Perbedaan WhatsApp Biasa dengan WhatsApp Business: Banyak Fitur yang Ditawarkan

Pada zaman digital saat ini, orang-orang banyak berkomunikasi melalui media sosial. Salah satu media sosial yang banyak digunakan masyarakat adalah WhatsApp (WA). Banyaknya pengguna media sosial ini, membuat WA mengembangkan dengan menghadirkan WhatsApp Business (bisnis).

Sesuai dengan namanya, WhatsApp Business (bisnis) merupakan jenis WhatsApp yang bertujuan untuk memfasilitasi perusahaan atau para penjual yang ingin mempromosikan merek/brand mereka.

Dengan begitu pemilik bisnis bisa dengan mudah berkomunikasi dengan pelanggannya. Sehingga akan lebih banyak menghadirkan keuntungan.

Lalu apa perbedaan WhatsApp biasa dengan WhatsApp Business (bisnis)?

Walaupun sama-sama media sosial yang fungsinya untuk komunikasi, namun kedua jenis WhatsApp tersebut memiliki perbedaan. Berikut merupakan perbedaan antara WhatsApp biasa dengan WhatsApp Business (bisnis):

Logo WhatsApp biasa dengan WhatsApp Business (bisnis)

WhatsApp biasa dan WhatsApp Business (bisnis) memiliki logo yang berbeda. Pada logo WhatsApp biasa terdapat gambar telepon dengan warna hijau. Sedangkan logo WhatsApp Business (bisnis) berlatar belakang warna hijau dengan menggunakan huruf kapital “B”.

Nomor telepon

Untuk membuat akun WA biasa, pengguna membutuhkan nomor HP yang masih aktif. Sedangkan pada WA bisnis bisa menggunakan nomor telepon rumah maupun kantor untuk membuat akun. 

Apabila menggunakan nomor telepon rumah atau kantor, nantinya verifikasi dapat melalui panggilan telepon. Namun WA tetap menyarankan untuk tidak mengganti-ganti nomor dan menentukan nomor ponsel yang permanen.

Profil

Perbedaan selanjutnya ada pada profil pengguna WA biasa dan WA bisnis. Pada WA biasa profil pengguna hanya berisi nama, gambar tampilan, dan nomor telepon. Sedangkan pada WA bisnis profil pengguna terdiri dari:

  1. Nama bisnis
  2. Logo
  3. Kategori bisnis
  4. URL situs web
  5. Tampilan katalog produk
  6. Memasukkan deskripsi perusahaan
  7. Memperbarui lokasi dan menentukan jam kerja.
Artikel Terkait  Mengenal Jurusan Hubungan Internasional. Apa Itu?

Pesan otomatis

Salah satu keunggulan WA bisnis yang tidak terdapat pada WA biasa adalah adanya fitur pesan otomatis. Fitur pesan otomatis ini tentunya sangat berguna bagi orang-orang yang sibuk dan banyak pesan yang masuk.

Terdapat tiga macam fungsi otomatisasi pesan di WA bisnis, yaitu:

  1. Quick replies (Teks balasan cepat)
  2. Away messages (pesan di luar jam kerja)
  3. Greeting messages (pesan salam)

Kategori akun

Ketika membuat akun WA bisnis, pengguna dapat memilih kategori pada akun bisnisnya. Contoh dari kategori yang bisa pengguna pilih adalah kategori makanan. Terdapat pula fitur bio yang dapat berfungsi untuk menginformasikan profil perusahaan.

Fitur kategori dan bio ini tidak terdapat pada WA biasa.

Katalog

Fitur lain yang ada pada WA bisnis namun tidak ada di WA biasa adalah katalog. Fitur katalog ini berfungsi untuk pengguna menampilkan dan memajang produknya agar dapat dilihat oleh pelanggan.

Pengguna dapat menyajikan foto produk dengan deskripsi dan harga sehingga pelanggan dapat langsung memesan (add to cart) maupun menanyakan melalui fitur chat.

Label pada kontak

WA bisnis memiliki fitur untuk memberi label dengan kode warna secara kategoris pada daftar chat. Label tersebut berfungsi untuk menandai masing-masing kontak atau grup. Lagi-lagi fitur ini tidak terdapat pada WA biasa.

Statistik pesan

Baik pada WA biasa maupun WA bisnis, keduanya memiliki statistik pesan. Namun yang membedakan adalah WA biasa laporan statistik pesannya terbatas. Sedangkan WA bisnis mampu membuat laporan statistik pesan dengan rinci.

Dengan adanya  laporan statistik pesan yang rinci, maka pengguna bisa menganalisis kinerja akun dari dasbor akunnya.

Itulah beberapa perbedaan antara WhatsApp biasa dengan WhatsApp Business (bisnis). Penggunaan WA biasa dan WA bisnis tersebut dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. ***

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar