Ketahui Perbedaan Sunscreen dan Sunblock untuk Lindungi Kulit dari Sinar UV

Akhir-akhir ini di Indonesia mengalami peningkatan suhu udara. Suhu panas (Heatwave) yang terjadi tersebut dapat menimbulkan penyakit dan masalah pada kulit apabila tidak terlindungi. Untuk melindungi kulit dapat menggunakan sunscreen dan sunblock.

Masyarakat tentu sudah sering mendengar sunscreen dan sunblock. Namun masih banyak pula masyarakat yang menganggap bahwa kedua produk tersebut sama. Padahal sunscreen dan sunblock merupakan dua produk yang berbeda.

Meskipun sunscreen dan sunblock sama-sama melindungi kulit dari paparan sinar matahari atau sinar UV, namun keduanya memiliki cara kerja yang berbeda.

Perbedaan sunscreen dan sunblock

Baik sunscreen maupun sunblock memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV (ultraviolet). Perlindungan tersebut sangat penting untuk dilakukan karena paparan sinar UV dalam jangka panjang dapat memicu berbagai masalah kulit, seperti kulit terbakar matahari, penuaan dini, bahkan kanker kulit.

Meskipun begitu, sunscreen dan sunblock memiliki beberapa perbedaan yang sebaiknya Anda ketahui. Perbedaan antara kedua produk tersebut dapat terlihat dari beberapa hal berikut ini.

1. Cara kerja sunscreen dan sunblock

Sunscreen bekerja memfilter dan menyerap sinar UV lalu mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit. Sedangkan sunblock bekerja seperti perisai yang menghalangi, kemudian memantulkan sinar UV.

2. Kandungan

Kandungan di dalam sunscreen umumnya berupa avobenzone, oxybenzone, Octocrylene, Mexoryl XL, SPF, dan PA. Sementara itu, sunblock umumnya mengandung zinc oxide atau titanium oxide.

3. Waktu pemakaian

Sunscreen cocok untuk penggunaan sehari-hari, atau aktivitas yang tidak terlalu banyak terpapar sinar matahari. Sedangkan sunblock cocok untuk penggunaan ketika beraktivitas di luar ruangan dalam dalam durasi yang panjang, seperti berjemur di pantai atau mendaki gunung saat cuaca panas.

Artikel Terkait  Urutan Pemakaian Sunscreen dan Pelembab, Mana yang Lebih Dulu? Lengkap dengan Manfaatnya

4. Cara pemakaian

Penggunaan sunscreen sebaiknya dengan cara digosok-gosok agar bahan aktifnya dapat menyerap ke dalam kulit dan menahan paparan sinar UV. Untuk penggunaan sunblock cukup dengan cara mengoleskannya pada kulit secara merata untuk menghalangi paparan sinar matahari.

5. Setelah pemakaian

Setelah memakai sunscreen biasanya tidak meninggalkan bekas apapun, karena warnanya transparan mengikuti warna asli kulit. Namun setelah menggunakan sunblock biasanya cenderung meninggalkan whitecast atau bekas putih pada kulit.

6. Tekstur

Sunscreen memiliki tekstur lebih ringan dan dapat tercampur dengan produk perawatan lainnya. Produk sunscreen pun saat ini sudah terdapat berbagai jenis seperti bentuk gel, krim, powder, spray, hingga stick.

Sedangkan sunblock memiliki tekstur yang lebih tebal atau kental, karena langsung menangkal sinar UVB. Karena memiliki tekstur yang lebih tebal biasanya sunblock lebih lengket dan terasa tidak nyaman dipakai sehari-hari.

7. Waktu mulai melindungi kulit

Setelah menggunakan sunscreen, biasanya membutuhkan waktu sekitar 10-20 menit untuk menyerap ke dalam kulit sebelum melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Berbeda dengan sunblock yang setelah menggunakannya akan langsung bekerja menahan sinar matahari.

Itulah beberapa perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Namun dalam pemilihan sunscreen dan sunblock juga harus memperhatikan kondisi kulit. Untuk kulit sensitif lebih cocok untuk menggunakan sunblock, karena kandungan zinc oxide dan titanium oxide dalam sunblock dianggap lebih aman untuk kulit yang sensitif.

Pada sunscreen dan sunblock biasanya juga terdapat keterangan Sun Protector Factor (SPF) yang terkandung. Angka SPF tersebut dapat menginformasikan  berapa lama Anda dapat terpapar sinar matahari tanpa terbakar selama penggunaan produk. 

Sebagai contoh, sunscreen dengan SPF 30 akan menyerap sinar matahari 30 kali lebih lama untuk menangkal sunburn.

Artikel Terkait  Banyak yang Menganggap Sama, Ternyata Inilah Perbedaan Hijab dan Jilbab

Untuk lebih maksimal dalam melindungi kulit dari paparan sinar UV, sebaiknya gunakan pula topi dan kaca mata hitam. ***

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar