui mata (secara fisik). Misal, tinggi badan, berat badan, dan lain-lain.

Perkembangan

Perkembangan adalah sebuah proses dalam menuju kedewasaan dengan perubahan pikiran, emosi, maupun kecakapan yang lebih matang. Perkembangan sendiri, tidak mengenal yang namanya batas usia, misal bayi yang masih belum bisa berjalan, seiring bertambahnya waktu dan usia bisa berjalan.

Perbedaan secara Spesifik

Berikut perbedaannya:

1. Dilihat dari Sifat

Pertumbuhan sendiri, memiliki sifat yang bisa diukur dan dihitung dengan nyata, melalui angka, atau yang kita sebut dengan kuantitatif. Sedangkan perkembangan, lebih ke sifatnya yang kualitatif, yang mana tidak dapat diukur dan dihitung dengan angka.

2. Dilihat dari secara Penglihatan

Untuk pertumbuhan dapat dilihat secara fisik (kasat mata). Sedangkan, perkembangan pada makhluk hidup, tidak bisa dilihat secara fisik (tak kasat mata). Jadi, dapat diidentikkan melalui proses dan tanda-tanda (kenampakan) yang ada.

3. Dilihat dari Proses

Untuk pertumbuhan, mengalami proses yang sangat cepat di awal usia hingga remaja. Kemudian untuk perkembangan, prosesnya terjadi seiring berjalannya waktu dan ditandai dengan perubahan perilaku maupun kemajuan si makhluk hidup tersebut. Misal dari hanya bisa berjalan, kemudian bisa berlari.

Artikel Terkait  Pengertian Skala Likert dan Alasan Mengapa Kita Perlu Menggunakannya

4. Dilihat dari batasan

Untuk pertumbuhan, proses pertumbuhannya dibatasi oleh usia, sedangkan perkembangan, dalam prosesnya tidak dibatasi oleh usia. Entah perkembangan kognitif, kedewasaan, mental, dan lain sebagainya. Karena perkembangan juga sifatnya berubah-ubah.

5. Dilihat dari Keterulangan

Pertumbuhan bersifat irreversible, yang mana tidak bisa terulang kembali. Jadi, sebagai seorang makhluk hidup apalagi manusia yang berakal, harus memanfaatkan momen ini dengan baik. Sedangkan perkembangan, bersifat reversible, yang mana dapat terulang kembali.

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan

Berikut adalah faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan secara berkala, diantaranya:

1. Faktor Genetik

Genetik (keturunan) ternyata mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. Sehingga setiap makhluk hidup berbeda masing-masing dalam pertumbuhan maupun perkembangan. Biasanya, diturunkan melalui orang tua, atau generasi-generasi sebelumnya.

2. Faktor Makanan

Makanan, ternyata mempengaruhi kita dalam berkembang sekaligus bertumbuh. Apalagi usia anak sampai remaja perlu gizi yang cukup agar orang tua dan anak tidak merugi kedepannya. Kenapa? karena hal ini juga mempengaruhi kemajuan dari anak itu sendiri, entah dari segi fisik maupun rohani.

3. Faktor Hormon

Hormon, juga berpengaruh dalam pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Hormon ini, berperan penting dalam mengendalikan fungsi di dalam tubuh. Misal, hormon tiroksin, mampu membantu proses pertumbuhan tulang rawan ketika sedang tidur.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan dari pertumbuhan dan perkembangan yang dilihat dari beberapa aspek yang terkait, dan pastinya ada faktor yang mendukung atau mempengaruhi 2 hal tersebut. semoga bermanfaat.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar