Apakah Pelembap dan Moisturizer Sama? Simak Penjelasannya di Sini

Untuk merawat dan mempercantik kulit wajah, berbagai produk skincare pun banyak digunakan. Pelembap dan moisturizer merupakan dua produk skincare yang banyak digunakan.

Meskipun pelembap dan moisturizer merupakan dua produk skincare yang berbeda, namun masih banyak yang menganggap bahwa kedua produk tersebut sama saja. 

Banyak yang menganggap pelembap dan moisturizer sama lantaran bentuknya yang serupa yaitu dalam bentuk krim, losion, dan gel.

Keduanya juga sama-sama bertujuan untuk membantu melembabkan kulit wajah, sehingga kulit wajah terasa lebih lembut dan tidak kering.

Pengertian

Sebelum mengetahui perbedaan pelembap dan moisturizer simak terlebih dahulu pengertian dari pelembap dan moisturizer berikut ini.

Menurut KBBI pelembap merupakan produk perawatan kulit untuk menjaga kelembapan yang ada di kulit. Jadi, kulit yang sudah memiliki kelembapan akan terjaga dengan baik oleh produk ini.

Sedangkan moisturizer adalah produk skincare yang memiliki fungsi utama untuk menghidrasi kulit dan mengunci kelembapannya tersebut. Jadi, wajah akan menjadi lembap kemudian terjaga agar tetap lembap setelah kita memakai produk ini.

Perbedaan pelembap dan moisturizer

Simak informasi berikut untuk mengetahui perbedaan pelembap dan moisturizer.

1. Manfaat atau khasiat

Pelembap bermanfaat untuk menjaga kelembapan yang sudah dimiliki kulit serta mengatasi masalahnya. Jadi, pelembab ini sama dengan skin barrier yang melindungi kulit dari gangguan luar.

Kemudian pelembab juga mencegah kandungan air yang ada di kulit menguap dengan cepat lewat pori-pori. 

Tidak hanya itu, pelembap juga memiliki fungsi lain seperti mencerahkan, memudarkan noda hitam, mengatasi jerawat, menyamarkan kerutan, dan lain lain.

Sedangkan moisturizer bermanfaat untuk menghidrasi dan melembapkan kulit dengan menahan kandungan air pada permukaan kulit. 

Produk ini sangat cocok dan manfaatnya akan lebih terasa untuk orang yang memiliki kulit kering. Karena kulit kering membutuhkan produk yang bisa menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit.

Artikel Terkait  Semua Hal tentang Totebag yang Harus Anda Ketahui

2. Bahan yang terkandung

Kandungan bahan yang ada di pelembab biasanya bersifat emolien. Emolien merupakan sifat dari bahan yang bisa mengisi celah-celah lapisan sel kulit untuk membuat lapisan di permukaan kulit dan bisa memperbaiki skin barrier.

Contoh dari bahan emolien tersebut seperti minyak, asam lemak, ceramide, lipid, dan butter. Selain itu pelembap biasanya juga mengandung niacinamide untuk mencerahkan, vitamin C dan turunannya untuk memudarkan flek hitam, dan retinol untuk mengatasi kerutan dan jerawat.

Berbeda dengan kandungan yang terkandung dalam pelembab, biasanya moisturizer mengandung bahan aktif seperti glycerol, glycerin, hyaluronic acid, madu, lidah buaya, lactic acid, PCA, dan urea.

Bahan-bahan yang terkandung dalam moisturizer tersebut bersifat humektan, yaitu sifat yang dapat menarik molekul air dari udara untuk menghidrasi kulit wajah atau lapisan dalam kulit.

3. Waktu pemakaian

Biasanya penggunaan pelembap pada pagi dan malam hari saja. Karena pelembap pagi terdapat kandungan SPF dan PA yang bertindak sebagai sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Penggunaan pelembab pada malam hari biasanya mengandung bahan aktif untuk menutrisi kulit di dalam hari ketika sedang regenerasi.

Sedangkan penggunaan moisturizer bisa digunakan setiap waktu ketika wajah terasa kering. Karena moisturizer  memiliki tekstur yang lebih ringan dari pelembap, sehingga moisturizer cepat meresap ke dalam kulit dan langsung menghidrasi.

Demikian perbedaan dari pelembap dan moisturizer yang penting untuk diketahui. Pelembap dan moisturizer bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan kulit wajah. Tentunya kedua produk tersebut sama-sama bagus apabila penggunaannya sesuai dengan kebutuhan kulit.

Bagi yang bingung memilih antara pelembap dan moisturizer, dengan mengetahui perbedaan kedua produk di atas bisa membantu untuk menentukan produk mana yang sebaiknya dipilih.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar