Permudah Bisnis Kuliner dengan Aplikasi Kasir Gratis GoKasir

Suatu hari aku bermaksud mengajak teman lama untuk makan malam bersama. Kami datang menjelang waktu magrib tiba dan mulai memesan makanan. Suasana malam tersebut cukup crowded mengingat banyak juga anak-anak muda yang menghabiskan malam bersama gengnya. Kami sebagai golongan yang lebih tua, cukup sadar diri dan memilih melanjutkan obrolan sambil menunggu makanan datang.

Sayangnya lebih dari setengah jam kami menunggu, belum ada tanda-tanda orderan datang, akupun mendatangi bagian kasir dan ternyata, mereka lupa memasukkan pesananku, walhasil sia-sia dong kami menunggu. Setelah kami menunggu lama pun makanan datang, lagi-lagi ada kesalahan menu yang kami pesan.

Kesalahan Order yang Mempengaruhi Minat Pengunjung

Jujur saja sih, hal semacam itu menurut aku sangat mengganggu reputasi sebuah rumah makan. Kesalahan fatal pertama adalah order pengunjung tidak masuk, dan yang kedua meski sudah reorder tetapi pesanan yang datang berbeda. Hal semacam ini sangat mungkin terjadi di kalangan pemilik resto, apalagi jika mereka menghadapi tamu yang lumayan banyak.

aplikasi kasir gratis untuk resto

Tetapi kesalahan semacam ini bisa menjadi bumerang untuk keberlangsungan bisnis mereka. Pertama mereka mendapatkan respon negatif dari user yang mengalami pengalaman tidak menyenangkan tersebut, kedua bisa jadi akan menurunkan minat user untuk datang lagi kesana, bahkan, dalam beberapa kali yang aku alami, seorang teman akan menyarankan untuk tidak mengambil sebuah resto dimana ia mengalami pengalaman tidak menyenangkan tersebut.

GoKasir; Aplikasi Kasir Gratis yang Memudahkan 

Namun, sebenarnya hal tersebut bisa kok diatasi dengan menggunakan bantuan aplikasi kasir yang merangkap software Point of Sale. Mungkin banyak pemilik resto dan rumah makan berpikir untuk berinvestasi di software seperti POS tentu membutuhkan biaya, dan itu mungkin tidak akan cukup murah bagi mereka. Jangan kuatir karena sekarang ada aplikasi kasir gratis GoKasir.

Artikel Terkait  Pengertian Financial Planning

Apa itu GoKasir?

GoKasir merupakan aplikasi kasir yang bertindak sebagai point of sale bagi sistem penjualan. GoKasir bisa diterapkan di toko, minimarket, swalayan maupun rumah makan. Aplikasi kasir ini gratis alias bebas biaya.

permudah bisnis kuliner dengan aplikasi kasir gratis gokasir

Dengan menggunakan GoKasir, proses penghitungan harga, invoicing, mencetak struk bahkan metode pemilihan pembayaran bisa diakses dengan mudah.

Mengingat seluruh transaksi tercatat, maka tidak ada lagi tuh masalah seperti yang aku alami di atas, antara order tidak masuk dan pelayan salah mengantarkan menu makanan.

Fitur Unggulan GoKasir

Beberapa fitur GoKasir antara lain

  1. Mencatat orderan secara otomatis, catatan orderan akan tersaji dalam format laporan yang memudahkan pemilik bisnis
  2. Menggunakan fitur label dan tipe penjualan, sehingga pemilik bisnis yang melakukan penjualan online dan offline, bisa memisahkan order berdasarkan labeling
  3. Bisa mencetak struk pembayaran langsung dengan android, dengan bantuan bluetooth printer
  4. Pengiriman laporan transaksi usaha via email setiap hari

Tidak perlu mencatat rekap penjualan harian, karena GoKasir akan mengirimkan rekapan penjualan hari ini pada jam 1 malam, dini hari berikutnya. Beberapa laporan yang disampaikan antara lain; ringkasan penjualan, ringkasan pengeluaran, total transaksi, total item terjual, dan rincian penjualan berdasarkan jenis pesanan.

Menariknya, aplikasi ini dapat digunakan lewat perangkat android, cukup memudahkan untuk resto yang lebih mengutamakan kesimpelan menggunakan tablet/smartphone sebagai perangkat pencatatan transaksi penjualan.

Layanan ini terintegrasi dengan layanan GoBiz dimana kita bisa mengakses laporan penjualan. Selain itu, aplikasi ini terhubung dengan ekosistem Gojek dan layanan Gopay. Dengan demikian sangat membantu user yang ingin melakukan pembayaran menggunakan Gopay.

Untuk proses cetak struk dapat menggunakan printer bluetooth yang bisa langsung mencetak dari smartphone maupun tablet hanya dengan bantuan bluetooth. Dengan menggunakan sistem thermal, printer ini cukup hemat karena tidak memerlukan pengisian tinta ulang.

Artikel Terkait  Pakai Zenwel, Tingkatkan Engagement Pelanggan

 

 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar