Pengertian Massa dan Berat jika dilihat dari Ilmu Pengetahuan

Nah, mungkin kalian masih bingung dan belum familiar dengan penempatan yang benar, antara massa dengan berat. Jika tidak tahu arti dan penggunaan dari kata ini, maka kita tidak akan pernah tahu bagaimana posisi tepat dari 2 istilah ini, walaupun sama-sama secara kata dasar atau awal.

Istilah ini, muncul dalam mata pelajaran atau materi Fisika, yang mana lebih ke perhitungan secara sistematis dengan pemecahan masalah sehari-hari. Ketahui, perbedaannya juga, agar nantinya tahu ternyata massa dan berat memiliki fungsi masing-masing. Diantaranya?

Secara Pengertian

Massa

Massa adalah ukuran jumlah artikel yang mana terkandung dalam suatu zat atau benda. Massa sendiri, merupakan salah satu besaran pokok yang menunjukkan ukuran kelembaman (inersia), suatu benda.

Massa sendiri, menjadi milik intrinsik suatu benda, sehingga di manapun benda itu berada, maka nilai massa akan tetap sama. Jika didasarkan pada pengaruh benda terhadap arah gerak, maka massa digolongkan ke dalam besaran skalar (hanya memiliki nilai).

Massa sendiri, ditemukan pertama kali oleh Sir Isaac Newton melalui penelitian gravitasi dan sifat. Satuan massa disini adalah kilogram (kg) berdasarkan Sistem Internasional (SI). Satuan ini bisa diturunkan menjadi gram (g), atau miligram (mg).

Berat

Berat adalah ukuran jumlah gaya yang bekerja pada massa, akibat percepatan gravitasi dan lambang dari berat adalah W. secara rumus, berat = massa dikalikan percepatan gravitasi (g). Berat sendiri, tergantung pada efek gravitasi, dapat berubah tergantung tempat pengukuran.

Saat tidak ada gravitasi, maka berat bisa menjadi nol. Berat memiliki besaran dan arah, dan untuk mengukurnya bisa menggunakan neraca pegas. Satuan berat dalam SI adalah Newton (N), dengan massa 1 kg yang memiliki gaya 9,8 N di Bumi.

Artikel Terkait  Perbedaan SMA dan SMK

Dalam ilmu Fisika, untuk ukuran lebih baik menggunakan kilogram bukan yang lain. Berat adalah gaya gravitasi menarik bumi. Memiliki besaran vektor (besaran dan arah). Bisa diubah dengan pindah posisi.

Dilihat dari Sifat

Massa

Massa adalah jumlah materi yang dimiliki oleh suatu benda, sehingga termasuk besaran skalar. Hanya memiliki besaran dan tidak bisa diubah walaupun pindah posisi. Massa, diukur dengan keseimbangan fisik, balon, elektronik, dan lain-lain.

Rumusnya adalah:

m = w / g

Keterangan:

m = Massa Benda (kg)

w = Berat (N)

g = Percepatan Gravitasi (m/s2)

Berat

Berat adalah gaya gravitasi yang menarik bumi dan besarannya adalah vektor (memiliki besaran dan arah). Satuan dari vektor adalah Newton (N). Berat diukur menggunakan neraca pegas, dan pastinya memiliki spesifikasi yang berbeda dengan massa.

Rumusnya adalah sebagai berikut:

w = mg

Keterangan:

w = Berat (N)

m = Massa Benda (kg)

g = Percepatan Gravitasi (m/s2)

Dilihat dari Contoh

Massa

Contoh dari massa, diantaranya massa atom dan massa molekul.

Berat

Contoh dari berat, diantaranya: berat atom dan berat molekul.

Hubungan antara Massa dan Berat

Massa dan berat, saling berkaitan satu sama lain, misal suatu benda memiliki massa yang besar, maka beratnya juga besar. Selain itu, bisa dilihat dalam kasus benda besar yang sulit dilempar, karena ada berat yang mengimbangi disitu.

Untuk memahami hubungan antara berat dan massa, maka kamu bisa memperhatikan benda saat jatuh bebas, yang mana memiliki percepatan besar dengan satuan gravitasi (g). Menurut hukum Newton, gaya harus bekerja untuk menghasilkan percepatan gravitasi.

Dengan adanya hukum tersebut, membuat percepatan benda sebanding dengan jumlah gaya (resultan gaya). Maksudnya adalah gaya benda berbanding terbalik dengan massanya. Itulah penjelasan mengenai perbedaan dari massa dan berat. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait  Perbedaan Norma Kesopanan dan Norma Kesusilaan agar tidak Salah Kaprah!

 

Tinggalkan komentar