Perbedaan Air Kelapa dan Santan Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Pohon kelapa merupakan salah satu pohon dengan berbagai manfaat. Bahkan seluruh dari bagian pohon kelapa dapat bermanfaat mulai dari akar, batang, daun, dan buahnya. Pada buah kelapa sendiri dapat menghasilkan air kelapa dan santan yang memiliki banyak nutrisi.

Salah satu minuman yang sangat populer dari kelapa adalah es kelapa muda. Sesuai dengan namanya es kelapa muda berasal dari kelapa yang masih muda, airnya pun sangat segar apabila diminum. Sedangkan kelapa yang sudah tua biasanya dimanfaatkan air kelapa dan santannya.

Namun meskipun sama-sama berasal dari kelapa, air kelapa dan santan memiliki manfaat dan kandungan nutrisi yang berbeda. 

Perbedaan air kelapa dan santan

Simak perbedaan antara air kelapa dan santan berikut ini

Cara memperoleh

Air kelapa merupakan air yang ada di dalam buah kelapa. Sehingga untuk mendapatkan air kelapa hanya perlu membuka kelapa saja. Berbeda dengan air kelapa, untuk mendapatkan santan memerlukan proses. 

Santan berasal dari parutan daging buah kelapa, kemudian mencampur parutan kelapa tersebut dengan air lalu diperas. Air hasil perasan tersebutlah yang merupakan santan.

Manfaat air kelapa dan santan

Air kelapa yang mengandung antioksidan dapat membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas yang didapat saat berolahraga. Selain itu, air kelapa juga terbukti menurunkan kadar gula dalam darah.

Sedangkan santan dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia dan baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, santan juga mengandung asam laurat yang memiliki fungsi antimikroba dan antiinflamasi.

Kandungan nutrisi

Selain memiliki manfaat yang berbeda, air kelapa dan santan juga memiliki kandungan nutrisi yang berbeda pula. Berikut nutrisi yang terkandung dalam 100 gram air kelapa dan santan.

Artikel Terkait  Perbedaan Bakpia Panggang dan Bakpia Kukus

Air kelapa

  1. Kalori: 17 kal
  2. Protein: 0,2 gram
  3. Lemak: 0,1 gram
  4. Karbohidrat: 3,8 gram
  5. Kalsium: 15 mg
  6. Fosfor: 8 mg
  7. Besi: 0,2 mg
  8. Natrium: 1 mg
  9. Kalium: 149 mg
  10. Tembaga: 0,04 mg
  11. Seng: 0,1 mg
  12. Vitamin C: 1 mg

Santan

  1. Kalori: 324 kal
  2. Protein: 4,2 gram
  3. Lemak: 34,3 gram
  4. Karbohidrat: 5,6 gram
  5. Kalsium: 14 mg
  6. Fosfor: 45 mg
  7. Besi: 1,9 mg
  8. Natrium: 18 mg
  9. Kalium: 514,1 mg
  10. Tembaga: 0,37 mg
  11. Seng: 0,9 mg
  12. Vitamin C: 2 mg

Dari kandungan nutrisi pada air kelapa dan santan di atas, perbedaan paling mencolok terdapat pada kandungan kalori. Air kelapa mengandung kalori sebanyak 17 kal, sedangkan pada santan mengandung 324 kal atau 19 kali lebih banyak dari air kelapa.

Hal tersebut lantaran air kelapa mengandung lebih banyak air yaitu sebanyak 94%. Berbeda dengan santan yang hanya mengandung 50% air.

Informasi di atas merupakan beberapa perbedaan antara air kelapa dengan santan. Meskipun memiliki perbedaan, baik air kelapa maupun santan sama-sama memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Karena memiliki manfaat yang berbeda, sebaiknya konsumsi air kelapa atau santan sesuai kebutuhan Anda. Apabila Anda memiliki masalah pada pencernaan, mengkonsumsi air kelapa menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan apabila Anda memiliki masalah pada rambut kering, Anda dapat mengkonsumsi santan kelapa secara teratur.

Dengan menyesuaikan dengan kondisi tubuh Anda, manfaat dari mengkonsumsi air kelapa dan santan akan lebih terasa.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar