Perbedaan Kabupaten dan Kota. Apa Saja?

Kabupaten dan Kota, adalah salah satu wilayah di Indonesia yang memegang peranan penting dalam kemajuan Indonesia di bidang apapun. Setiap wilayah yang ada, memiliki potensi dalam memberikan dampak positifnya bagi masyarakat dan negara.

Indonesia, memiliki 514 Kabupaten dan Kota, dengan rincian 416 Kab. dan 98 Kota. Banyak yang masih bingung dalam membedakan, mana yang Kabupaten dan mana yang Kota. Padahal, secara fisik beda, atau ada ciri khasnya masing-masing.

Untuk tahu lebih jelasnya, simak perbedaan berikut ini!

Secara Arti

Kabupaten adalah pembagian wilayah administratif Indonesia setelah Provinsi, dan dipimpin oleh seorang Bupati. Istilah ini, sebelumnya hanya digunakan di Pulau Jawa dan Madura saja, sebelum digunakan di seluruh Indonesia saat ini.

Sedangkan Kota, adalah pembagian wilayah administratif setelah Provinsi, yang mana dipimpin oleh Walikota. Kota, adalah pusat permukiman dan kegiatan penduduk berdasarkan UU yang berlaku. Dan hal tersebut, didukung dengan watak dan ciri kehidupan perkotaan yang ada.

Perbedaan Kabupaten dan Kota

Perbedaan Kabupaten dan Kota, jika dilihat dalam aspek berikut ini!

1. Berdasarkan Luas Wilayah

Kabupaten, memiliki wilayah yang lebih luas daripada Kota secara rata-rata. Sehingga, di daerah Kabupaten, masih banyak daerah (desa) yang tertinggal karena untuk pemerataannya butuh waktu yang lama dan jangkauan akan pembangunan butuh dana yang lebih besar.

2. Berdasarkan Aspek Kependudukan

Kepadatan penduduk, di daerah Kabupaten terbilang rendah, sedangkan Kota, sebaliknya. Kepadatan penduduk, didasarkan pada masyarakatnya yang ingin maju dengan aspek yang ia inginkan dengan cara merantau ke daerah perkotaan secara dominan.

3. Berdasarkan Aspek Mata Pencaharian

Berdasarkan aspek mata pencaharian, masyarakat Kabupaten, lebih bergerak atau bekerja sebagai petani atau bersifat agraris. Sedangkan penduduk Kota, lebih bergerak dalam bidang perdagangan dan jasa. Prioritas kebijakan pembangunan, antara Kabupaten dengan Kota juga berbeda.

Artikel Terkait  Perbedaan, Antara Manusia, Orang, dan Diri. Apa Saja Yah?

4. Berdasarkan Struktur Pemerintahan

Berdasarkan struktur pemerintahan, Kota dibentuk dari Kecamatan dan Kelurahan, sedangkan di Kabupaten terdapat dua hal di atas, ditambah Desa atau Kampung atau Gampong. Kecamatan dan Kelurahan, merupakan bagian dari pemerintah daerah Kabupaten dan Kota.

5. Berdasarkan Aspek Sosial, Budaya, dan Perekonomian

Dalam Sosbud, penduduk Kota memiliki tingkat pendidikan dan kesehatan yang lebih baik daripada Kabupaten. Fasilitas pelayanan publik yang ada, juga bagus di Kota. Dalam hal perekonomian, rata-rata PDRB di Kabupaten, lebih rendah daripada PDRB di Kota.

Catatan:

Kota dan Kabupaten, tidak berada di bawah wewenang Provinsi, sehingga, Bupati atau Walikota tidak bertanggung jawab langsung terhadap Gubernur. Kota dan Kabupaten, merupakan daerah otonomi yang memiliki kewenangan dalam mengatur pemerintahan sendiri.

Berdasarkan Ciri-ciri

Berdasarkan ciri-ciri, maka Kabupaten dan Kota, memiliki ciri-ciri yang khas, dalam mempresentasikan wilayahnya masing-masing:

1. Kota

  1. Terdapat pusat permukiman dan kegiatan penduduk yang dibatasi berdasarkan wilayah administrasi.
  2. Memiliki jumlah penduduk 20.000 hingga lebih dari 5 juta jiwa.
  3. Memiliki daerah terbuka, untuk open space atau paru-paru kota.
  4. Memiliki gedung pemerintahan, perkantoran, hiburan, olahraga, alun-alun, lahan parkir, dan kompleks hunian masyarakat.
  5. Memiliki hubungan sosial yang bersifat gesselschaft.
  6. Memiliki segresi keruangan dan norma keagamaan tidak terlalu ketat.
  7. Penduduk kota, memiliki sikap individualis serta egoisme.
  8. Masyarakat kota memiliki pandangan hidup yang rasional daripada masyarakat desa.

2. Kabupaten

  1. Fasilitas pelayanan publik yang ada, masih jauh di bawah pelayanan di Kota.
  2. Penduduk masih ada yang memiliki pandangan hidup primitif, jadi kurang maju.
  3. Akses transportasi dan lain-lain belum memadai bahkan memadai sedikit.
  4. Tingkat pendidikan di Kabupaten perlu diperbaiki.

Itulah, penjelasan mengenai perbedaan antara Kabupaten dan Kota. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait  Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan pada Makhluk Hidup, Apa Saja?

 

 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar