Memiliki Banyak Warna, Ternyata Setiap Warna Hardisk WD Memiliki Kegunaan Masing-masing

Untuk menyimpan data seperti dokumen, foto, video, musik, dan data lainnya pada laptop atau komputer, tentunya membutuhkan hardisk. Hardisk merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada laptop maupun komputer, karena kalau tidak ada hardisk kita tidak bisa menyimpan data-data.

Saat ini sudah banyak terdapat berbagai merk hardisk yang beredar. Salah satu merek hardisk yang banyak digunakan adalah Western Digital (WD).Hardisk merk WD ini pun menawarkan berbagai pilihan warna. Warna yang tersedia tersebut ternyata memiliki arti dan maksud khusus loh. Apa kamu sudah mengetahui perbedaan dari setiap warna hardisk WD tersebut?

Perbedaan dan kegunaan setiap warna hardisk WD

Agar tidak salah beli hardisk sesuai dengan kebutuhan, simak dulu informasi tentang perbedaan dan kegunaan setiap warna hardisk WD berikut ini.

1. Hardisk WD Green

Hardisk WD green sesuai dengan warnanya merupakan jenis hardisk WD yang sangat ramah lingkungan. WD Green ramah lingkungan karena bekerja dalam suhu yang rendah dan tidak boros daya. Oleh karena itu, hardisk WD green ini lebih tahan lama dan tidak cepat rusak.

WD green ini memiliki kemampuan Smart Rpm yang akan menurunkan Rpm ke 5400Rpm saat melakukan pekerjaan ringan, ketika melakukan pekerjaan berat akan meningkat sampai 7200Rpm dengan kombinasi teknologi IntelliSeek dan IntelliPower. Selain ramah lingkungan, hardisk WD green juga tidak berisik.  Saat ini Anda bisa mendapatkan hardisk WD Green dengan nama SATA dan M.2 SSD.

2. Hardisk WD Red

Hardisk WD red dengan pembaharuan teknologi NAS (Network Attached Storage) yang sangat cocok untuk penggunaan jaringan storage dan server. WD Red yang berlabel warna Merah ini dirancang khusus untuk server rumah maupun kantor/perusahaan yang menggunakan sistem NAS.

Artikel Terkait  Pengertian Arus, Tegangan, Hambatan. Simak dan Pahami

Berbeda dengan tipe hardisk WD lainnya, hardisk WD red memiliki garansi selama 3 tahun. Sedangkan tipe lainnya hanya bergaransi selama 1 tahun. Hardisk WD Red hadir dalam kapasitas 2 TB, 3 TB, 4TB dan 6TB.

3. Hardisk WD Blue

Hardisk WD blue hadir dengan berbagai pilihan kapasitas penyimpanan, mulai dari 250 GB hingga 6 TB. Tipe hardisk WD ini cocok digunakan untuk kebutuhan harian. Karena bisanya kebutuhan harian seperti office, browsing, serta kebutuhan data yang tidak terlalu besar cocok menggunakan hardisk tipe ini.

4. Hardisk WD Purple

Hardisk WD purple cocok untuk kamu yang mencari hardisk untuk ‘pengawasan’ seperti CCTV dan antrian. Karena hardisk ini bisa menahan operasi 24/7 sesuai dengan kebutuhanmu. Kapasitas yang ada pun beragam mulai dari 500 GB hingga 8 TB.

5. Hardisk WD Black

Hardisk WD black cocok bagi penggemar game serta PC workstation. Kapasitasnya pun beragam, mulai dari 1 TB hingga 6 TB. Selain itu tipe hardisk ini juga memiliki cache 128 MB. Namun karena kinerjanya yang tinggi, hardisk ini lebih cepat panas.

6. Hardisk WD Gold

Hardisk WD gold ini merupakan tingkatan hardisk WD tertinggi yang cocok untuk pusat data. Salah satu tipe hardisk WD ini bahkan bisa mengakomodasi data 550 TB per tahun dan dua juta jam Mean Time Between Failures. Namun karena merupakan hardisk WD tertinggi, hardisk WD gold memiliki harga yang paling tinggi di antara hardisk lainnya.

Itulah informasi tentang perbedaan dan kegunaan setiap warna hardisk WD. Ketahui perbedaan dan kegunaan setiap warna hardisk WD agar tidak salah memilih saat akan membeli. Sehingga bisa membeli hardisk sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar