Urutan Pemakaian Sunscreen dan Pelembab, Mana yang Lebih Dulu? Lengkap dengan Manfaatnya

Dalam penggunaan skincare terdapat banyak produk yang saling mendukung. Produk tersebut mulai dari sunscreen, pelembab, hingga serum. Karena banyaknya produk tersebut, masih banyak orang yang bingung urutan memakai produk-produk tersebut.

Mereka banyak yang masih bingung apakah sebaiknya memakai sunscreen atau pelembab terlebih dahulu. Karena apabila urutan pemakaian tidak tepat juga bisa berdampak pada efektivitas produk tersebut.

Sunscreen dulu atau pelembab dulu?

Dalam penggunaan skincare dokter spesialis kulit di Washington D.C., Amerika Serikat yaitu Dr. Melda Isaac menyarankan untuk mengikuti urutan sederhana. Urutan tersebut yaitu membersihkan, mengobati, melembabkan, dan melindungi.

Karena pelembab berfungsi untuk melembabkan, sedangkan sunscreen berfungsi untuk melindungi maka sebaiknya gunakan pelembab terlebih dahulu sebelum menggunakan sunscreen.

Namun Anda juga harus memperhatikan pula jenis sunscreen yang Anda gunakan. Apabila menggunakan sunscreen lotion atau krim, biasanya mengandung zinc oksida dan titanium oksida. Kandungan tersebut berfungsi untuk mengeringkan kulit.

Oleh karena itu, apabila Anda menggunakan pelembab terlebih dahulu akan membuat kulit menjadi lembab dan tidak membentuk gumpalan serta sebaliknya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pada saat menggunakan sunscreen tunggu hingga pelembab menyerap dalam kulit seutuhnya. Karena apabila mencampur keduanya dapat mengurangi sunscreen dalam melindungi dari sinar UV.

Manfaat sunscreen dan pelembab

Begitu pentingnya penggunaan sunscreen dan pelembab dalam merawat wajah terlihat dari banyaknya manfaat dari penggunaan kedua produk tersebut. Berikut manfaat dari penggunaan sunscreen dan pelembab.

Sunscreen

  1. Melindungi kulit dari paparan sinar UV

Masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah tropis dengan intensitas paparan sinar matahari yang tinggi sangat penting menggunakan sunscreen. Hal tersebut karena paparan sinar UV yang terdapat dalam sinar matahari dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit.

  1. Melindungi kulit dari efek penuaan dini (photoaging)
Artikel Terkait  Apakah Pelembap dan Moisturizer Sama? Simak Penjelasannya di Sini

Kulit yang terkena paparan berulang terhadap sinar UV dapat menyebabkan efek penuaan dini (photoaging). Dengan menggunakan sunscreen, kulit dapat terlindungi dari paparan sinar UV.

  1. Mencegah kanker kulit

Paparan sinar UVA dan UVB dapat pula menyebabkan kanker kulit. Untuk mencegah hal tersebut dapat menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit.

  1. Mencegah Sunburn

Sinar matahari yang terlalu panas juga dapat membuat kulit seperti terbakar atau yang biasa disebut sunburn. Untuk menghindarinya sebaiknya sebelum beraktivitas gunakan sunscreen terlebih dahulu.

  1. Menjaga kulit dari flek hitam

Flek hitam pada kulit yang timbul akibat paparan sinar UV, dapat dicegah dengan menggunakan sunscreen

  1. Menjaga warna kulit tetap merata

Selain dapat memperlambat penuaan kulit, manfaat sunscreen mampu menjaga warna kulit tetap merata dan mencegah perubahan warna kulit.

  1. Mencegah Timbulnya garis halus pada kulit

Sunscreen merupakan produk yang efektif dalam mencegah timbulnya keriput, garis halus, dan kerutan pada kulit.

Pelembab

  1. Melembabkan wajah

Sesuai dengan namanya, tentunya pelembab berfungsi untuk melembabkan wajah agar kulit selalu terlihat segar.

  1. Memberikan nutrisi pada kulit wajah

Kandungan mineral dan vitamin dalam pelembab sangat baik bagi kesehatan kulit wajah. Karena dengan kandungan tersebut kulit wajah dapat ternutrisi dengan baik dan optimal.

  1. Dapat mencerahkan kulit wajah

Dengan kulit wajah yang terjaga kelembabannya, serta kulit wajah yang menjadi lebih segar dengan menggunakan pelembab, maka hal ini dapat membantu untuk mencerahkan kulit wajah menjadi lebih cerah dan juga bersinar.

  1. Menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit wajah

Dengan kekenyalan dan juga elastisitas kulit wajah yang terjaga, maka Anda akan terhindar dari tanda-tanda penuaan, seperti kulit yang menjadi keriput, kulit bersisik, dan juga kulit yang terasa kering dan kasar. Kekenyalan dan elastisitas kulit wajah dapat terjaga dengan rutin menggunakan pelembab.

  1. Menghaluskan kulit wajah
Artikel Terkait  Awas Bahaya Krim Skincare Abal-abal! Kenali Perbedaan Krim Racikan Dokter dan Skincare Umum Berikut

Manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari pelembab wajah adalah dapat membantu menghaluskan kulit wajah.

  1. Mengurangi resiko infeksi karena penggunaan make up

Pelembab wajah dapat membantu mencegah make up dalam bersentuhan secara langsung dengan kulit wajah, yang kemungkinan dapat menimbulkan alergi dan juga infeksi.

Itulah beberapa manfaat dari penggunaan sunscreen dan pelembab. ***

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar