5 Strategi Marketing untuk Kembangkan Usaha Ice Cream Café

memulai bisnis ice cream cafe

Ice cream atau es krim menjadi kuliner favorit semua orang. Rasanya yang manis dan bervariasi menjadi salah satu alasan utama orang memilih kuliner satu ini. Karena kuliner ice cream yang banyak diminati masyarakat, tentu dapat menjadi salah satu kesempatan kamu untuk mengembangkan bisnis kuliner populer ini dengan membuat ice cream café.

Seperti yang kamu tahu, bahwa saat ini mengembangkan sebuah bisnis bukan suatu yang mustahil. Terlebih mengembangkan bisnis kuliner favorit seperti ice cream dan diperluas menjadi sebuah café. 

Kamu harus mempelajari berbagai strategi marketing dan cara jitu lain. Salah satunya adalah memanfaatkan pinjaman KTA sebagai dana utama untuk mengembangkan bisnismu!

5 Strategi Marketing Bisnis Ice Cream Café

Tidak jauh berbeda dengan strategi marketing bisnis kuliner lainnya, mengembangkan bisnis café dengan hidangan ice cream sebagai hidangan utamanya juga harus memiliki strategi yang tepat dan khas. Agar lebih jelasnya, intip 5 strategi marketing perluasan bisnis ice cream café berikut:

  • Persiapkan Dana Pengembangan Bisnis

Hal pertama yang paling vital dan penting agar strategi marketing berjalan lancar adalah menyiapkan dana pengembangan bisnis. Khusus untuk strategi ini, kamu bisa memanfaatkan pinjaman dengan bunga rendah seperti KTA misalnya.

Aspek ini vital untuk mendukung berjalannya strategi marketing untuk memperluas bisnis ice cream café kamu. Maka dari itu, pastikan jika dana kamu terpisah dari dana operasional bisnis lainnya. Kelebihan lainnya, dana yang kamu miliki jadi lebih fokus pada sektor pengembangan ice cream café ini.

Budget yang dapat kamu siapkan untuk melancarkan strategi satu ini adalah Rp275 juta. Dana tersebut dapat kamu alokasikan pada sektor-sektor operasional ketika memperluas bisnis ice cream café. Cukup gunakan pinjaman dengan bunga rendah yang tidak memberatkan cicilan kamu.

  • Tetapkan Lokasi yang Aesthetic

Jangan lupa menetapkan lokasi yang aesthetic dan strategis. Hal ini berkaitan dengan image suatu ice cream café yang colorful dan memiliki kekhasan dari lokasinya tersendiri.

Artikel Terkait  Perbedaan CV, UD, PT, dan Perseroan Perorangan

Misalnya, ketika mengembangkan lokasi ice cream café kamu menentukan tempat di ruko dekat kawasan universitas atau kompleks perumahan.Tidak perlu lokasi yang terlalu luas, karena lokasi kecil pun akan mengundang banyak pelanggan apabila strategis dan memberikan kesan lokasi yang aesthetic.

Terlebih lagi jika kamu membuat lokasi café yang instagramable dan cozy untuk pelanggan yang sekadar mengobrol dan hang out. Dijamin ice cream café kamu akan diminati dan prospek pendapatan serta pasarnya akan semakin luas. Kamu cukup persiapkan dana Rp200 juta hingga Rp250 juta saja untuk mengaplikasikan strategi ini.

  • Buat Side Dish Untuk Ice Cream

Mengembangkan bisnis café juga perlu memikirkan strategi marketing dari sisi hidangan yang dijual. Jika kamu memilih ice cream sebagai hidangan utama café milikmu, maka dari itu akan semakin memiliki prospek bagus apabila terdapat side dish yang menarik dan lezat.

Kamu dapat mencoba untuk melakukan inovasi makanan ringan seperti French fries, cireng, onion ring dan lain-lain. Hal tersebut mengingat bahwa pasar yang kamu targetkan adalah pelanggan yang mampir untuk hang out dan mengobrol santai sekaligus menikmati ice cream dan snacks. 

Gunakan budget sekitar Rp235 juta untuk mencari side dish dengan koki terbaik, agar menu makanan di ice cream café kamu tidak monoton.

  • Lakukan Inovasi Konsep Café yang Khas

Strategi yang keempat adalah melakukan inovasi konsep café yang khas. Kamu dapat memulai untuk memikirkan konsep ice cream café seperti apa yang akan kamu gunakan. Misalnya, kamu dapat mengusung konsep ice cream café gelato’ dan mendekorasi interiornya ala café-café di Italia dengan side dish cemilan khasnya.

Inovasi konsep café ini menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan. Alasannya adalah karena setiap pengembangan bisnis wajib memiliki ide-ide inovatif agar strategi pemasaran bisnisnya berjalan lancar.

Artikel Terkait  Perbedaan Dataran Tinggi dan Dataran Rendah

Salah satu inovasi yang dapat kamu lakukan juga adalah dengan berkolaborasi dengan bisnis lainnya, misalnya food truck. Atau kamu dapat berkolaborasi dengan bisnis terkait, yang mana kamu dapat memanfaatkan budget hingga Rp250 juta untuk mengaplikasikan poin satu ini.

  • Aktif Melakukan Marketing dengan Media Sosial

Terakhir, kamu dapat melakukan strategi marketing dengan aktif di media sosial. Hal satu ini juga bagian penting dari proses marketing pengembangan bisnis ice cream café milikmu. Aktif di dalam digital marketing menjadi poin plus untuk mengembangkan bisnis kamu.

Selain wajib memiliki website yang dapat mempermudah pemesanan ice cream. Kamu juga dapat melakukan digital marketing dengan mengundang selebgram. Selain menggunakan media sosial Instagram, kamu juga dapat memanfaatkan Facebook, TikTok dan sebagainya. Persiapkan budget untuk endorse maksimal Rp250 juta untuk hal ini!

Melakukan pemasaran dengan media sosial juga dapat dengan melakukan giveaway atau voucher gratis. Sehingga dengan hal tersebut kamu dapat menarik banyak pelanggan untuk datang ke ice cream café kamu. Banyak sekali strategi marketing dengan media sosial yang dapat kamu coba dan dijamin akan lebih menarik perhatian pelanggan.

bisnis ice cream cafe

Serunya Mengembangkan Ice Cream Café!

Mengembangkan bisnis ice cream café merupakan hal yang khas dan tentu memiliki kesempatan yang dijamin lebih luas. Alasannya mudah, yaitu karena ice cream menjadi salah satu kuliner atau cemilan atau bisa juga dessert yang disukai oleh banyak orang.

Jika kamu sudah menyiapkan berbagai konsep dan dana dari pinjaman KTA untuk mengembangkan bisnis. Maka langkah selanjutnya adalah merealisasikan beberapa strategi marketing yang sudah disebutkan di atas. Karena untuk urusan pendanaan, kamu tidak perlu khawatir lagi.

Artikel Terkait  Fungsi Jasa Pendaftaran Merek

Hal tersebut karena saat ini mengembangkan bisnis begitu mudah dengan jenis pinjaman KTA terpercaya dan mudah. Salah satu produk KTA terbaik adalah DBS KTA, yang mana banyak keunggulan yang kamu dapat. Sehingga, memperluas bisnis dapat lebih lancar dan tanpa kendala yang berarti. Untuk informasi lebih lanjut dan lengkap, kamu dapat klik di sini.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar