Perbedaan Zumba dan Senam Aerobik, Lebih Pilih Mana?

Untuk menjaga kesehatan tubuh, banyak cara yang bisa kita lakukan, salah satunya adalah olahraga. Untuk berolahraga tidak sedikit orang yang memilih untuk zumba dan senam aerobik. Namun meskipun terkesan mirip, sebenarnya terdapat perbedaan zumba dan senam aerobik.

Zumba dan senam aerobik merupakan olahraga yang sama-sama bertujuan untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Keduanya juga ampuh untuk membantu membakar lemak.

Perbedaan zumba dan senam aerobik

Untuk mengetahui perbedaan zumba dan senam aerobik, berikut rangkuman beberapa perbedaan keduanya.

Pengertian

Zumba merupakan salah satu bentuk latihan yang melibatkan gerakan tarian dengan latar musik dengan irama Latin dan internasional. Dengan zumba harapannya bisa membuat aktivitas fisik menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Senam aerobik adalah bentuk latihan kardiovaskular yang melibatkan gerakan koreografi yang sederhana. Untuk melakukan senam aerobik selain mengikuti kelas senam, juga bisa melalui video latihan.

Tujuan utama

Zumba bertujuan untuk memberikan manfaat kesehatan kardiovaskular dan penurunan berat badan. Akan tetapi, zumba lebih menekankan pada aspek kesenangan dan ekspresi diri melalui tarian.

Di sisi lain, senam aerobik bertujuan untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membakar kalori.

Gaya musik dan tarian

Pada zumba, gaya musik dan tarian lebih menekankan variasi musik dan gerakan tarian yang lebih kompleks. Biasanya zumba menggunakan musik Latin yang memacu energi serta meningkatkan semangat. Temponya pun terkadang berubah-ubah sehingga gerakannya menjadi bervariasi.

Sementara pada senam aerobik lebih sering menggunakan musik dengan ketukan yang stabil serta koreografinya lebih sederhana. Pada umumnya senam aerobik diawali dengan pemanasan, setelah itu akan lanjut dengan gerakan yang lebih intens untuk meningkatkan denyut jantung. Tempo musik pada senam aerobik biasanya agak cepat.

Artikel Terkait  Perbedaan Kontraksi Menuju Persalinan atau selama Mengandung

Kategori olahraga

Zumba merupakan olahraga yang termasuk pada kategori resistance atau olahraga ketahanan. Hal tersebut lantaran selain membakar lemak, zumba juga dapat melatih kekuatan otot.

Sedangkan senam aerobik termasuk dalam kategori olahraga senam kardio. Karena senam aerobik bertujuan untuk melatih jantung untuk mengedarkan darah kaya oksigen ke seluruh tubuh dengan lebih efektif.

Kalori yang terbakar

Ketika melakukan zumba selama 30 menit dapat membakar hingga 369 kalori. Sedangkan pada saat melakukan senam aerobik selama 30 menit dapat membakar hingga 294 kalori. Kalori lebih banyak terbakar ketika melakukan zumba karena ketika melakukan olahraga tersebut cenderung menggunakan banyak bagian tubuh secara bersamaan.

Otot tubuh yang terlatih

Olahraga zumba fokus untuk melatih otot inti tubuh, kaki, serta pantat. Sedangkan senam aerobik dapat melatih otot lengan, pundak, kaki, sendi, serta perut.

Tingkat kesulitan

Karena merupakan olahraga ketahanan yang gerakannya mirip dengan menari, tingkat kesulitan zumba menjadi tinggi dari senam aerobik. Pada senam aerobik biasanya memiliki gerakan umum berupa jogging, melompat atau berjalan di tempat, sehingga mudah untuk mengikutinya.

Pengulangan gerak

Baik zumba maupun senam aerobik, keduanya sama-sama melakukan pengulangan gerak. Akan tetapi terdapat perbedaan pengulangan gerak pada kedua olahraga tersebut. Pengulangan gerakan zumba lebih banyak memandukan gerakan pinggul. Sedangkan pada senam aerobik lebih fokus pada gerakan atletik seperti gerakan squats, burpees atau jumping jack.

Itulah beberapa rangkuman perbedaan zumba dan senam aerobik yang sebaiknya Anda ketahui. Karena dengan mengetahui perbedaan zumba dan senam aerobik, dapat membantu Anda untuk menentukan olahraga mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Akan tetapi, Anda juga bisa melakukan kedua olahraga tersebut secara bergantian untuk memperoleh manfaat yang optimal. ***

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar