Fungsi Vakuola: Kenali Lebih Dalam, pada Tumbuhan

Vakuola, adalah salah satu bagian sel tumbuhan, yang mana memiliki andil dalam kelangsungan hidup sel itu sendiri. Vakuola, ada di tubuh tumbuhan, jadi sangat mempengaruhi kehidupan dari tumbuhan itu sendiri.

Tidak hanya itu, masih ada fungsi lainnya yang lebih penting dan tidak kalah penting dari tugas utamanya. Bagian sel ini, berongga, dan diselaputi membran sel. Vakuola, merupakan bagian sel tumbuhan yang memiliki ukuran volume terbesar.

Tentang Vakuola

Vakuola, adalah esikel dari organel sitoplasmik, yang berisi cairan sel dan dibatasi oleh membran sel dengan peranan yang berbeda di setiap organel yang berbeda pula. Vakuola, melakukan hidrolisis pada tumbuhan. Fungi, juga berkembang dari penggabungan vakuola yang lebih kecil.

Vakuola tersebut, berasal dari kompleks golgi dan retikulum endoplasma, menjadi salah satu organel yang tidak dapat terpisahkan dari sistem endomembran sel tumbuhan. Vakuola ini, mengambil tempat 50 sampai 90 persen bagian dalam sel dengan sitoplasma.

Vakuola, terdiri dari cairan, cadangan makanan, dan pigmen. Cairan ini, mengandung enzim, alkaloid, lipid, garam mineral, dan asam. Cairan asam yang ada, meliputi asam amino, asam organik, glukosa, dan gas. Seluruh asam, dibutuhkan untuk kelangsungan sel tumbuhan.

Fungsi Vakuola

Berikut, adalah fungsi vakuola:

  1. Tempat menyimpan cairan dan senyawa lain, seperti enzim, alkaloid, garam mineral, lipid, asam amino, dan asam organik.
  2. Tempat menyimpan cadangan makanan, meliputi amilum, glukosa, dan protein.
  3. Tempat mengatur turgiditas sell, yang mana nanti sel tidak pecah saat tengah membesar atau ada tekanan osmotik sel.
  4. Penimbun sisa metabolisme sel, dimana sisa-sisa metabolisme, dikumpulkan di vakuola, dan akhirnya dikeluarkan dari sel.
  5. Sebagai metabolik sekunder, yang mana memproses metabolisme, dengan menghasilkan senyawa tertentu. Bisa kita lihat, dalam getah karet, alkaloid, tanin, dan kalsium oksalat.
  6. Tempat menyimpan pigmen tertentu, pada tumbuhan. Mulai dari daun, bunga, hingga buah.
  7. Tempat menyimpan minyak atsiri, minyak yang mudah menguap dan mengeluarkan bau khas.
  8. Tempat menyimpan ion anorganik utama, pada tumbuhan misalnya kalium dan klorida.
  9. Melindungi tumbuhan, dari serangan predator melalui senyawa-senyawa yang beracun atau bau yang tak disukai oleh hewan.
  10. Mempertahankan tekanan turgor, homeostasis, menyimpan produk metabolit, sekaligus sebagai pencernaan sitoplasmik.
  11. Tempat menyimpan pigmen, untuk mewarnai bunga vakuola, membuat serangga penyerbuk tertarik pada bunga. Dengan kata lain, untuk menarik perhatian serangga sehingga terjadi penyerbukan. Pigmen ini nantinya, memunculkan warna merah, biru, kuning, dan lain sebagainya (pada bagian mahkota bunga).
  12. Menjaga Tingkat pH, untuk menjaga lingkungan asam yang ada pada sel tumbuhan.
  13. Tempat menyimpan aroma harum bunga.
  14. Pembersihan ruang ekstraseluler, dilakukan dengan membawa racun berbahaya untuk kemudian diubah menjadi bentuk senyawa yang lebih aman.
  15. Mendukung fitur khusus organisme, misal sebagai tempat menyimpan dan sintesis zat kimia khusus.
Artikel Terkait  Pengertian Serta Perbedaan Besaran Pokok dan Turunan

Jenis Vakuola

Jenis vakuola sendiri, ada 2, yaitu:

1. Vakuola Kontraktil

Vakuola kontraktil, memiliki fungsi mengumpulkan air dan memompanya ke dalam sel. Vakuola kontraktil dapat mempertahankan konsentrasi ion dan molekul (disesuaikan dengan sel). Sehingga, memang komposisi yang pas.

2. Vakuola Makanan

Vakuola makanan atau non-kontraktil, adalah vakuola yang terbentuk dari fagositosis, sehingga dapat mencerna makanan yang dibutuhkan oleh sel. Sehingga, sel tidak akan akan terpenuhi dalam makanannya.

Itulah, fungsi vakuola, beserta penjelasan lainnya. Pastikan, kamu tahu vakuola yah!

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar