Berikut Ini adalah Perbedaan Otot Bisep dan Trisep

Kamu pasti familiar dengan dua istilah ini, iya otot Bisep dan Trisep, hadir dalam mata pelajaran IPA atau Sains. 2 istilah ini menjelaskan dasaran otot yang ada pada manusia dan memiliki fungsi dalam menggerakkan maupun menyeimbangkan tubuh. Terdapat perbedaan diantaranya keduanya. 

Otot tersebut sangat berguna dalam pekerjaan sehari-hari, dan untuk lebih jelasnya, kita perlu yang namanya spesifikasi perbedaan antara kedua hal tersebut di berbagai hal. Seperti apa sih?, langsung simak saja berikut ini semoga bermanfaat. 

Pengertian Otot

Otot adalah alat gerak aktif, yang mana memungkinkan seseorang untuk melakukan aktivitas harian dengan baik. Entah itu untuk berjalan, memegang, berlari, hingga hal-hal kecil lainnya. Cara kerja dari otot sendiri ada Antagonis dan Sinergis. Bisep dan Trisep adalah contoh cara kerja otot yang Antagonis. 

Otot Antagonis, berjumlah dua, yang mana dalam pergerakannya saling berlawanan, makanya disebut dengan Antagonis. Contoh efek gerak dari otot ini, adalah:  

  1. Gerakan Ekstensor (meluruskan) dan Fleksor (membengkokkan). Misalnya otot bisep dan otot trisep.
  2. Gerakan Abduktor (menjauhi badan) dan Adduktor (mendekati badan). Misal gerak tangan sejajar dengan bahu, dibantu dengan sikap yang sempurna.
  3. Gerakan Depresor (ke bawah) dan Elavator (ke atas), misalnya gerak kepala dengan menundukkan dan menengadah.
  4. Gerakan Supinator (menengadah) dan Pronator (menelungkup). Misalnya gerak telapak tangan menengadah dan gerak tangan menelungkup.

Perbedaan Otot Bisep dan Trisep

Otot bisep dan trisep adalah otot yang berada pada lengan tubuh kita. Otot bisep terletak pada bagian depan lengan sementara otot triceps berada di bagian belakang tulang. Kedua otot ini merupakan otot sinergis antagonis yang bekerja bersama namun dengan arah yang berbeda. Hal tersebut karena saat kita menekuk siku ke dalam, otot biseps melakukan konstraksi dan otot triseps melakukan relaksasi dan begitu pula sebaliknya saat posisi tangan kembali seperti semula.

Artikel Terkait  Perbedaan Gas Oksigen Medis dan Industri

Berikut adalah perbedaan otot Bisep dan Trisep dilihat dari berbagai hal, diantaranya:

1. Pengertian 

– Otot Bisep

Otot Bisep atau istilah ilmiahnya Biceps Brachii, merupakan otot yang besar dengan berkepala(caput) dua, alasannya karena berorigo pada dua tempat yang berbeda. Letak otot bisep di lengan atas tubuh manusia.

Caput yang ada meliputi Caput Longum (panjang) dan Caput Brevis (pendek). Otot ini mudah dilihat, karena berada di dekat permukaan kulit, bisa dicontohkan saat Binaragawan sedang mempertunjukkan aksi dalam memperbesar lengan dengan melakukan latihan angkat beban secara intensif. 

– Otot Trisep

Pengertian otot Trisep atau Triceps Brachii adalah otot yang besar, memiliki kepala (caput) dengan jumlah 3, alasannya memang berada di tiga tempat yang berbeda, beda dengan Bisep yang ada di dua tempat. Letak otot berada di sepanjang lengan atas bagian tubuh. 

Caput yang ada meliputi, Caput Longum, Caput Medial, dan Caput Lateralis. Manfaat dan fungsi dari otot ini adalah sebagai penahan dari beban lengan pada sendi bahu dan ekstensi sendi siku. Hal ini, khusus untuk Caput Longum, yang dapat melakukan adduksi (gerakan mendekati tubuh) sendi bahu. 

2. Cara Kerja 

Perbedaan otot bisep dan trisep

– Otot Bisep

  1. Saat tangan ditekuk, otot Bisep akan berkontraksi (membesar). 
  2. Saat tangan atau lengan diluruskan, maka otot Bisep akan berelaksasi (memanjang). 

– Otot Trisep 

  1. Saat tangan ditekuk, otot Trisep akan berelaksasi (memanjang). 
  2. Saat tangan atau lengan diluruskan, maka otot Trisep akan berkontraksi (membesar). 

Peranan dari otot Bisep dan Trisep sama-sama saling bekerja atau saling berhubungan, dengan menggerakkan lengan (baik membuka maupun menutup). Sehingga seseorang atau tubuh manusia bisa bergerak dengan bebas sesuai dengan kebutuhan. 

Artikel Terkait  Pilih Online atau Offline, Cara Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan/ Kesehatan

Perlu Latihan Otot

Untuk membuat otot Bisep dan Trisep bekerja secara maksimal, kita perlu yang namanya melakukan latihan secara rutin agar bisa membentuk kedua otot tersebut dengan baik. Latihan yang dilakukan tidak terlau sulit, dan hasilnya nanti juga bisa maksimal. 

Bekerja lebih kuat dan maksimal, kemudian melakukan aktivitas berat juga mudah. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan massa otot bisep dan trisep adalah dengan berlatih Push Up, jika itu dilakukan rutin maka akan membentuk otot dengan baik dan kita bisa jadi semangat. 

Itulah penjelasan mengenai perbedaan dari otot Bisep dan Trisep, dilihat dari pengertian hingga cara kerja, semoga bermanfaat.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar