Manfaat Susu Kedelai, Ternyata Gak Main-main Lho

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar tentunya tidak mudah dan tidak lepas dari perawatan dan upaya menjaga kesehatan, Selain olahraga teratur dan benar Asupan nutrisi dalam tubuh gizi yang cukup dan seimbang juga tak kalah menjadi point penting dan utama.

Zat gizi seperti halnya protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin sangat diperlukan untuk mencukupi gizi seimbang dalam tubuh manusia.

Protein merupakan nutrisi penting untuk memperbaiki sel, memproduksi sel baru, dan membuat organ tubuh bekerja dengan baik. Protein terdiri atas asam amino yang secara umum terbagi menjadi asam amino esensial dan asam amino non esensial.

Sumber protein sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu hewani dan nabati. Jika protein hewani berasal dari hewan ternak seperti ayam, sapi, ikan dan lain sebagainya, maka protein nabati berasal dari tumbuhan.

Bicara soal protein nabati kita ambil contoh yaitu susu kedelai, kenapa disebut mengandung protein nabati ? Karena berbahan dasar Sari kedelai.

Lalu mana sih yang lebih menutrisi tubuh kita, susu sapi atau susu kedelai nih? 

Pada dasarnya semua jenis susu memiliki kelebihannya masing- masing, nutrisi dengan kadar gizi di dalamnya. Kandungan lemak, vitamin serta mineral pada Susu sapi baik dan disarankan untuk menunjang masa pertumbuhan pada anak – anak, Sebagai sumber nutrisi yang baik hingga dewasa.

Namun, Susu sapi mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Sehingga Susu kedelai bisa menjadi susu alternatif orang yang alergi protein susu sapi atau mempunyai intoleransi laktosa yang tidak disarankan mengonsumsi susu sapi.

Bukan karena tanpa alasan ya ketika memilih option mengkonsumsi susu kedelai, ketika memiliki alergi protein hewani tetap bisa mendapatkan asupan gizi yang setara sesuai dengan kebutuhan.

manfaat susu kedelai

Susu kedelai mengandung lebih sedikit kalori dan protein yang cukup tinggi, selain itu tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Kaya antioksidan dan fitoestrogen yang mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan radikal bebas.

Setelah memiliki perbandingan diantara keduanya, ternyata susu sapi maupun susu kedelai memiliki kandungan nutrisi yang sama- sama baik untuk tubuh. Pilihlah jenis susu sesuai dengan kebutuhan kita dan cocok dengan kondisi kita masing- masing.

Soya Milk ( Susu kedelai) adalah jenis susu nabati yang berasal dari olahan atau ekstraksi sari kacang kedelai. 

Artikel Terkait  Penyebab Gigi Berlubang, Waspadai dari Sekarang

Siapa sih disini yang ga suka dengan susu kesehatan yang satu ini? Minuman sehat yang ga bikin eneg pastinya kaya pula kandungan protein untuk kebutuhan gizi tubuh manusia.

Nah, selain rasanya yang enak sebagai alternatif minum susu Susu kedelai ini juga kaya akan manfaat untuk kesehatan loh!

Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat susu kedelai untuk menjaga kesehatan kita, apa saja?

Membantu Menurunkan Tekanan darah tinggi

Sudah tidak asing lagi bukan dengan biji – bijian yang sudah sangat umum di konsumsi di semua kalangan masyarakat, tidak hanya sekedar diolah menjadi bahan makanan seperti tahu dan juga tempe namun menyimpan manfaat untuk kesehatan.

Kedelai memiliki efek farmakologis yang berfungsi menurunkan kadar lemak darah dan meningkatkan kolesterol baik. Kandungan Magnesium dan kalium di dalam kacang kedelai mampu menurunkan tekanan darah tinggi, tidak hanya itu saja namun bisa mengontrol gula darah.

Konsumsi susu kedelai secara rutin bahkan dipercaya efektif bisa membantu mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

Menurunkan peradangan

Peradangan adalah salah satu gejala yang ditimbulkan karena infeksi atau cedera dan infeksi. 

Misalkan saja peradangan sendi jika dibiarkan dalam jangka panjang, itu bisa merusak dan meningkatkan resiko diabetes, kanker, penyakit jantung, hingga komplikasi.

Menjaga dan menurunkan Berat badan

Buat sebagian orang yang bermasalah dengan berat badan bisa mengkonsumsi susu kedelai secara rutin sehingga berat badan bisa menjadi terjaga.

Berat badan bisa seimbang dan ideal ketika kita konsumsi lebih sedikit kalori. Susu kedelai menjadi option yang tepat karena rendah kalori namun tetap mengandung protein yang baik untuk tubuh.

Untuk Kesehatan tulang

Susu kedelai nikmat sejuta manfaat karena kandungan gizi didalamnya diantaranya adalah Kalsium, dimana kadar kalsium dalam tubuh sangat berpengaruh dengan kepadatan tulang.

Minum susu kedelai secara rutin dan teratur membuat tulang lebih kuat dan sehat. Mencegah resiko patah tulang dan memperkuat tulang sendi.

Meningkatkan Massa otot

Untuk sebagian orang yang memiliki intoleransi laktosa ataupun alergi susu sapi, maka susu kedelai adalah pilihan yang baik untuk membentuk otot tubuh.

Artikel Terkait  Perbedaan Margarin dan Mentega

Protein susu kedelai disebut protein ” cepat” dan dapat mengalirkan asam amino yang besar dalam darah. Asam Amino yang besar di dalam darah dapat digunakan untuk memperbesar massa otot, sehingga susu kedelai dapat digunakan untuk pembentukan otot.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Susu kedelai adalah sumber kalium, protein, antioksidan, dan omega-3 yang baik. Kandungan nutrisi tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. 

Tekanan darah pun akan menjadi stabil, itulah sebabnya konsumsi susu kedelai bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Membantu Perkembangan Janin dan bayi

Manfaat konsumsi susu kedelai selanjutnya adalah membantu Perkembangan janin dan bayi.

Asam folat yang terkandung didalam susu kedelai merupakan asupan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan sistem saraf dan otak janin.

Ketika hamil nutrisi Ibu dan juga buah hati harus tercukupi. Kebutuhan folat dan vitamin B12 selama masa kehamilan terbukti dapat mencegah terjadinya kelainan bawaan lahir pada saraf bayi seperti spina bifida. 

Mengurangi resiko Kanker Payudara

Pada sebuah penelitian di Cina yang melibatkan 73.000 wanita menunjukkan bahwa diet tinggi kedelai tidak meningkatkan risiko kanker payudara, justru dapat mengurangi risiko kanker payudara. 

Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi setidaknya 13 gram protein kedelai setiap hari sebanyak 1-2 porsi, memiliki risiko 11 persen lebih kecil untuk terkena kanker payudara daripada wanita yang mengonsumsi protein kedelai kurang dari 5 gram per hari.

Berdasarkan sebuah penelitian lain, ternyata mengkonsumsi susu kedelai sejak usia dini dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara hingga 60 persen.

Pengganti Produk Susu Hewani yang Baik

manfaat susu kedelai

Sudah pada bahasan awal bahwa susu kedelai bisa dijadikan alternatif pengganti produk susu yang kandungan nutrisinya juga sama – sama baik.

Untuk sebagian orang yang sering alergi terhadap susu sapi, Susu kedelai ini dapat digunakan sebagai pengganti susu hewani.

Mengingat fungsi susu bagi tubuh sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan kesehatan dan kebugaran.

Membantu Memperkuat Pembuluh Darah

Kandungan Asam lemak omega- 3 dan juga omega- 6 pada susu kedelai dipercaya dapat melindungi pembuluh darah loh!

Senyawa baik dalam susu kedelai akan mempertahankan sel- sel hidup dan mencegah peningkatan kolesterol jahat.

Artikel Terkait  Penyebab Hidung Mampet. Apa Saja?

Mengurangi Resiko Kanker Prostat

Jenis kanker yang terjadi pada pria ini bisa diminimalisir dengan rutin konsumsi susu kedelai.

Kanker prostat berkembang dalam kelenjar prostat, biasanya kanker ini ditandai dengan masalah gangguan buang air kecil.

Membantu masalah Anemia

Kandungan kalsium dan zat besi mampu mengatasi masalah anemia. Zat besi bisa meningkatkan produksi sel darah merah, yang mampu meningkatkan fungsi keseluruhan pembuluh darah, Sehingga kekebalan tubuh pun meningkat.

Penambah Energi

Seperti halnya susu sapi, susu kedelai ini sebagai penambah energi secara alami dalam tubuh manusia.

Membantu Mengobati Nyeri Arthritis

Manfaat susu kedelai yang tak kalah penting yaitu mampu mengobati nyeri Arthritis. Arthritis merupakan pembengkakan yang dirasakan pada sendi (biasanya sering bertambahnya usia nyeri akan semakin memburuk).

Kandungan kalsium dan asam lemak dalam susu kedelai, akan bermanfaat mengatasi nyeri Arthritis. Mengobati radang sendi .

Membantu Tidur Nyenyak

Kandungan triptofan- asam amino untuk membantu membuat melatonin atau hormon tidur.

Kandungan itu juga menjadi sumber senyawa isoflavon yang baik, yakni merupakan zat fitoestrogen yang memiliki sifat dan cara kerja menyerupai hormon estrogen pada wanita.

Senyawa tersebut juga berperan sebagai antioksidan. Estrogen akan mempengaruhi durasi dan kualitas tidur.

Susu kedelai berasal dari sari biji kedelai. Kedelai memang dikenal kaya nutrisi, sehingga susu kedelai menjadi minuman yang bergizi.

Cara paling aman mengkonsumsi susu kedelai pada tingkat 2-3 porsi yang pas per hari, untuk pria dan wanita. Bagi wanita yang berisiko tinggi terkena kanker payudara, susu kedelai masih bisa dikonsumsi aman sekali atau 2 kali seminggu.

Nah itu tadi beberapa manfaat yang sudah kita ketahui ataupun yang belum kita ketahui sebelumnya, manfaat dapat kita rasakan dengan mengkonsumsi susu kedelai tentunya dengan takaran yang sesuai dan tidak berlebihan sesuai dengan kebutuhan kita.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar