Ciri-Ciri dan Contoh Kalimat Efektif

Kalimat efektif, menjadi suatu kalimat yang memiliki susunan sempurna, sehingga mudah untuk dipahami oleh pembaca, kemudian kita bisa memahaminya lewat tulisan maupun lisan. Kalimat efektif, biasanya digunakan dalam menyampaikan informasi atau gagasan ke orang lain.

Apabila ada orang yang menyimak sesuatu, tidak paham, maka bisa saja kalimat yang  ditulis tidak efektif atau tidak dimengertii. Cara mengetahui, kalau kalimat tersenut efektif atau tidak, bisa dilihat dari pemahaman pembaca.

Ciri-ciri Kalimat Efektif

Berikut, adalah ciri-ciri dari kalimat efektif, diantaranya:

1. Memiliki Struktur yang Sepadan

Jadi, kalimat efektif, harus memiliki susunan atau struktur yang sepadan, kemudian mampu dipahami sebagai suatu kalimat, yang memuat subjek, predikat yang jelas. Dari situ, gagasan atau informasi yang diinginkan, akan tersampaikan dengan tepat.

2. Memiliki Bentuk yang Paralel

Maksudnya, adalah kalimat efektif, harus memiliki bentuk yang pararel. Disini, maksudnya adalah sejajar. Jadi, suatu kalimat memiliki bentuk pertama yakni “kata benda”. Kalimat selanjutnya, harus memiliki bentuk kata benda.

3. Memiliki Kata yang Hemat

Kalimat efektif, mempunyai kata yang hemat, disusun menggunakan sedikit kata, frasa, maupun bentuk lainnya yang tidak perlu. Beberapa cara, yang bisa dilakukan untuk menyusun kalimat efektif yang hemat kata, adalah 4 cara.

Adapun, ciri-ciri yang lain, diantaranya: Kecermatan Penalaran, Kelogisan Bahasa, dan Menggunakan Ejaan dan Kaidah Kebahasaan yang Baku

Contoh Kalimat Efektif

Contoh, dari kalimat efektif, adalah:

  1. Surabaya merupakan satu di antara kota besar di Indonesia.
  2. Demi anaknya, Bu Susi rela bekerja seharian
  3. Ada macam-macam makanan yang dijual di restoran itu.
  4. Saran yang dikemukakannya akan kami pertimbangkan
  5. Budi paling pintar di kelasnya
  6. Suasana di pasar sangat ramai
  7. Hari ini para siswa SMA 1 diliburkan
  8. Riana rajin belajar agar menjadi pintar
  9. Meski cantik, Vina tidak sombong
  10. Setelah bekerja seharian, Putri beristirahat
  11. Seluruh mahasiswa dikenakan peraturan yang sama
  12. Taufik adalah salah seorang atlet berprestasi
  13. Walau masih pagi, Pak Joko sudah beraktivitas
  14. Minggu kemarin, banyak pegawai yang melakukan demonstrasi
  15. Anggi pergi ke pasar dan membeli sayur
  16. Terus meningkatnya permintaan terhadap produk kertas memaksa industri kertas menambah produksi dan meningkatkan mutunya.
  17. Berdasarkan penelitian, PT Grand Shoe Industry yang berlokasi di Jalan Sosial No. 4, Jakarta Barat didirikan Bapak Soewarno Martodihardjo pada 23 Maret 1975.
  18. Berdasarkan cara pengobatannya, pelayanan kesehatan tradisional dibedakan menjadi pelayanan kesehatan yang menggunakan keterampilan dan yang menggunakan ramuan.
  19. Seniman antik itu menjual rumahnya dengan harga murah.
  20. Guru diberhentikan tidak dengan hormat dari jabatannya jika melalaikan kewajiban dalam menjalankan tugas selama satu bulan atau lebih.
  21. Dosen yang mendalami dan mengembangkan bidang ilmu langka memperoleh anggaran dan fasilitas khusus dari kementerian atau pemerintah daerah.
  22. Berdasarkan analisis kapasitas produksi yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa promosi memiliki pengaruh terhadap penjualan.
  23. Pasal 52 ayat (2) UU SJSN memerintah keempat badan tersebut untuk melakukan penyesuaian dengan UU SJSN.
  24. Pemerintah secara eksplisit berniat mengatur agar setiap orang mendapatkan layanan dasar secara cuma-cuma, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan santunan akibat kecelakaan.
  25. Jika keadaan semacam itu dibiarkan berlarut-larut, masyarakat di daerah itu bisa kehilangan kesabaran dan bertindak anarkis.
  26. Masyarakat Desa Porong tetap menderita lahir batin walaupun telah diberi ganti rugi alih fungsi lahan.
  27. Gaji karyawan yang telah diangkat yayasan dibayar berdasarkan perjanjian kerja yang telah ditandatangani sebelumnya.
  28. Berdasarkan penjelasan di atas, peneliti ini ingin mengungkapkan beberapa temuan.
  29. Badan Bahasa yang membuat buku itu dan Gramedia yang menerbitkannya.
  30. Tugas tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan keberterimaan produk nasional, mendorong produktivitas dan daya guna produksi, serta menjamin mutu barang dan jasa sehingga meningkatkan daya saing.
Artikel Terkait  Festival Lupercalia, Berikut Sejarah Kelamnya,

Pastikan, contoh kalimat efektif di atas, bisa dijadikan contoh!

 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar