Penyebab Gigi Berlubang, Waspadai dari Sekarang

Gigi bolong atau gigi berlubang adalah masalah kecil yang bisa membuat kita tidak enak makan dan minum. Gigi berlubang disebabkan oleh plak yang menumpuk pada lapisan gigi dan menyebabkan enamel gigi terkikis. Saat plak sisa makanan mengendap terlalu lama dan tidak dibersihkan, bakteri pada mulut akan mengubah plak menjadi zat asam yang dapat merusak lapisan gigi dan mengikisnya.

Itulah mengapa gigi berlubang lebih sering dijumpai pada orang yang tidak menjaga kebersihan mulut dan giginya.

Kebiasaan Penyebab Gigi Berlubang

Ada beberapa penyebab gigi berlubang, mulai dari masalah kesehatan atau dari kebiasaan gaya hidup yang kurang sehat. Umumnya, gigi berlubang lebih banyak ditimbulkan oleh faktor kedua yaitu kurangnya gaya hidup sehat, terutama terkait kebersihan gigi dan mulut

Kebiasaan Makan Makanan Manis

Plak yang menempel pada gigi kebanyakan berasal dari glukosa, sisa makanan manis yang tertinggal pada celah gigi dan mulut ini beresiko menimbulkan masalah serius seperti gigi berlubang. Oleh karena itu disarankan untuk mengurangi kebiasaan makan makanan manis dan tinggi gula.

Tidak Rajin Menggosok Gigi

Masalah utama yang seringkali menjadi faktor cepatnya gigi rusak adalah kebiasaan tidak membersihkan mulut. Manusia setidaknya harus menggosok gigi minimal 2x sehari, pada pagi hari dan sebelum tidur. Akan lebih baik jika kebiasaan ini diteruskan dengan menggosok gigi selepas makan. Gunanya untuk menghindari adanya sisa makanan yang dapat menyebabkan plak gigi.

penyebab gigi berlubang

Kebiasaan Merokok dan Mengkonsumsi Alkohol

Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol juga dapat menjadi salah satu penyebab gigi berlubang, zat yang terkandung dalam asap rokok dan alkohol dapat mengurangi tingkat kesehatan gigi dan mulut. Bakteri yang bercampur dengan zat sisa rokok dan alkohol kemudian berubah menjadi asam yang akan mengikis enamel gigi dan menghasilkan gigi berlubang.

Artikel Terkait  Perbedaan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

Konsumsi Obat dan Suplemen Mengandung Gula

Kandungan gula tidak hanya terdapat pada makanan yang kita konsumsi, tetapi juga pada obat, suplemen dan vitamin makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Ada baiknya kita selalu mengecek kadar kandungan setiap suplemen yang kita minum untuk mencegah timbulnya lubang gigi karena asupan gula tinggi pada suplemen.

Penyebab Medis Timbulnya Sakit Gigi

Penyebab gigi berlubang

Meski kebanyakan masalah sakit gigi akibat gigi bolong timbul akibat kebiasaan pola makan yang tidak sehat, sakit gigi bisa terjadi karena gangguan medis berikut ini

Anoreksia

Anoreksia adalah gangguan makan yang mengakibatkan penurunan berat badan yang angat rendah. Biasanya, hal ini terjadi untuk orang yang melakukan diet berlebihan untuk memiliki tubuh idaman seperti model.

Anoreksia dapat memicu gangguan zat kimia pada tubuh yang memicu melemahnya enamel gigi, sehingga mengakibatkan gigi berlubang

Gerd

Gerd adalah salah satu jenis penyakit asam lambung, sebagaimana kita ketahui asam merupakan zat yang bertanggungjawab terhadap pelapukan gigi. Inilah sebabnya saat orang mengalami gerd, asam lambung dapat menyebabkan refluks yang menyebabkan gigi mengalami erosi.

Usia Lanjut

Masalah berikut bisa terjadi pada manula akibat berkurangnya tingkat produksi air liur pada mulut. Semakin menua usia, terjadi penurunan tingkat produksi hormon dalam tubuh termasuk juga air liur yang berfungsi menyapu bakteri di dalam mulut.

Inilah mengapa orang tua mengalami masalah gigi, karena bakteri di dalam mulut meningkat dan mempercepat pertumbuhan plak yang menempel pada gigi.

Nah itulah beberapa penyebab gigi berlubang, ada yang merupakan faktor kebiasaan dan ada beberapa yang memang berasal dari gangguan kesehatan.

Yang terpenting adalah tetap menjaga kesehatan agar terhindar dari sakitnya nyeri gigi berlubang.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar